Perkembangan Keseimbangan pada Anak Sekolah Dasar Diamati dari Jenis Kelamin

Choirina Indah Rahmawati, Tara Oktina, Ummul Khoyimah, Putri Fajar Desi Nonita Aysiah, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Penelitian kesetimbangan tetap serta gerak merupakan sebagai cara memahami sudah seberapa kemajuan kesetimbangan tetap serta gerakterhadap usia dini hingga setelah berumur tujuh sampai dua belas tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui betapa pentingnya kemajuan kesetimbangan  tetap serta gerakterhadap usia dini  Lelaki serta Perempuan umur tujuh sampai dua belas tahun. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu metode kemajuan kros-seksional. Langgkah pertama yaitu menggabungkan bahan usia dini, SD sepadan terhadap langkah tersebut yaitu teknik sampling. Bahan berisikan identitas pelajar hingga selanjutnya dapat menerapkan uji kesetimbangan tetap serta kesetimbangan gerak. Selanjutnya langkah  kedua, sesudah terkumpulnya bahan tersebut pelajar akan menerapkan uji kesetimbangan tetap serta uji kesetimbangan gerak, Langkah ketiga yaitu setelah pengukuran keseimbangan tadi telah berhasil, kemudia diterapkan pada bentuk susunan baris, sepadan oleh bahan penentuan perhitungan yang sudah dilakukan. Kesetimbangan itu lalu  dibandingkan dengan kemajuan kesetimbangan tetap serta gerak per-umur tujuh sampai dua belas tahun sepadan gender. Tahap selanjutnya adalah perbandingan dari kemajuan tetap dan gerak terhadap usia dini lelaki serta wanita tujuh sampai dua belas tahun.

Kata kunci—Keseimbangan; jenis kelamin

 

AbstractResearch on permanent equilibrium and motion is a way to understand how advanced permanent equilibrium and motion have been from an early age until after the age of seven to twelve years. This research aims to find out how important the development of constant equilibrium and movement is in the early ages of men and women aged seven to twelve years. The method used in this research is the cross-sectional progress method. The first step is to combine early age material, elementary school according to this step, namely the sampling technique. The material contains the student's identity so that they can then apply steady equilibrium and motion equilibrium tests. Next, in the second step, after collecting these materials, students will apply the permanent equilibrium test and the motion equilibrium test. The third step, after the balance measurement has been successful, is then applied to the shape of the row arrangement, according to the material determining the calculations that have been carried out. The balance was then compared with the progress of the constant equilibrium and movement per age of seven to twelve years according to gender. The next stage is a comparison of steady progress and movement with respect to the early ages of men and women of seven to twelve years.

Keywords— Balance; gender


Full Text:

PDF

References


Bloomfield, Ackland, and Elliot. 1994. Applied Anatomy And Biomechanics in Sport.Australia : Blackwell Scientific Publications.

Bompa, Tudor O. 1994. Theory and Methodology of Training, The Key of Atletic Performanc,3th Edition. Kandall/Hunt:Publishing Company.

Drowatzky, John N. 1981. Motor Learning Principles And Practices. Minnesota: Burgess Publishing Company.

Edu. 2010. HubunganAnatarKecepatanRekasi, Felsksibilitas sendi Panggul, Dan Keseimbangan secara Bersama-sama Dengan hasil sepak Mula. http://repository.upi. Edy/operator/upload/s_kor_080700_chapter2.pdf.

Elham Cahyantoro. 2011. Perkembangan Fisik Dan Motorik Anak Besar. http://mbenxxcaem.blogspot.Com/2011/09/perkembangan-fisik-dan Motorikanak.html, diunduh 10 juni 2012.

Endang R. S., Panggung S., dan B. Suhartini. 2007. Diktat PengembanganMotorik. UNY.Yogyakarta

Fahmi Hidayatullah. 2012. PerkembanganFisik Dan MotorikAnakBesar. http://studysport.blogspot.com/2012/03/normal-0-false-false-false-enus-xnone.html, diunduh 10 juni 2012.

Gallahue, David L. Dan Jhonson, C. Ozmun. 1998. Understanding Motor development; infant, Children, adolescence, adults 4th edition. New York: McGrawHill Companies, Inc.

Haywood, Kathleen M. 1986. Life span motor Development. Illinois: Human Kinetic Publisher Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.