Urgensi Menyimak Sosial Berita Selebritas Tanah Air untuk Kalangan Mahasiswa

Alya Naufiroh, Novia Adinda Aji Ramadhani, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Menyimak sosial yaitu kegiatan menyimak yang berlangsung dalam lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengenali  urgensi menyimak sosial melalui berita selebritas tanah air untuk kalangan mahasiswa. Dalam pencarian data metode yang digunakan  yaitu library research, lalu pada penelitian ini  diperoleh data sekunder, dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui teknik simak, libat dan catat, serta divalidasi menggunakan teknik triangulasi. Menyimak sosial melalui berita selebritas tanah air memiliki peran penting untuk kalangan mahasiswa yaitu: 1) Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menghindari berita hoax, 2) Mahasiswa dapat termotivasi terhadap berita selebritas tanah air dari segi positif, 3) Menambah wawasan mahasiswa melalui menyimak berita selebritas tanah air. Simpulan dalam penelitian ini yakni terdapat 3 urgensi menyimak sosial berita selebritas tanah air untuk kalangan mahasiswa.

Kata kunci—Berita, Mahasiswa, Menyimak Sosial, Selebritas

 

 

Abstract—Social listening is listening activity that takes place in a social environment. This research aims to recognize the urgency of listening to social media through Indonesian celebrity news for students. In searching for data, the method used was library research, then in this research secondary data was obtained. In this research the data was collected through listening, engaging and note-taking techniques, and validated using triangulation techniques. Listening to social media through Indonesian celebrity news has an important role for students, namely: 1) Students have the ability to avoid hoax news, 2) Students can be motivated by Indonesian celebrity news from a positive perspective, 3) Increase students' insight through listening to Indonesian celebrity news. . The conclusion of this research is that there are 3 urgencies for students to pay attention to Indonesian celebrity social news.

Keywords— News,  University Students,  Social Listening, Celebrities.


Keywords


News, University Students, Social Listening, Celebrities.

Full Text:

PDF

References


Afria, R. (2021). Penguatan kemampuan literasi pada mahasiswa fakultas ilmu budaya universitas Jambi. BERNAS: Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 2(1), 6-13. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.546.

Akuba, R. H. (2015). Presiden buatan manusia. Yogyakarta: Deepublish.

Alvin, S. (2022). Komunikasi pokitik diera digital: dari big data influencer, & kekuatan selebriti, hingga pokitik tawa. Yogyakarta: Deepublish.

Bali, M. M. (2013). Peran dosen dalam mengembangkan karakter mahasiswa. Humaniora, 4(2), 800-810. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3508.

Bangun, E. P., Koagouw, F. V., & Kalangi, J. S. (2019). Analisis isi unsur kelengkapan berita pada media online manadopostonline.com. Acta diruna komunikasi, 1(3), 4-7. https://doi.org/10.35799/ijidsv2i1.

Burhanudin, A. A. (2019). Kontribusi mahasiswa dalam upaya pencegahan korupsi. El-Faqih: jurnal pemikiran dan hukum Islam, 5 (1), 78-95. https://doi.org/10.29062/faqih.v5i1.40.

Dewabrata, A. M. (2010). Kalimat jurnalistik pendahuluan memcermati penulisan berita. Jakarta: PT kompas media nusantara.

Dyah, A. S. (2016). Interaksi identitas dan modal sosial. Jakarta: Kencana.

Effendy, E., Zakaria, Z., & Anggara, A. (2023). Dasar-dasar penulisan berita. Jurnal pendidikan dan konseling (JPDK), 5(2), 4041-4044. https://doi.org/10.31004/JPDK.v5i2.13888.

Fauzi, H. (2022). Tempat ketiga bagi mahasiswa. Yogyakarta: Deepublisher.

Gustiani, R., Sulastri, I., & Hasan, Y. (2021). Pemangaatan portal online bagi mahasiswa (studi kasus mahasiswa KPI Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang). Jurnal komunikasi dan penyiaran Islam, 12(2), 202-214. https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v12i02.3593.

Harahap, L. F. A., Susanti, N., & Abidin, S. (2022). Selebgram sebagai pendorong perilaku konsumtif mahasiswa untuk melakukan pembelanjaan digital. Jurnal politikom indonesiana, 7(1), 15-25. https://doi.org/10.35706/jpi.v7i1.6661.

Haroen, D. (2014). Personal branding kunci kesuksesan anda berkiprah di dunia politik. Jakarta: PT Gramedia pustaka utama.

Harris, D. A. (2017). Pengaruh penggunaan selebriti Agnes Monica terhadap minat beli konsumen (studi kasus: new era, provider 3, honda vario, chitato dan shampo zinc). Business management journal, 8(1), 19. https://dx.doi.org/10.30813/bmj.v8i1.615.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo. Jurnal bikotetik (bimbingan dan konseling: teori dan praktik), 2(1), 73-80. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80.

Imaroh, Z., Hamzani, A.I., & Aryani, F. D. (2023). Pertanggungjawaban pidana penyebaran hoax di media sosial. Pekanbaru: PT nasya expanding management.

