Peran Penting Komunikasi dalam Pembelajaran Aljabar di Sekolah Menengah Pertama

Amelia Putri Rahayu, Cahyo Hasanudin

Abstract


AbstrakKomunikasi memiliki peran penting dalam pembelajaran aljabar bagi siswa sekolah menengah pertama. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin menjelaskan alasan mengapa komunikasi penting dalam pembelajaran aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari artikel, buku, maupun jurnal yang telah dipublikasikan secara nasional. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simak, catat dan libat. Validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa alasan mengapa komunikasi penting dalam pembelajaran adalah 1) Siswa mengerti konsep-konsep aljabar, 2) Interaksi menjadi strategi dalam penyelesaian masalah, 3) Siswa dapat berdiskusi menggabungkan Solusi yang baik, 4) Mendorong siswa untuk berpikir kritis, 5) meningkatkan motivasi pada siswa dalam pembelajaran aljabar.

Kata kunci—Komunikasi, Aljabar, Sekolah Menengah Pertama

 

abstract—Communication has an important role in learning algebra for junior high school students. The purpose of this study is the author wants to explain the reasons why communication is important in learning algebra. The method used in this research is SLR (Systematic Literature Review). The data used in this study are secondary data derived from articles, books, and journals that have been published nationally. The techniques used in this research are listen, note and engage. Data validation used in this research is source triangulation. The results of this study explain that the reasons why communication is important in learning are 1) Students understand algebraic concepts, 2) Interaction becomes a strategy in problem solving, 3) Students can discuss combining good solutions, 4) Encourage students to think critically, 5) increase motivation in students in learning algebra.

Keywords— Communication, Algebra, Junior High School


Keywords


Communication, Algebra, Junior High School

Full Text:

PDF

References


Andriani, P. (2015). Penalaran aljabar dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(1), 1-13. https://www.jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/20.

Aripradono, H. W. (2020). Penerapan komunikasi digital storytelling pada media sosial instagram. Teknika. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 9(2), 121-128. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.298.

Astuti, F. P., Sulistyaningtyas, R. E., Fardani, F. F. Y., Ariana, M., & Nugraheni, C. (2021). Analisis Implementasi Pembelajaran Aljabar pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1277-1285. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1682.

Astuti, W. W., Sukardi, F. S. F., & Partono, P. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal, 1(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/540/587.

Dinata, D., & Yuliani, H. (2022). Studi Literatur Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Fisika Di Pembelajaran SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(2), 49-55. https://doi.org/10.23887/jppii.v12i2.56551.

Herawati, E., & Kadarisma, G. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas vii dalam menyelesaikan soal operasi aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 355-364. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25p.

Hidayati, F. (2010). Kajian kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam mempelajari aljabar. Skripsi Universitas negeri Yogyakarta. Dipublikasikan. https://core.ac.uk/download/pdf/11060082.pdf.

Jumrad, O. T., & Sari, I. D. M. (2019). Fungsi Komunikasi dalam Organisasi melalui Group Chat Whatsapp Oriflame. Jurnal Common, 3(1), 104-114. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1953.

Kurniawan, D. (2018). Komunikasi model laswell dan stimulus-organism-response dalam mewujudkan pembelajaran menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60-68. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.65.

Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan metode pembelajaran drill untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).m http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289.

Kusumawati, T. I. (2019). Komunikasi verbal dan nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(2). 83-98. http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v6i2.6618.

Lusiana, L., & Suryani, M. (2014). Metode SLR untuk mengidentifikasi isu-isu dalam software engineering. Sains dan Teknologi Informasi, 3(1), 1-11. https://dx.doi.org/10.33372/stn.v3i1.347.

Malik, A. (2014). Fungsi komunikasi antara guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pendidikan (studi kasus proses belajar mengajar pada SMP Negeri 3 Sindue). INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 168-173. https://doi.org/10.14710/interaksi.3.2.168-173.

Masdul, M.R. (2021). Komunikasi Pembelajaran. Jurnal ilmu kependidikan dan keislaman, 13(2). 1-9. https://doi.org/10.56338/iqra.v13i2.259.

Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika materi bentuk aljabar pada siswa smp kelas vii. Journal On Education, 1(2), 323-334. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.72.

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2018). Kajian tentang efektivitas pesan dalam komunikasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 3(1), 90-95. https://dx.doi.org/10.10358/jk.v3i1.253.

Oktriani, I., Harapan, E., & Wardiah, D. (2021). Strategi Kepala Sekolah Meningkatkan Mutu Pembelajaran SMP Negeri 9 Prabumulih. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(2), 87-95. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1221.

Pratiwi, W. D., & Kurniadi, E. (2018). Transisi kemampuan berpikir aritmatika ke kemampuan berpikir aljabar pada pembelajaran matematika. Jurnal Gantang, 3(1), 1-8. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=610227&val=9782&title=Transisi%20Kemampuan%20Berpikir%20Aritmatika%20ke%20Kemampuan%20Berpikir%20Aljabar%20pada%20Pembelajaran%20Matematika.

Puspasari, G. H. L., Anggraeni, L. P., Al-Farizqi, M. A. S., Febriani, N. S., Juliana, S., & Fuadin, A. (2023). Peran aljabar di kalangan pedagang. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 87-97. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.410.

Putriyanti, C. C., & Fensi, F. (2017). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Santa Maria Monica, Bekasi Timur. Psibernetika, 10(2). http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1047.

Rahayu, A. M., Badruzzaman, F. H., & Harahap, E. (2021). Pembelajaran Aljabar Melalui Aplikasi Wolfram Alpha. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 20(1), 51-58. https://journals.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/1548.

Ratnawati, S. (2024). Penerapan Komunikasi bahasa jawa pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 6(3), 17164-17170. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5634.

Salim, M., & Mujtahidah, N. (2020). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi 2018 Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa: Studi Multi Situs di SMP Raden Fatah Batu dan MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 86-107. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v4i1.146.

Setyawati, A., & Ratu, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2941-2953. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.957.

Setyowati, Y. (2005). Pola komunikasi keluarga dan perkembangan emosi anak (studi kasus penerapan pola komunikasi keluarga dan pengaruhnya terhadap perkembangan emosi anak pada keluarga Jawa). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1). 67-78. https://doi.org/10.24002/jik.v2i1.253.

Sripatmi, S., Junaidi, J., Wulandari, N. P., & Kurniawan, E. (2023). Efektifitas Buku Referensi Media Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 79-87. http://dx.doi.org/10.29303/jm.v5i1.5097.

Supit, D., Masinambow, D. A., Repi, H. K., Naharia, O., & Jacobus, S. N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 1 Talawaan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5). https://doi.org/10.5281/zenodo.7983939.

Zakaria, M. (2018). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Standar Pendidikan Nasional (Analisis Struktur Fungsi). EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 22-30. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i1.233.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.