Aspek Perkembangan Peserta Didik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Alansyar Nur Rahman, Lumkhatin Nikmah, Pratiwi Wuri Astuti, Tantia Dwi Reni, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Perkembangan melibatkan transformasi atau perubahan yang dialami oleh setiap individu. Upaya pengembangan peserta didik merupakan suatu pola yang kompleks dan strategis bagi pendidik atau semua pihak terkait dengan pendidikan. Masa usia remaja, terutama pada tingkat SMP, merupakan fase transisi anak menuju dewasa yang ditandai oleh keingintahuan di berbagai bidang. Artikel ini menggunakan metode kualitatif library research untuk menyelidiki perkembangan peserta didik di SMP dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber. Aspek perkembangan, seperti afektif, kognitif, dan psikomotor, memiliki pengaruh signifikan terhadap peserta didik. Perkembangan, yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai development, merujuk pada perubahan yang terjadi pada setiap individu, dengan fokus pada aspek-aspek perkembangan peserta didik di sekolah menengah pertama.

Kata kunci— Perkembangan, peserta didik, siswa SMP

 

Abstract— Development involves the transformation or changes experienced by each individual. The efforts in developing students are a complex and strategic pattern for educators or all parties involved in education. The adolescent age, especially at the junior high school level, is a transitional phase from childhood to adulthood marked by curiosity in various fields. This article utilizes the qualitative method of library research to investigate student development in junior high school by collecting data from various sources. Developmental aspects, such as affective, cognitive, and psychomotor, significantly influence students. Development, known in English as development, refers to changes occurring in each individual, focusing on the developmental aspects of students in junior high school.

Keywords— Development, students, junior high school students


Keywords


Development, students, junior high school students

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2017). Perkembangan teknologi pembelajaran dan pengaruhnya terhadap perkembangan peserta didik. Hijri, 6(1). Doi http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v6i1.1096.

Azmi, D. N., Mahardika, I. K., Mutmainah, N., & Lestari, P. (2023). Pengertian perkembangan dan pertumbuhan anak usia SMP ditinjau dari pemahamannya terhadap pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27171-27176. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/11021.

Azmi, D. N., Mahardika, I. K., Mutmainah, N., & Lestari, P. (2023). Pengertian perkembangan dan pertumbuhan anak usia SMP ditinjau dari pemahamannya terhadap pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27171-27176. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/11021.

Dewi, A. M., & Astuti, R. (2017). Pengaruh gerakan yoga terhadap penurunan nyeri dismenore pada siswi SMP Al-Fattah Semarang. Karya Ilmiah. Retrieved from http://ejournal.stikestelogorejo.ac.id/index.php/ilmukeperawatan/article/view/448.

Fitri, R., Yuniarti, E., Fifendy, M., & Des, M. (2022). Peningkatan peran guru BK dalam edukasi kesehatan reproduksi remaja terhadap siswa SMP Se-Kabupaten Solok Selatan. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 5(1), 73-80. Retrieved from https://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/view/446.

Khadijah, I. (2021). The Competency of Science Teachers in Implementation of Online Learning In Covid-19 Pandemic Period at SMPN 2 Kramatwatu Serang. Bulletin of Science Education, 1(1), 67-79. http://dx.doi.org/10.51278/bse.v1i1.110.

Liansari, V. (2023). Perkembangan peserta didik. Umsida Press, 1-96. Doi https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-055-7.

Maesarah, M., Nur, N. H., & Taki, N. A. (2021). Peningkatan pengetahuan tentang PHBS Siswa SMP Negeri 1 Dulupi Melalui Penyuluhan Kesehatan, Kabupaten Boalemo. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 93-99. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i2.153.

Miaw, M. (2023). Karakteristik perkembangan peserta didik. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 6(4). Doi http://dx.doi.org/10.47006/er.v6i4.5794.

Oktario, A., Lubis, E., & Wellyana, W. (2021). Sosialisasi dampak negatif pernikahan usia dini di SMP Negeri 20 Rejang Lebong. DAWUH: Islamic Communication Journal, 2(3), 124-129. https://siducat.org/index.php/dawuh/article/view/625.

Rahayu, P. (2019). Pengaruh era digital terhadap perkembangan bahasa anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(01), 47-59. Doi https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423.

Rahmat, P. S. (2018). Perkembangan peserta didik. Rawamangun:PT Bumi Aksara.

Supriyadi, I., Saifudin, Y., & Hartono, B. (2020). Faktor-faktor yang berhubungan dengan psychological well-being remaja SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul Yogyakarta. Jurnal Perawat Indonesia, 4(3), 437-445. Doi http://dx.doi.org/10.32584/jpi.v4i3.635.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1-9. Retrieved from http://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/88.

Widyadari, R., & Fitriani, Y. (2023). Regulasi Emosi Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin pada Siswa SMP. Journal on Education, 6(1), 7225-7233. Doi https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2810.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.