Pemanfaatan Aplikasi iPusnas untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik

Zulfaa Ikfinaa, Ragilia Nurul Fadlilah, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Peserta didik merupakan aspek terpenting yang menjadi fokus perhatian dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan aplikasi iPusnas sebagai media untuk mengembangkan kemampuan kognitif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka library research) dengan menggunakan data sekunder yang didapatkan melalui berbagai sumber referensi pendukung penelitian baik jurnal atau buku terkait objek yang diteliti. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teori dari Mary W. Goerge yang telah dimodifikasi peneliti yakni: topic selection, imagination, research questions (brainstorming), dan research plan (strategy). Teknik validasi data menggunakan triangulasi dengan mencocokkan data penelitian dengan sumber-sumber referensi dari jurnal maupun buku. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi iPusnas dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif peserta didik. Dengan demikian, peserta didik dapat menggunakan aplikasi iPusnas untuk menemukan bahan-bahan bacaan baik dengan di dampingi oleh pendidik agar dapat menemukan bahan bacaan yang sesuai maupun dapat dilakukan secara mandiri.

 

Kata kunci— Aplikasi iPusnas, kognitif, peserta didik

 

 

Abstract— Learners are the most important aspect that becomes the focus of attention in the world of education. This research aims to utilize the iPusnas application as a medium to develop students' cognitive abilities. The research method used in this research is library research using secondary data obtained through various sources of reference supporting research either journals or books related to the object under study. The technique used in data collection uses four theories from Mary W. Goerge that have been modified by researchers, namely: topic selection, imagination, research questions (brainstorming), and research plan (strategy). The data validation technique uses triangulation by matching research data with reference sources from journals and books. The result of this study is that iPusnas application can be used to develop students' cognitive abilities. Thus, students can use the iPusnas application to find reading materials either accompanied by educators in order to find appropriate reading materials or can be done independently.

Keywords— iPusnas application, cognitive, students


Keywords


iPusnas application, cognitive, students

Full Text:

PDF

References


Anggraini, W., Nasirun, M., & Yulidesni, Y. (2020). Penerapan strategi pemecahan masalah dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31-39. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.31-39.

Artandana, T., & Hasanudin, C. (2023, June). Pemanfaatan Aplikasi iPusnas untuk Meningkatkan Literasi Siswa Sekolah Menengah Atas. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 2209-2217). Retrived from: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1988.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.

Didik, A. P. P. (2023). BAB 4 ASPEK PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. PSIKOLOGI PENDIDIKAN, 50.

Fatmawati, Endang. 2012. Trend terkait M-Library untuk perpustakaan masa depan.” http://www.perpusnas.go.id/magazine/trendterkait-m-library-untuk-perpustakaan-masadepan.

Fauzan, F., & Suwanto, S. A. (2018). Analisis pemanfaatan aplikasi iPusnas berbasis android di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), 11-20. Retrived from: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/22944/20981.

Fauzan, F., & Suwanto, S. A. (2018). Analisis pemanfaatan aplikasi iPusnas berbasis android di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), 11-20.https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1438808.

Frananda, M., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2023). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 1-10. Retrieved from https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/2868.

Hamadi, A. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdan, H., & Mahmuddin, M. (2021). Youtube sebagai Media Dakwah. Palita: Journal of Social Religion Research, 6(1), 63-80. http://dx.doi.org/10.24256/pal.v6i1.2003.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1). Retrived from: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197.

Izzuddin, A. (2021). Upaya mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui media pembelajaran sains. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains,3(3), 542-557.

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Al-athfaal: jurnal ilmiah pendidikan anak usia dini, 3(1), 69-82. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/6508.

Labib, M. ., Ariguntar, T. ., Hapsari, Y. ., & Eryanti, D. C. . (2022). Hubungan Antara Membaca Buku dengan Kognitif Santri di Pondok Pesantren Baitul Qurro’ Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5325–5330. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7489.

Latifah, N., & Supena, A. (2021). Analisis attention siswa sekolah dasar dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1175-1182. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.887.

Latifah, U. (2017). Aspek perkembangan pada anak Sekolah Dasar: Masalah dan perkembangannya. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185-196. https://doi.org/10.22515/academica.v1i2.1052.

