Kebutuhan dan Desain Media Video Animasi Edukasi Anak untuk Pembelajaran Kosakata di Sekolah Dasar
Abstract
abstrak— Media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk menunjang sekolah dasar. Saat ini MI Tanwirul Qulub memerlukan inovasi media pembelajaran dalam perkembangan teknologi. pembelajaran sangat dubutuhkan sebagai penunjang di sekolah dasar. Saat ini MI Tanwirul Qulub perlu inovasi media pembelajaran dalam berkembanya teknologi. Pembelajaran kosakata yang menggunakan video animasi sebagai media pembelajaran kosakata di MI Tanwirul Qulub. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran kosakata dengan media video animasi agar siswa MI Tanwirul Qulub lebih mudah memahami materi tersebut. Penelitian ini adalah termasuk penelitian RnD dengan menerapkan metode ADDIE, namun pada penelitian ini, hanya dijelaskan pada langkah Analisis kebutuhan, Desain, dan Develop. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Hasil penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi.
Abstract— Learning media is really needed to support elementary schools. Currently, MI Tanwirul Qulub requires innovation in learning media in technological developments. Learning is really needed as support in elementary schools. Currently, MI Tanwirul Qulub needs innovation in learning media in the development of technology. Vocabulary learning using animated videos as a vocabulary learning medium at MI Tanwirul Qulub. The aim of this research is to develop vocabulary learning using animated video media so that MI Tanwirul Qulub students can more easily understand the material. This research includes RnD research using the ADDIE method, but in this research, it is only explained in the needs analysis, design and development steps. Data collection techniques use questionnaires. The results of this research produce learning media in the form of animated videos.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariadi, S., & Supriyono, H. S. T. (2017). Edugame pengenalan bagian-bagian tubuh manusia dengan tiga bahasa berbasis android (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from https://eprints.ums.ac.id/51287/
Fatmawati, F. E., Russanti, I., Arifiana, D., & Yuniati, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pinterest Terhadap Kreativitas Mendesain Busana Pesta Kelas Xi Busana 3 Smk Negeri 8 Surabaya. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2122-2130. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21175.
Fauziah, L., Herlina, H., & Mawarni, V. (2019, December). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa menggunakan Media Dinding Kata. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara. Retrieved from: https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/305
Fu’adah, S. (2021). Penggunaan Stategi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 30-39. https://doi.org/10.35316/lahjah.v2i1.30-39
Harefa, D. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Tunas : Jurnal Pendidikan Biologi , 4 (1), 83 - 99. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/1011
Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (prior knowledge): konsep dan implikasi dalam pembelajaran. Edisi, 2(2), 217-232. Retrieved from: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Hashim, H., Abu, B. K., & Ahmad, M. (2020). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Menerusi Pengetahuan Makna Dan Penggunaannya. Malim: Jurnal Pengajian Umum Asia Tenggara, 21, 157-171. Retrieved from: https://doi.org/10.17576/malim-2020-2101-13
Isnawati, S. T. (2022). Penerapan Metode Take And Give Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Melalui Media Kartu. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (Ppgai), 2(1), 1728-1741. Retrieved from: https://eproceedings.iainpalangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/960
Lestariningsih, M. D., & Parmiti, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 71-79. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35944
Lovantika, E. (2022, October). Penerapan Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Penguasaaan Kosakata Siswa Kelas VII SMPN 43 Jakarta Selatan. In Sinarta: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra Vol. 1, pp. 478-486. Retrieved from : https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinastra/article/view/6124
Masgumelar, K. N., & Mustafa, S. P. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Ghits : Jurnal Pendidikan Islam , 2 (1), 49-57. Retrieved from: https://www.siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Mufidah, N., & Rohima, II (2020). Pengajaran kosakata untuk siswa di kelas intensif bahasa Arab. Jurnal Ilmu Sosial Uniqbu (UJSS), 1 (1), 13-24. Retrieved from: http://repository.uinmalang.ac.id/11813/
Nurdiansyah, D., Handayani, P., & Zabadi, F. (2023). Peningkatan Skill Editing Video Karang Taruna Menggunakan Aplikasi Mobile Phone Capcut di Desa Lengkong Kulon. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5572-5580. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17082
Nurjayanti, A. (2022). Efektivitas media video animasi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas x lintas minat bahasa mandarin SMAN 6 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). Retrieved from: https://repository.um.ac.id/267705/
Oktapiani, N. P. G., Asril, N. M., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Upaya meningkatkan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini dengan media wayang melalui video pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 285293. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37466
Panglipur, I. R., & Marsidi, M. (2021). Pengaruh penerapan kurikulum terhadap motivasi dan minat belajar siswa dengan angket skala Likert pada matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 3(2), 153-161. https://doi.org/10.33503/prismatika.v3i2.1280.
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257
Rahayu, I. D. (2022). Mrs Penerapan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IX-A SMP Negeri 2 Gudo. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(2), 44-50. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v3i2.2585
Rindawati, T., Thamrin, L., & Lusi, L. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Film Kartun dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa SD LKIA. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1), 1-10. Doi: https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1722
Roswati, E. (2020). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Permainan Chinese Whispers. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 32-36. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1619278&val=10815&title=Meningkatkan%20Kosakata%20Anak%20Usia%20Dini%20Melalui%20Permainan%20Chinese%20Whispers.
Sari, M. U. K., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Sunanto, S. (2021). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Permainan Anagram di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3614-3624. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1425
Valentina, N. P. D, & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Animasi Berbasis Role Playing Profesi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha , 9 (2), 231-242. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35640
Widyahabsari, D., Aka, K. A., & Zaman, W. I. (2023, Agustus). Media Video Animasi Materi Membangun Ruang. Dalam Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 6, hlm. 587-594). Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3856
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.