Analisis Psikologi Sastra pada Tokoh Utama Cerpen Jendela Rara karya Asma Nadia

Muhamad Sholehhudin, Desi Anggun Safitri, Suciana Suciana

Abstract


abstrak Psikologi sastra adalah suatu penelitian yang mempertimbangkan sifat batin dan emosi manusia. Artikel ini ditulis dengan tujuan memperoleh pengetahuan tentang psikologi sastra yang terdapat dalam tokoh utama cerpen Jendela Rara atau setidaknya menampilkan gambaran manusia yang adil dan hidup. Metode deskripsi kualitatif merupakan metode yang digunakan pada artikel ini. Artikel ini menggunakan cerpen Jendela Rara dan artikel terdahulu sebagai subyek data didapat. Hasil dari penelitian ini memuat tentang kajian psikologi sastra dari teori Sigmund Freud yang meliputi tiga aspek yakni: Id, Ego, dan Superego yang terdapat dalam tokoh utama cerpen Jendela Rara.

Kata kunci Psikologi sastra, Teori Sigmund Freud, Cerpen Jendela Rara

 

Abstract— Literary psychology is a study that considers the inner nature and emotions of humans. This article was written with the aim of gaining knowledge about the literary psychology contained in the main character of the short story Uang Rara or at least presenting a fair and lively picture of a human being. The qualitative description method is the method used in this article. This article uses the short story Window Rara and previous articles as the subject of the data obtained. The results of this research contain a study of literary psychology from Sigmund Freud's theory which includes three aspects, namely: Id, Ego and Superego contained in the main character of the short story Uang Rara.

Keywords Literary psychology, Sigmund Freud's theory, short story Rara Window


Keywords


Literary psychology, Sigmund Freud's theory, short story Rara Window

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Astuti, R. E., Mujiyanto, Y., & Rohmadi, M. (2017). Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 4(2), 175-187.

Daraini, S. (2009). Analisis Gaya Bahasa Personifikasi Pada Kumpulan Cerpen Insomnia Karya Anton Kurnia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Fajriyah, K., Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2017). Kepribadian tokoh utama wanita dalam novel Alisya karya Muhammad Makhdlori: Kajian psikologi sastra. CaLLs: Jurnal Kebudayaan, Seni, Sastra, dan Linguistik, 3(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.30872/calls.v3i1.773.

Hermawan, D. (2019). Pemanfaatan hasil analisis novel Seruni karya Almas Sufeeya Sebagai bahan ajar sastra di SMA. METAMORFOSIS: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1), 11-20. DOI: https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.125.

Maghfiroh, Mariati, Maslikatin & Titik, (2013). Ekranisasi cerpen “Jendela Rara” ke film Rumah Tanpa Jendela: kajian psikologi anak. Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa 2013, 1(1), 1-15.

Nurhayati, E., & Soleh, D. (2022). Pembelajaran menulis cerpen dengan metode discovery learning dan media lagu pada Siswa SMPN 3 Madiun. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 3(2), 74-80. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1336.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.