Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Sahabat Setia Sampai Menua Karya Olivia Rusadi Kurniawati dalam Antologi Cerpen Butir-Butir Kenangan

Henik Fidiawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur intrinsik dalam cerita pendek "Sahabat Setia Sampai Menua" karya Olivia Rusadi Kurniawati yang termasuk dalam antologi cerpen "Butir-butir Kenangan." Analisis difokuskan pada unsur tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan gaya bahasa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data meggunakan teknik simak,catat dan libat yang memungkinkan pemahaman mendalam terhadap elemen-elemen pembentuk cerita.Hasil analisis menunjukkan bahwa tema utama cerpen ini adalah persahabatan yang abadi dan kesetiaan sampai akhir hayat. Tokoh utama, yaitu dua sahabat yang telah mengenal satu sama lain sejak masa kecil, digambarkan dengan mendetail melalui penokohan yang kuat dan dinamis. Alur cerita bersifat linear dengan beberapa kilas balik yang memperkuat narasi. Latar tempat dan waktu mendukung suasana nostalgik dan emosi mendalam yang dialami oleh tokoh-tokohnya. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama, yang memberikan kedalaman emosional dan keterhubungan langsung antara pembaca dan pengalaman tokoh. Gaya bahasa yang digunakan oleh penulis cenderung puitis dan reflektif, memperkaya narasi dengan metafora dan simbolisme yang menambah kedalaman cerita. Penelitian ini menyimpulkan bahwa "Sahabat Setia Sampai Menua" adalah cerita pendek yang berhasil menyampaikan pesan tentang nilai-nilai persahabatan dan kesetiaan melalui unsur-unsur intrinsik yang harmonis dan saling melengkapi. Cerpen ini menjadi salah satu karya yang memperkaya antologi "Butir-butir Kenangan" dengan kualitas naratif dan emosional yang tinggi.

Kata kunci: analisis intrinsik, cerita pendek, persahabatan, kesetiaan, Olivia Rusadi Kurniawati, Butir-butir Kenangan

 

Abstract-This study aims to analyze the intrinsic elements in the short story "Sahabat Setia Until Aging" by Olivia Rusadi Kurniawati which is included in the anthology of short stories "Grains of Memories." The analysis is focused on theme elements, characters and characterization, plot, setting, point of view, and language style. The method used is a qualitative method with data collection using listening, recording and engagement techniques that allow for a deep understanding of the elements that form the story.The results of the analysis show that the main theme of this short story is lasting friendship and loyalty until the end of life. The main characters, namely two best friends who have known each other since childhood, are portrayed in detail through strong and dynamic characterization. The storyline is linear with some flashbacks that reinforce the narrative. The setting of place and time supports the nostalgic atmosphere and deep emotions experienced by the characters. The point of view used is the angle First-person view, which provides emotional depth and a direct connection between the reader and the character's experience. The language style used by the writer tends to be poetic and reflective, enriching the narrative with metaphors and symbolism that add depth to the story.This study concludes that "Loyal Friends Until Aging" is a short story that successfully conveys a message about the values of friendship and loyalty through intrinsic elements that are harmonious and complementary. This short story is one of the works that enriches the anthology "Grains of Memories" with high narrative and emotional quality.

Keywords: intrinsic analysis, short stories, friendship, loyalty, Olivia Rusadi Kurniawati, Items of Memories


Keywords


Keywords: intrinsic analysis, short stories, friendship, loyalty, Olivia Rusadi Kurniawati, Items of Memories

Full Text:

PDF

References


Anggito, A, Setiawan, J (2018).. Metodologi penelitian kualitatif : Sukabumi, Jawa Barat, CV Jejak.

Arfianti, I (2020). Pragmatik : Teori dan Analisis( Bukuu Ajar ) : Semarang,Jawa Tengah, CV Pilar Nusantara.

Aunillah, E. I. (2022). Guru mahir menulis kreatif teknik mudah dan praktis penulisan cerpen, novel, dan puisi untuk guru. Yogyakarta : Araska.

Aveling, H. (2003). Rahasia membutuhkan kata: puisi Indonesia 1966-1998. Magelang :IndonesiaTera.

