Analisis Keterampilan Membaca Puisi Kusangka karya Amir Hamzah Mahasiswa Semester 2

Moch Rizky Syaputra, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Membaca adalah proses mental kompleks untuk memahami makna, memperluas wawasan, dan berpikir kritis. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester dua dalam membaca puisi. Metode penelitian ini berupa penelitian kualitatif, data yang diperoleh dalam bentuk kemampuan membaca puisi dengan sumber data berasal dari hasil tes membaca puisi yang berjudul Kusangka Karya Amir Hamzah, teknik yang dilakukan berupa teknik tes dan wawancara tidak terstruktur, analisis data yang digunakan adalah analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta jenis validasi data menggunakan triangulasi sumber yaitu wawancara terhadap mahasiswa yang terbaik dalam membaca puisi. Hasil pembahasan membaca puisi terdiri dari beberapa aspek, antara lain: 1) Pelafalan , 2) Tekanan(nada), 3) Intonasi, 4) Jeda. Simpulan pada penelitian ini membaca puisi itu bisa dinilai dengan empat aspek.

Kata kunci—keterampilan membaca, puisi, mahasiswa

 

 

abstract—Reading is a complex mental process for comprehending meaning, expanding knowledge, and critical thinking. This study aims to investigate the poetry reading ability of second-semester university students. The research method employed is qualitative. The data collected are in the form of students' poetry reading performance, obtained from a reading test of the poem "Kusangka" by Amir Hamzah. The data collection techniques used are testing and unstructured interviews. The data analysis involves data reduction, data display, and conclusion drawing. The data validation is conducted through source triangulation, namely interviews with the students who performed best in the poetry reading test. The findings reveal several aspects of poetry reading, including: 1) Pronunciation, 2) Stress (tone), 3) Intonation, and 4) Pausing. The conclusion of this study is that reading poetry can be assessed based on these four aspects.

Keywords—reading skills, poetry, university students


Keywords


Keywords—reading skills, poetry, university students

Full Text:

PDF

References


Agustin, B. (2018). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir Di Universitas Muhammadiyah Gresik (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik). http://eprints.umg.ac.id/374/

Alfriandi, Z., M., & Astuti D., F. (2022). SIMBOL ROMANTISISME PADA PUISI "AKU MEMBAWA ANGIN" KARYA HERI ISNAINI. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 22–27. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.131

Amalia, F. N. dan Nadya N. L. (2020). Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2), 31-38. https://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i2.659

Ardiansyah, D., Pd, H. M., & Suryana, Y. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Teknik Pancingan Kata Kunci di Kelas 5 SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 43-52. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i1.7185

Aristianti, A. D., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2023). Sumbangsih Perkembangan Sastra di Era Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, Dan Diseminasi, 1(1), 140–144.https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/article/view/1504

Ayu, A. N. S. ., Waskito, A. T. ., Anjani, A. ., Fadhila, N. ., Aulia, S. ., Yuniawan, T. ., & Neina, Q. A. . (2023). PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA DI SEMARANG MENGENAI PRODUKTIVITAS LITERASI SASTRA. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 369–375. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.295

Cahyono, H. (2019). Peran mahasiswa di masyarakat jurnal pengabdian kepadamasyarakat (pkm). Setiabudhi 1, 32-41. https://stkipsetiabudhi.ejournal.id/DeBode/article/download/34/19

Dihan, W., Hidayat, M., & Nugraha, U. (2022). Penerapan Metode Pq4r Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 7(1), 88-100. https://doi.org/10.22437/jptd.v7i1.19544

Fathoni, M. A., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran menulis puisi pada anak SMP. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi

Febrianingsih, D. (2021). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 21-39. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salmiya

Fitriani, F., Marwiah, M., & Iskandar, I. (2022). Pengaruh Strategi Amati Tiru Modifikasi (ATM) dengan Media Video terhadap Kemampuan Membaca Puisi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Konsepsi, 11(1), 1–8. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/164

Gafur, H. (2015). Mahasiswa & dinamika dunia kampus. Rasibook.

Hanah, A. (2022). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Anak. Jurnal Latihan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pengajarannya, 1(1), 1-7. http://www.jurnal-dummy.oke.com

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8.https://doi.org/10.58230/27454312.2

Hasanah, D. U., Achsani, F., & Akbar Al Aziz, I. S. (2019). ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA PUISI-PUISI KARYA FADLI ZON. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 13–26. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.8187

Hasanuddin, W. S. (2015). Drama Karya Dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.

http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i3.5098

Humaira, H. W., & Firdaus, A. (2021). Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Pada Makalah Mahasiswa. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(3), 35-48.