Jelantik, A. A. K. (2017). Ativis jurnalistik sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Kamilah, H., Yanto, Y., & Sari, S. (2020). Fenomena gaya hidup ala selebgram pada mahasiswa di instagram. Professional: jurnal komunikasi dan administrasi publik, 7(2), 61-72. https://doi.org/10.37676/professional.v7i2.

Kaswan. (2021). Kompetensi interpersonal dalam organisasi. Yogyakarta: CV Andi offset.

Kurnia, R. (2019). Bahasa anak usia dini. Yogyakarta: CV Budi utama

Kusmayadi, I., Fitria, D. A., & Rahmawati, E. (2008). Be smart Bahasa Indonesia. Jakarta: Grafindo media pratama.

Lubis, T. H., & Koto, I. (2020). Diskursus kebenaran berita berdasarkan undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers dan kode etik jurnalistik. De Laga Lata: jurnal ilmu hukum, 5(1), 231-250. https://doi.org/10.30596/dll.v5i2.4169.

Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. JAS-PT (jurnal analisis sistem pendidikan tinggi di Indonesia), 1(1), 41-46. https://doi.org/10.36339/JAS-PT.v.1i1.63.

Mustikorini, D.I. (2006). Pengaruh penggunaan bintang iklan televisi terhadap citra merk kuku bima ener-gi di Surabaya Selatan. Jurnal ekonomi manajemen akuntansi, 5(12), 187. http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v5i12.243.

Pusposari, D. (2021). Menyimak kritis. Bandung: MNC Publishing.

Retnowati, D. R., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2016). Prestasi akademik dan motivasi berprestasi mahasiswa S1 pendidikan geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan, 1(3), 521-525. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6181.

Riyanti, A., Hersusini, H., Hidayati, N., Soulisa, I., Rosfani, O., Khadijah, I., Wahyuni, R. S., Rahmawati, Y., Musyawir, M., Chadijah, S., Sutrisnawati, A., Fatma, F., & Ihsan, M. (2022). Strategi pembelajaran bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit widina.

Rodin, R.(2020). Informasi dalam konteks sosial budaya. Depok: PT Raja gravindo persada.

Rofiqi, A. Y. (2017). Clustering berita olahraga berbahasa Indonesia menggunakan metode k-medoid bersyarat. Jurnal simantec, 6(1), 26. https://doi.org/10.21107/simantec.v6i1.3377.

Sahroni, T., & Irawaty, S. (2022). Perilaku mahasiswa dalam menanggapi informasi hoaks di platform whatsapp. Buana komunikasi (jurnal penelitian dan studi ilmu komunikasi), 2(2), 130-141. https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2021.2.2.1135.

Salim, A. (2021). Transformasi kepemimpinan HMI. Makassar: Nas media pustaka.

Sinaga, R. N. L., Suponco, A. B., Aisaura, E., & Chaniago, N. S. (2023). Peran mahasiswa KKN 168 UINSU dalam menyatukan masyarakat di Nagori Bandar malela Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun. Journal of human and education (JAHE), 3(2), 495-500. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.245.

Sudiati, V., & Widyamartaya A. (2005). Menjadi wartawan muda. Sleman: Pustaka widyatama.

Suryani, T., Nurhadi, M., & Fauzi, A. A. (2020). E-marketing bagi ukm: strategi periklanan, website & media sosial. Surabaya: Jakad media publishing.

Sutrimah, D. (2019). Pendidikan politik, persepsi, kepemimpinan, dan mahasiswa. Bogor: Guepedia.

Sutriono, S., & Haryatmoko, H. (2018). Selebriti dan komodifikasi kapital di media eosial. Jurnal ilmu komunikasi acta diurna, 14(2), 99-119. https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2018.14.2.1363.

Suwarso, S. (2018). Dampak kuliah sambil bekerja terhadap indeks prestasi mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta di Kabupaten Jember tahun 2017. Relasi: jurnal ekonomi, 14(2), 15-27. https://doi.org/10.31967/relasi.v14i2.261.

Tulung, S. (2013). Anda juga bisa jadi presenter TV sukses. Jakarta: Elex media komputindo.

Wijaya, F. A., & Sugiharto, S. (2015). Pengaruh celebrity endorsement terhadap purchase intention dengan brand image sebagai variabel intervening (studi kasus iklan produk perawatan kecantikan pond's). Jurnal manajemen pemasaran, 9(1), 17. https://doi.org/10.9744/pemasaran.9.1.16-22.

Wijaya, Y. P., Ongkosuwito, N. M., & Jokom, R. (2021). Pengaruh interaksi virtual dan ekuitas merek nex carloss terhadap minat beli pengikut di Instagram. Jurnal manajemen perhotelan, 7(1), 32. https://doi.org/10.9744/jump.7.1.32-41.

Zuria, F. S. (2018). Kajian keterampilan intelektual mahasiswa Unesa dalam mengenali berita hoax di media sosial . Kajian moral dan kewarganegaraan , 6 (2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n2.p%p.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.