Lestari, I. T., Sari, D. P., & Andrian, R. (2022). Redesign user interface aplikasi ipusnas berdasarkan user experience dengan metode design thinking. Jurnal Ilmiah Betrik: Besemah Teknologi Informasi dan Komputer, 13(2), 120-129. Retrived from: https://pdfs.semanticscholar.org/f603/26ad0e1495e4647211b9095db5269ae5defa.pdf.

Magdalena, I., Nurchayati, A., & Rizkiyanah, P. (2023). Perkembangan Kognitif Peserta Didik Pada Siswa Kelas 3 SDN Pakulonan 2. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 3(2), 141-146. https://doi.org/10.556442/taveij.v3i2.353.

Maulana, Y. I. (2018). Evaluasi tingkat kepuasan pengguna perpustakaan digital nasional (iPusnas) dengan kerangka PIECES. Bianglala Informatika, 6(1), 51-55. https://doi.org/10.31294/bi.v6i1.5904.

Munawaroh, S., Hastami, Y., Suwandono, A., Probandari, A. N. ., Hartono, Herawati, F., Afifah, U. M., & Hanifah, A. A. N. N. . (2022). Edukasi rutin membaca 30 menit perhari meningkatkan fungsi kognitif lansia. Abdimas Dewantara, 5(2), 146–153. https://doi.org/10.30738/ad.v5i2.11030.

Novelita, R., Luthfie, M., & Fitriah, M. (2019). komunikasi budaya melalui prosesi perkawinan adat pada Suku Batak Toba. JURNAL KOMUNIKATIO, 5(2), 35-40. https://doi.org/10.30997/jk.v5i2.1752.

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854.

Prastiwi, M. A., & Jumino, J. (2018). Efektivitas aplikasi ipusnas sebagai sarana temu balik informasi elektronik perpustakaan nasional republik indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), 231-240. Retrived from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/22966/21003.

Puspita, G. A., & Irwansyah, I. (2018). Pergeseran budaya baca dan perkembangan industri penerbitan buku di Indonesia: Studi kasus pembaca E-Book melalui aplikasi iPusnas. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 13-20. http://dx.doi.org/10.17977/um008v2i12018p013.

Puspita, G. A., & Irwansyah, I. (2018). Pergeseran budaya baca dan perkembangan industri penerbitan buku di Indonesia: Studi kasus pembaca E-Book melalui aplikasi iPusnas. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 13-20. http://dx.doi.org/10.17977/um008v2i12018p013.

Rachman, R. A. (2019). Analisis Social Strategy Akun iPusnas Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Bagi Generasi Milenial. Retrived from: https://www.researchgate.net/profile/Rani-Rachman/publication/338983806_Analisis_Social_Strategy_Akun_iPusnas_Pada_Media_Sosial_Instagram_Sebagai_Media_Promosi_Bagi_Generasi_Milenial/links/5e365bd092851c7f7f14881e/Analisis-Social-Strategy-Akun-iPusnas-Pada-Media-Sosial-Instagram-Sebagai-Media-Promosi-Bagi-Generasi-Milenial.pdf.

Sa’ida, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 16-22. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937.

Salsabila, W. A., Kurnia, M. D., & Hasanudin, C. (2022). Meningkatkan Literasi Siswa melalui Pemanfaatan Aplikasi iPusnas. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 1-8. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/2869.

Saputra, M. I. (2015). Hakekat pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 231-251. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1516.

Sejati, V. R. A., Painem, P., Ferdiansyah, F., & Pramusinto, W. (2023). Analisis sentimen ulasan pengguna aplikasi iPusnas pada Google Play Store dengan multinomial naïve bayes. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 182–190. Retrieved from https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/534.

Septianingtias, V. (2015). Pola kalimat pada kumpulan dongeng gadis korek api karya HC Andersen (suatu kajian sintaksis). Jurnal Pesona, 1(1). https://doi.org/10.52657/jp.v1i1.76.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Sutinah, C. (2021). Perkembangan peserta didik. Jawa Timur, Indonesia: CV Penerbit Qiara Media.

Umar, B. (2012). Hadist Tarbawy. Pendidikan Dalam Perspektif Hadist. Jakarta: Bumi.

Zakiah, D. M., Riadi, S., & Darus, P. (2022). Pemanfaatan aplikasi i-pusnas perpustakaan nasional Republik Indonesia berbasis android di kalangan mahasiswa program studi perpustakaan dan sains informasi fakultas ekonomi dan ilmu sosial universitas sari mutiara indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 4(1), 1-7. Retrieved from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/tekesnos/article/view/2893.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.