Kebutuhan dan Desain Media Komik Cetak untuk Pembelajaran Teks Eksplanasi

Secilia Cahya Agustina, Rizka Amalia Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan inovasi media pembelajaran berupa komik cetak untuk pembelajaran teks eksplanasi yang dikembangkan melalui aplikasi canva. Penelitian ini termasuk dalam penelitian RnD dengan menerapkan metode ADDIE, namun, penelitian ini hanya memuat langkah-langkah Analisis kebutuhan, Desain, dan Develop. Teknik pengumpulan data di penelitian ini berupa angket. Hasil pada penelitain ini yaitu 1). Analisis kebutuhan 2). Desain media 3). Develop (Pengembangan).

Kata kunci—Media pembelajaran, komik cetak, teks eksplanasi

 

Abstract— This research aims to produce innovative learning media in the form of printed comics for learning explanatory texts developed through the Canva application. This research is included in RnD research by applying the ADDIE method, however, this research only contains the steps of needs analysis, design and development. The data collection technique in this research is in the form of a questionnaire. The results of this research are 1). Needs analysis 2). Media design 3). Develop (Development).

Keywords— Learning media, printed comics, explanatory text


Keywords


Learning media, printed comics, explanatory text

Full Text:

PDF

References


Angresia, Y. ., Sesmiarni, Z. ., Charles, C., & Melani, M. . (2022). Komik digital : Media pembelajaran pemrograman dasar di SMK Negeri 1 Ampek Nagari. Intellect : Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, 1(2), 219–235. https://doi.org/10.57255/intellect.v1i2.204.

Ariesta, F. W., & Kusumayati, E. N. (2018). Pengembangan media komik berbasis masalah untuk peningkatan hasil belajar ips siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 22-33. https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.571.

Budi, E. N. (2017). Penerapan pembelajaran virtual class pada materi teks eksplanasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 62-75. https://doi.org/10.2317/jpis.v27i2.5720.

Dewi, A. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 174-179. https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.67.

Fatmasari, F., & Sodiq, S. (2023). Pengembangan media komik berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran pemahaman dan keterampilan menulis cerita fantasi Peserta Didik Kelas Vll. Bapala: kajian pendidikan, bahasa, dan sastra, 10(3), 179-193. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/54600.

Hasanudin, C. (2016). Eksperimentasi strategi belajar PQ4R dengan media komik terhadap keterampilan membaca pemahaman cerita anak pada siswa kelas VII SMP. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 136-142. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i2.3998.

Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The development of gravity comic learning media based on Gorontalo culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7 (2), 246-251. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/14344.

Putri, SD, & Hasanudin, C. (2023, November). Penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran menulis iklan pada siswa. Dalam Seminar Nasional Daring Sinergi 1(1), 356-361. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1695.

Rahmatullah, Rahmatullah and Inanna, Inanna and Ampa, Andi Tenri (2020) media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2). 317-327. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/30179.

Sugiartinengsih, R. (2018). Penggunaan media komik strip dalam meningkatkan keterampilan menulis teks ekplanasi di Sma Negeri 1 Sukahaji. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa , 8(02), 17-24. https://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/view/123.

Siagian, RS., Sofwan, M., & Hayati, S. . (2023). Media pembelajaran komik menggunakan aplikasi Canva for Education pada pembelajaran matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) , 5(2), 5222–5230. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14364.

Saputro, H. B., & Soeharto, S. (2015). Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran tematik-integratif kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 61-72.http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/4065.

Sudiyati, S. (2023). Peningkatan hasil dan aktivitas belajar materi teks eksplanasi dengan model Think-Talk-Write berbantu media komik strip. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.51874/jips.v4i1.92.

Wijaksono, SA, & Prima, FK (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis Canva. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 621–629. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.81.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.