Kebutuhan dan Desain serta Pengembangan Media Komik Digital Buku Harian Si Mika Untuk Pembelajaran Teks Imajinasi

Harbeng Masni, M. Alfan Haris, M. Abdul Khalim Arrosyid, Nisva Rizky Oktaviani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Permasalahan dalam pembelajaran teks imajinasi masih cenderung banyak, salah satu masalah tersebut adalah peserta didik malas membaca karena media pembelajaran teks imajinasi hanya dikemas dengan bentuk teks saja. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan media pembelajaran berupa komik digital yang menarik dan menambah minat baca bagi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) dengan menerapkan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Imolementation, Evluation). Namun, pada penelitian ini, hnay dijelaskan Analysis, Desain, dan Development saja. Hasil dari penelitian ini adalah 1) analisis kebutuhan media 2) membuat flowchart dan storyboard 3) Validasi dari ahli materi dan media 3) mengembangkan komik digital dengan aplikasi IbisPaint X

Kata kunci—Media, Komik Digital, Teks Imajinasi

 

 

Abstract— here still tend to be many problems in learning imaginative texts, one of the problems is that students are lazy about reading because the learning media for imaginative texts is only packaged in text form. The aim of this research is to create learning media in the form of digital comics that are interesting and increase reading interest for students. The research method used in this research is the R&D (Research and Development) method by applying the ADDIE method (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). However, in this research, only Analysis, Design and Development are explained. The results of this research are 1) analyzing media needs 2) creating flowcharts and storyboards 3) Validation from material and media experts 3) developing digital comics with the IbisPaint

Keywords— Media, Digital Comics, Imagination Text


Keywords


Media, Digital Comics, Imagination Text

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. I., Susilowati, D. I., Almajid, F. R., & Ummah, W. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran Ilustrasi dan Tanya Jawab Mapel IPS Kelas VIII Sub Materi Awal Kedatangan Bangsa Barat ke Nusantara. Jurnal Majemuk, 2(4), 504-514. Retrieved From https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/majemuk/article/view/620

Aribowo, D., & Desmira, D. (2016). Implementasi Prototype Pembuatan Alat Pemanas Air Berbasis Mikrokontroller. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 3(2). Retrieved From https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/17

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530-2540. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Farhurohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34. URL: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412

Hasanudin, C., Hayati, N. (2016). Eksperimentasi strategi belajar PQ4R dengan media komik terhadap keterampilan membaca pemahaman cerita anak pada siswa kelas VII SMP. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 136-142. Doi: https://doi.org/10.22219/kembara.v2i2.3998

Hasanudin, C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Prabowo, R. A. (2021, February). IbisPaint X Apps in Creating collaborative 3D learning media of pop-up and movable books. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1764, No. 1, p. 012131). IOP Publishing. DOI 10.1088/1742-6596/1764/1/012131

Hendrawanto, Y. (2017). Pemilihan Novel Indonesia Bermuatan Nilai Kearifan Lokal Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Cerita Fiksi. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 46-53. DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v4i1.4

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291

Hidayah, Y. F., Siswandari, S., & Sudiyanto, S. (2017). Pengembangan media komik digital akuntansi pada materi menyusun laporan rekonsiliasi bank untuk siswa smk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 239-250. Doi:https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.588

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7. Doi: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356

Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305-317. Doi: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756

Nurlelah, dkk. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Zahir Publishing

Samsiyah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Tinggi. Magetan: CV AE Grafika Media.

Singa, C. G., & Hasibuan, A. (2018). Analisis Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Tekscerita Imajinasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Pangururan. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra), 1-9. Retrieved From https://core.ac.uk/reader/267033110

Sumartini, S., Harahap, K. S., & Sthevany, S. (2020). Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin Precooked Frozen Menggunakan Metode Skala Likert Di Perusahaan Pembekuan Tuna. Aurelia Journal, 2(1), 29-38. Doi: http://dx.doi.org/10.15578/aj.v2i1.9392

Turnip, E., & Lubis, M. J. Korelasi Penguasaan Pengetahuan Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Narasi (Cerita Imajinasi) dengan Kemampuan Menyajikan Cerita Imajinasi Secara Tertulis Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2021/2022. Kode: Jurnal Bahasa, 11(2). DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i2.36281

Wacanno, O. A. (2022). Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Sebagai Game Edukasi Dalam Pengenalan Mata Uang Rupiah Pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 11(3). DOI: http://dx.doi.org/10.55181/ijns.v11i3.1810

Yani, R. R., Ariyani, F., & Rusminto, N. E. (2020). Pengembangan Skenario Pembelajaran Teks Narasi dengan Model Discovery Learning untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 8(2 Sep). Retrieved From: https://core.ac.uk/download/pdf/291695445.pdf

Zulaeha, I., Subyantoro, Hasanudin, C., Pristiwati, R. (2023). Developing teaching materials of academic writing using mobile learning. Ingénierie des Systèmes d’Information, 28(2). 409-418. https://doi.org/10.18280/isi.280216.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.