Kebutuhan dan Desain Media Pop-Up Book Ceriya (Cerita Rakyat) untuk Mengidentifikasi Pesan Moral

Faridatul Mualifah, Febriana Ulfatin Khoiriyah, Fifi Tri Utami, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Kata kunci— Penyaringan pesan moral masih menjadi hambatan, terutama karena siswa cenderung enggan membaca dalam pembelajaran yang hanya mengandalkan teks. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berupa Pop Up Book untuk siswa sekolah dasar, dengan tujuan agar siswa lebih tertarik dan tidak merasa bosan selama proses belajar mengajar. Hal ini diharapkan dapat memfasilitasi pemahaman materi yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (RnD) dengan penerapan metode ADDIE, suatu kerangka kerja yang digunakan untuk menghasilkan dan menguji efektivitas suatu produk. Tahap-tahap penelitian mencakup analisis kebutuhan media, pembuatan flow chart dan storyboard, validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta pengembangan media pop-up book.

Kata Kunci—Media Pembelajaran, Pesan Moral, Cerita Rakyat dan Desain media pop-up book

 

Abstract— Filtering moral messages remains a challenge, especially as students tend to be reluctant readers in learning environments that rely solely on text. This research aims to design a learning media in the form of a Pop-Up Book for elementary school students, with the goal of capturing students' interest and preventing boredom during the teaching and learning process. The intention is to facilitate the understanding of the material presented by teachers. The study adopts a Research and Development (R&D) approach, employing the ADDIE method—a framework used for producing and testing the effectiveness of a product. The research stages include media needs analysis, flow chart and storyboard creation, validation by subject matter and media experts, and the development of the pop-up book media.

Keywords— Learning Media, Moral Messages, Folklore and Pop-up book media design


Keywords


Learning Media, Moral Messages, Folklore and Pop-up book media design

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.552.

Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran asmaul husna. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 2(1), 116-121.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2).

F. D. Sianturi, dkk. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada UD. Enda Tani Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel. Tamika: Jurnal Tugas Akhir Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 2(1), 35-40. https://doi.org/10.46880/tamika.Vol2No1.pp35-40.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/11485.

Fitriani, D., Fauzy, T., & Jaya, M. (2019). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Cerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Paud Al-Huda Palembang Tahun 2019. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 15-26. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4177.

Hafid, A. (2011). Sumber dan media pembelajaran. Sulesana: Jurnal wawasan keislaman, 6(2), 69-78. https://doi.org/10.24252/.v6i2.1403.

Lestari, FD, & Sari, PM (2021). Media Pop-Up Book Berbasis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (Hots) pada Daur Hidup Hewan. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 206–215. (https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38644.

Rachbini, R. K., dkk. (2023). Implementasi Cloth Simulation Pada Karakter Kerajaan Rakyat. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(3), 878-885. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i3.3970.

Rahmawati, N. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Paud Teratai, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/6917.

Rasyidi, Z. Z, dkk. (2023). Pengembangan Folktales Cerita Rakyat Untuk Literasi Sekolah Dalam Minat Baca di Mis Fathurahman Batu Sopang. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 278–288. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/131.

Saidah, U. H. (2016). Pengantar Pendidikan: Telaah Pendidikan Secara Global dan Nasional.

Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas) (Vol. 3, No. 1, pp. 216-220).

Siswanto, S. (2015). Pertunjukan Rejung dalam Perspektif Pesan Moral. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 10(1). https://doi.org/10.33153/dewaruci.v10i1.2147.

Sumartini, S., Harahap, K. S., & Sthevany, S. (2020). Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin Precooked Frozen Menggunakan Metode Skala Likert di Perusahaan Pembekuan Tuna. Aurelia Journal, 2(1), 29-38.

Zulaeha, I., Subyantoro, Hasanudin, C., Pristiwati, R. (2023). Developing teaching materials of academic writing using mobile learning. Ingénierie des Systèmes d’Information, 28(2), 409-418. https://doi.org/10.18280/isi.280216.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.