Isabella, S., Putri, S. M., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2023, January). Analisis Puisi Kota Kelahiran Karya Dwi Fitri Devariani dengan Pendekatan Ekspresif. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi (Vol. 1, No. 1, pp. 437-442). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1267

Ismawati, A., Enawar, E., & Azhar, A. P. (2022). Analisis Keterampilan Membaca Puisi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SDN Gempol Sari Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), l3143-3154. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7087

Iswara, P. D. (2016). Pengembangan materi ajar dan evaluasi pada keterampilan mendengarkan dan membaca. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 89-97. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v3i1.2359

Kadir, Hersin. Puluhulawa, Lian. (2013). Pias-Pias Materi Bahasa Indonesia Untuk Kelas XII SMA/MA/. Yogyakarta: Deepublish.

Kosasih, E. (2012).Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama).

Lestari, S., Munaris, M., & Prasetyo, H. (2023). ANALISIS MAKNA PUISI “JANGAN TAKUT IBU” KARYA WS RENDRA: SEBUAH KAJIAN MIMETIK. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 161-173. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i2.3038

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun budaya literasi membaca dengan pemanfaatan media jurnal baca harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167

Martadinata, M. A., (2019) Peran mahasiswa dalam pembangunan di Indonesia. Jurnal Humaniora Idea, 2655(7258), 2655-3139. https://doi.org/10.2931/idea.voio.4168.

Marzuqi, I. (2019). Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Istana Grafika.

Maulani, Y., Alwi, N. A., Marthinopa, L., & Syaidah, N. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(2), 28-37.https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.92

MAWARNI, H. (2022). ANALISIS FUNGSI DAN MAKNA LAWAS (PUISI TRADISIONAL) MASYARAKAT KABUPATEN SUMBAWA NUSA TENGGARRA BARAT. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan , 2(2), 133-142. https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i2.1153

Ningrum, W. (2020). Analisis Unsur Intrinsik Puisi Aku Karya Chairil Anwar. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(3), 623-628.https://doi.org/10.22460/parole.v6i6.15645

Nugraha, R. A. (2019). Membaca Puisi.

Patiung, D. (2016). MEMBACA SEBAGAI SUMBER PENGEMBANGAN INTELEKTUAL. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Pendidikan dan Dunia Industri) 1(1), 10-15. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1267.

Piliang, W. S. H., Fatmawati, F., Ningsih, R., & Febria, R. (2023). Pelatihan Teknik Membaca Puisi Mahasiswa Universitas Islam Riau. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(2), 275-282.https://doi.org/10.25299/s.v2i2.13440

Rahmawati, D. (2022). Penerapan model flipped classroom dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi melalui microsoft teams pada peserta didik kelas x sma n 2 pati tahun ajaran 2020/2021. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1). https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11264

Rico, A. E., & Fitriza, Z. (2021). Deskripsi Miskonsepsi Siswa pada Materi Senyawa Hidrokarbon: Studi Literatur. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1495-1502. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Rijal, A. (2022). Mengembangkan e learning mata kuliah pembelajaran matematika SD berbasis aplikasi moodle studi PGSD. Aceh: Syiah Kuala university press.

Riyanti, A. (2021). Keterampilan membaca. Penerbit K-Media.

Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60. http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi

Saputra, M. R., Buana, L. M., & Hasanudin, C. (2023, December). Urgensi Menyimak Kreatif Guru PAUD Pada Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 953-962). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2260

Sari, R. H. (2022). Apresiasi Sastra Indonesia, Puisi, Prosa dan Drama.

Shomary, S., Idawati, I., & Sudirman, N. A. (2022). Pelatihan Membaca Syair Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Dumai. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 1(3), 89-92.https://doi.org/10.25299/s.v1i3.10791

Suparlan, S. (2021). Keterampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. FONDATIA, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088

Wahyudi, A., Sudrajat, R. T., & Mahardika, R. Y. (2022). ANALISIS GAYA BAHASA PADA PUISI MENYESAL KARYA ALI HASJMI. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(3), 213-220.https://doi.org/10.22460/parole.v5i3.5881

Wibowo, S. (2013). Analisis Gaya Bahasa pada Lirik Lagu Grup Musik Wali dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Puisi di SMA. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo. https://doi.org/10.31571/bahasa.v5i1.303

Wicaksono, A. (2019). Apresiasi Puisi Indonesia. Jawa Barat: CV. Anugrah Utama Raharja.

Widharyanto, B. Prijowuntato, S Widanarto. (2021). Menilai Peserta Didik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press

Winarti, W., & Izar, S. L. (2020). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA KULIAH MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS PUISI DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.30596/bahterasia.v1i1.3739

Wulandari, O., Karim, M., & Larlen, L. (2015). KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 19 KOTA JAMBI. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(2). Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/4347


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.