Azwardi, (2018). Metode Penelitian : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Banda Aceh, Aceh , Syiah Kuala University Press

Bong, A.W (2010). Panduan menulis cerpen. Jawa Tengah : Penulis gunung

Cancerine, K. G. (2021). Produktif di masa pandemi dengan menulis antologi: disertai dengan jurus jitu menjadi penulis muda. Yogyakarta: Jejak Pustaka

Damariswara, R.(2018). Konsep Dasar Kesusastraan: Genteng Banyuwangi, LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy

Edyar, R.M (2021). Belajar menulis cerpen : Bogor, Guepedia.

Gamas, C. (2020). Antologi optimalisasi pengadaan. Kalimantan Timur : Christian Gamas. Heri, E (2019). Menggagas sebuah cerpen:Semarang, Alprin.

Horas, Y.E. (2021). Praktik mudah menulis cerpen. Bogor : Guepedia.

Indah ,R , Annisyah, W.P, Karina, O (2022).Cara mudah menulis cerpen. Bogor : Guepedia.

Kusmayadi, I,Fitria, D.A, Rahmawati,E, Pamungkas I.C (2008). Smart Bahasa Indonesia untuk kelas VII SMP/MTS : Pekanbaru, Riau, Penerbit Grafindo Media Pratama.

Lasiyono, U, Alam, W.Y, (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif : Sumedang, Jawa Barat, CV Mega Press Nusantara

Munaris, Yanti,Y, Anantama ,M.D. (2023). Unsur pembangun Prosa. Bantul Yogyakarta : Selat Media Patners.

Nasution, F., Nuramanah., Muna, R., Uslifatunisa ., Rahayu., L.S., Widiey A.(2021) Semua bisa jadi penulis. Bogor : Guepedia.

Nopriana, W. (2023). Mudah menulis cerita pendek. Gresik : Penerbit Thalibul Ilmi Education.

Prasetya, K. H., Kusuma, D. A., Syahamah, A., Marsela, D., & Sinambela, S. M. (2024). Pelatihan Menulis Teks Cerita Pendek Sebagai Keterampilan Bahasa Pada Siswa di SMP Negeri 18 Penajam Paser Utara. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1494–1501.https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8963.

Rachmat , E (2019). Explore Bahasa Indonesia Jilid 3. Bandung Jawa Barat : Penerbit Duta

Rahardi, R.K, (2005) . Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia : Jakarta Timur, PT Gelora Aksara Pratama.

Renggana, R, Rossalia, D, Rukmono T (2009). 99% Lulus Ujian Nasional SMP 2010 : Jaagakarsa, Jakarta Selatan, Penerbit Cmedia Impint Kawan Pustaka.

Rohman, S. (2019). Pembelajaran cerpen. Jakarta timur : PT Bumi Aksara

Rosidah, C.T., Azmy, B,Hanindita, A.,W.(2022). Pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Sukabumi : CV Jejak, anggota IKAPI.

Rosyidah, M, Fijra, R (2021). Metode Penelitian : Sleman, Yogyakarta, Penerbit Deepublish

Rukajat, A ( 2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif( Qualitative Research Aproach) : Sleman, Yogyakarta, Penerbit Deepublish( Grup Penerbitan CV Budi Utama)

Rukin, ( 2021). Metodologi Penelitian Kulaitatif Edisi Revisi. : Kebonsari Surabaya, CV. Jakad Media Publishing

Sujarwanto, (2022). Solusi memahami unsur pembangun cerpen. Lombok Tengah NTB : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Sulistyo, U (2019). Buku Ajar Penelitian Kualitatif : Jambi, Salim Media Indonesia

Supadi, Shobirin, M, Yulianto, H, Kumalasari, D, Rosalia, D, Djunaidi (2009).Fokus menyelasaikan Ujian Nasional SMA IPA 2009:Jagakarsa, Jakarta Selatan, Penerbit PT Kawan Pustaka

Supeni, M. (2023). Panduan praktis menulis cerpen bagi pemula. Lombok tengah NTB : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Sutarni, S, Sukardi (2008). Bahasa Indonesia 1 SMA kelas X. Jakarta : Perpustakaan Nasional

Wicaksono, A (2014). Menulis kreatif sastra. Yogyakarta : Garudhawaca.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.