Kebutuhan dan Desain Media Boneka Tangan Hewan (Bonkawan) untuk Siswa Sekolah Dasar

Ma’rifatul Inayah, Mei Indra Dewi, Saefulloh Fikri, Cahyo Hasanudin

Abstract


 

abstrak— Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran bagi anak untuk mengembangkan potensi atau kemampuan. Penelitian ini bertujuan untuk kebutuhan dan desain media boneka tangan hewan (bonkawan), serta mengetahui tingkat kelayakan media yang akan dikembangkan. Penelitian ini termasuk penelitian RnD dengan menerapkan metode ADDIE, namun pada penelitian ini, hanya dijelaskan pada langkah analisis kebutuhan, desain, dan Develop.  Teknik pengumpulan data pada langkah analisis kebutuhan dengan menggunakan angket/instrument kebutuhan, sedangkan Teknik pengumpulan data pada Langkah desain menggunakan angket ahli materi dan media. Teknik validasi data pada langkah analisis kebutuhan dengan menggunakan wawancara. Hasil penelitian kebutuhan dan desain media bonkawan yaitu: 1) Hasil analisis kebutuhan pada media pembelajaran bonkawan menunjukkan bahwa siswa setuju jika media boneka tangan hewan (bonkawan) digunakan. 2) desain media bonkawan menggunakan flowchart dan storyboard, selain itu, hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media bonkawan termasuk kategori layak digunakan. 3) Develop (pengembangan) media bonkawan dibuat menggunakan kain katun dan dijahit sesuai dengan pola karateristik hewan berdasarkan cerita fabel dengan tokoh kancil, monyet, panda, buaya, dan gajah.

Kata kunci—Media Boneka Tangan, siswa, sekolah dasar

 

 

Abstract— Education is a learning process for children to develop potential or abilities. This research includes RnD research by applying the ADDIE method, but in this study, it is only explained in the steps of needs analysis, design, and Develop.  Data collection techniques in the needs analysis step use questionnaires / needs instruments, while data collection techniques in the design step use material and media expert questionnaires. Data validation techniques at the needs analysis step using interviews. The results of the analysis of teaching material needs for animal hand puppet learning media (Bonkawan) contain 4 indicators, namely, aspects of teaching material needs, aspects of teaching material needs, aspects of teaching material presentation needs, aspects of product specification needs. Based on this research, it has produced a product design in the form of bonkawan (animal character dolls). The design of bonkawan (stuffed animal characters) media is adapted based on fable stories with deer, monkey, panda, crocodile, and elephant characters.

Keywords— Hand Puppet Media, students, elementary schools


Keywords


Hand Puppet Media, students, elementary schools

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98. https://pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/1304

Chrisyarani, D. D. (2018). Pengembangan Instrumen Validasi Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 40-50. Retrieved from: https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1204

Habibi, M. M., Jaelani, A. K., & Astini, B. N. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan. Journal of Classroom Action Research, 4(4). Retrieved from https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/2356

Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 113-118. https://ummaspul.e-journal.id/edupsycouns/article/view/1304

Krisanti, R. Y., Suprihatien, S., & Suryarini, D. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Trapsila J. Pendidik. Dasar, 2(02), 24-35. https://scholar.archive.org/work/utwuvzcjlnds7lxnszdcwggfya/access/wayback/https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/download/918/pdf

Munisah, E. (2020). Artikel Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Edukasi Lingua Sastra, 18(1), 23-32. https://jurnal.umko.ac.id/index.php/elsa/article/view/231

Oktaviana, P. A., & Katoningsih, S. (2023). Metode Tanya Jawab dengan Media Boneka Tangan untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3191-3204. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/4319

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201-214. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2140

Retnawati, H. (2015). Perbandingan akurasi penggunaan skala likert dan pilihan ganda untuk mengukur self-regulated learning. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7493

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045-4052. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1507

Sulianto, J., Untari, M. F. A., & Yulianti, F. (2014). Media Boneka Tangan Dalam Metode Berceritera Untuk Menanamkan Karakter Positif Kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 15(2), 94-104. Doi https://doi.org/10.33830/jp.v15i2.419.2014

Syavira, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V Sd. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84-93. Doi https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291-296. http://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/272

Taufiq, A. (2014). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Pendidikan Anak Di SD, 1(1), 1-37. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PDGK4403-M1.pdf

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1). Doi https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Untari, E. (2017). Problematika dan pemanfaatan media pembelajaran sekolah dasar di kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 259-270. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/41

Yunita, I., & Skripsi Yunita, I. (2014). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A1di Tk Kartika Iii-38 Kentungan. DEPOK, SLEMAN, (September). https://core.ac.uk/download/pdf/33510824.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.