Peran Menyimak Kreatif dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Anggraeni Meilani Putri, Aziz Saputra, Cahyo Hasanudin

Abstract


 

Abstrak— Menyimak kreatif merupakan  kegiatan pembangki suasana senang untuk penyimak  yang memiliki hubungan erat melalui imajinasi seseorang.  Menyimak kreatif yang bersangkutan dengan imajinasi  mempunyai tujuan agar bisa membuat pembelajaran seseorang menjadi kreatif. Bukan hanya itu, menyimak kreatif juga dapat dikembangkan melalui ciptaan karya tertentu dan juga dapat menghasilkan ide ide kreatif lainya. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode library research, data yang digunakan berupa teknik simak, libat, catat. Sementara, jenis teknis validiasi yang digunakan berupa teknik tringulasi. Hasil dari penelitian ini adalah menyimak kreatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa sekolah dasar memiliki peran penting seperti 1) Perkembangan kemampuan berbicara 2) Pengembangan kemampuan berpikir kritis 3) Peningkatan daya ingat 4)  Perkembangan keterampilan sosial. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 4 peran penting meningkatkan kemampuan menyimak kreatif pada siswa sekolah dasar.

Kata kunci—  Berfikir kreatif, menyimak kreatif, siswa sekolah dasar.

Abstract—Creative listening is a happy mood-building activity for listeners that has a close relationship through one's imagination.  Creative listening related to imagination has the aim of making one's learning creative. Not only that, creative listening can also be developed through the creation of certain works and can also produce other creative ideas. The method used in the research is the library research method, the data used is in the form of listening techniques, involve, record. While the type of technical validiation used is tringulation technique. The results of this study are creative listening in improving the thinking skills of elementary school students has an important role such as 1) Development of speaking skills 2) Development of critical thinking skills 3) Improved memory 4)  Development of social skill. The conclusion of this study is that there are 4 important roles in improving creative listening skills in elementary school students.

Keywords— Creative thinking, creative listening, elementary school students.


Keywords


reative thinking, creative listening, elementary school students.

Full Text:

PDF

References


Alvonco, J. (2013). The way of thinking. Jakarta: Kompas Gramedia.

Amelia. (2019). Media pembelajaran SD. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Anggraini, G. F., Pradini, S., Sasmiati, S., Haenilah, E. Y., & Wijayanti, D. K. (2020). Pengembangan kemampuan berpikir kritis anak usia dini melalui storytelling di Tk amartani bandar lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1(1), 15-25. https://doi.org/10.37295/jpdw.v1i1.21 .

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39-48. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526 .

Erniati, E. Muslima, M. Rachim, N. & Shidiq, M. A. (2022). Penerapan model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan menyimak teks Iklan siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(1), 26-39. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/3437.

Fakhriyani, D. V. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Madura. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 39-44. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3685

Fendrik, M. Putri, D. F. Pebriana, P. H., Sidik, G. S. & Ramadhani, D. (2022). The Analisis Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 793-809. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4094 .

Hasanah, A. U. (2019). Stimulasi keterampilan sosial untuk anak usia dini. Jurnal Fascho: Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 9(1), 1-14. https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/fascho/article/view/26 .

Hasriani. dan Fadhil, R. (2023). Terampil menyimak. Bandung: Indonesia Emas Group.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di Sekolah Dasar. Lampuhyang,

(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132 .

Juniantoro, S. (2019). Proseding. Pekalongan: Nasya expanding management.

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan bercerita. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kurniati, A. Fransiska, F. & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Manis Rayakecamatan Sepauk Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 87-103. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.362 .

Latif, S. dan. Utud, Y. (2017). Kreatif siaran televisi. Jakarta: Kencana.

Malahayati. (2010). Rahasia sukses bisnis. Yogyakarta: Niga swadaya.

Maliki. (2022). Bimbingan konseling di sekolah dasar. Jakarta: Prendamedia group.

Martulina, S. D. (2018). Bahasa indonesia terapan. Yogyakarta: Budi Utama.

Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 56-68. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292 .

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7. https://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/1378# .

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7 .

Nurkholifah, D., & Wiyani, N. A. (2020). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Membaca Nyaring. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 60-76. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9074 .

Pratiwi, A. F. (2017). Peningkatan daya ingat anak usia dini melalui media mind mapping pada kelompok b di tk islam al-muttaqin kota jambi. peningkatan daya ingat anak usia dini melalui media mind mapping pada kelompok b di Tk Islam Al-Muttaqin Kota Jambi, 1-21. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2530 .

Pujiati, D. (2015). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Peran. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1). https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/919

Putri, R. A. Magdalena, I. Fauziah, A. & Azizah, F. N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157-163. https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i2.26 .

Rachmi, T. Dewi, N. F. K. & Astuti, C. F. (2023). Optimalisasi kemampuan menyimak melalui metode bermain peran pada anak usia dini. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 133-143. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9137 .

Rachmi, T. Dewi, N. F. K. & Astuti, C. F. (2023). Optimalisasi kemampuan menyimak melalui metode bermain peran pada anak usia dini. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 133-143. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9137 .

Ramadhani, M. & Caswita, C. (2017). Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika

(Vol. 1, No. 1, pp. 265-272). https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/49 .

Rochanah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Tentang Materi Keseimbangan Lingkungan Dengan Penerapan Teknik Mind Mapping. Jurnal Pendidikan , 4 (1), 114-127. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.414

Rostiana, D. (2021). Kepemimpinan diera revolusi industri. Surabaya: Cipta media nusantara.

Septianti, N. & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.

Setiawan, I. (2012). Agribisnis kreatif. Jakarta: penebar swadaya.

Soedjatmiko, S. (2015). Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(2), 57-64. https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i2.4588 .

Tantawi, S. (2019). Terampil berbahasa Indonesia. Jakarta: Kencana.

Zamzam, K. F. (2016). Pendekatan problem based learning untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 279-286. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.261


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.