Urgensi Menyimak Selektif di Tengah Marak Informasi pada Media Daring

Salsabila Nurhaliza Putri Isnani, Anwarul Hidayat, Cahyo Hasanuddin

Abstract


abstrak Menyimak selektif adalah menyimak yang memberikan perhatian pada hal yang akan dipilih untuk mendengar bunyi bahasa asing dan bentuk bahasa yang belum di pelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Urgensi Menyimak Selektif di tengah Marak Informasi pada Media Daring. Metode yang digunakan dalam artikel ini menggunakan metode penelitian studi pustaka atau library reasech, yang diperoleh dengan cara menggunakan data sekunder, dikumpulkan menggunakan teknik simak, lihat, dan catat, dan di validasi menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini memuat 3 urgensi menyimak selektif di tengah maraknya informasi pada media daring, diantaranya: pentingnya menyimak informasi pada media daring yang relevan. Pemahaman dalam menyimak berita untuk menghindari penyebaran berita palsu, dan Kesadaran akan kebenaran sumber informasi menjadi kunci untuk membangun menyimak digital yang kuat. kesimpulan pada penelitian ini menjelaskan bahwa ada 3 urgensi menyimak selektif di tengah maraknya informasi pada media daring.

Kata kunciMarak informasi, Media, Media daring, Menyimak

 

Abstract— Selective listening is listening that gives attention to things that will be selected to hear foreign language sounds and language forms that have not been learned. This study aims to determine the Urgency of Selective Listening in the midst of Marak Information on Online Media. The method used in this article uses a literature study research method or library reasech, which is obtained by using secondary data, collected using listening, viewing, and recording techniques, and validated using triangulation techniques. The results of this study contain 3 urgencies of selective listening in the midst of rampant information on online media, including: the importance of listening to information on relevant online media. Understanding in listening to news to avoid the spread of fake news, and awareness of the truth of information sources is the key to building strong digital listening. the conclusion of this study explains that there are 3 urgencies of selective listening in the midst of rampant information on online media.

Keywords-Marvel of information, Media, Online media, Listening


Keywords


Marvel of information, Media, Online media, Listening

Full Text:

PDF

References


Adiwiria, S.P. (2016). Hubungan antara intelegensi kemampuan menyimak dan kemampuan membaca, dengan prestasi belajar (studi pada siswa SMAN di Bandung). Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 13(69), 923-941.https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i69.341.

Ahmad, R. F., & Hasti, N. (2018). Sistem informasi penjualan sandal berbasis web. Jurnal teknologi dan informasi, 8(1), 67-72. https://doi.org/10.34010/jati.v8i1.911.

Alif, M. I., Hardian, A., Kurniawan, F., Triartanto, A. Y., & Suriyanto, A. D. (2018). Literasi Media dalam menanggulangi berita hoax (Studi pada pelajar SMKN 4 Bekasi dan mahasiswa AKOM BSI, Jakarta). Jurnal Abdimas BSI: Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 1(3). 416- 417 https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4052.

Amal, R. (2019). Pengaruh media terhadap budaya tradisional, lokal, kontemporer dan budaya populer. At-Tabayyuun: Journal islamic studies, 1(2), 133–146. https://doi.org/10.47766/atjis.v1i2.1718 .

Amalia, U., Fitria, E., & Handayani, I. (2020). Media edukasi melalui animasi untuk meningkatkan critical thinking skill dalam melawan informasi hoaks. In prosiding seminar nasional bimbingan dan konseling Universitas negeri malang (pp. 148-159). http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/view/72.

Andani, T. S. & Anggraini D. (2023). Kemampuan menulis teks berita siswa SMP VIII SMP. PUSTAKA: Jurnal bahasa dan pendidikan, 3(2), 48–58. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.467.

Arsyad, A. (2007). “Media pembelajaran”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asdam., & Muhammad. (2007). Pengajaran keterampilan menyimak bahasa indonesia. Makassar: Awal.

Budiman, H. (2017), Peran Teknologi Informasi dan komunikasi dalam pendidikan, Jurnal pendidikan islam. 8(1), 32-35. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79.

Fathiah, F., Kaniawati, I., & Utari, S. (2015). Analisis didaktik pembelajaran yang dapat meningkatkan korelasi antara pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada materi fluida dinamis. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan fisika, 1(1), 111-118. https://doi.org/10.21009/1.01116.

Fitria, E. (2021). Analisis pemanfaatan media online pada pembelajaran daring fisika terhadap motivasi belajar siswa. Journal of innovation in teaching and instructional media, 2(1), 43-51. https://doi.org/10.52690/jitim.v2i1.173.

Frisdayanti, A. (2019). Peranan brainware dalam sistem informasi manajemen. Jurnal ekonomi manajemen sistem informasi, 1(1), 60-69. https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i1.47.

Gumilar, G. (2017). Literasi media: Cerdas menggunakan media sosial dalam menanggulangi berita palsu (hoax) oleh siswa SMA. Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 1(1). http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/viewFile/16275/7939.

Halawa, N., & Lase, F. (2022). Mengentaskan hoax dengan membaca pemahaman di Era digital. Educativo: Jurnal pendidikan, 1(1), Page 235–243. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.32.

Hamid, A. H. (2015). Strategi Pembelajaran Menyimak. Jurnal Al Bayan: Jurnal jurusan Pendidikan bahasa arab, 7(2), 1-27. http://dx.doi.org/10.24042/albayan.v7i2.344.

Handayani, D. (2020). Pemanfaatan media YouTube pada saat pandemi covid 19 untuk media pembelajaran bahasa inggris dalam meningkatkan vocabulary dan pemahaman siswa. Jupendik: Jurnal Pendidikan, 4(2), 12-18. https://www.jupendik.or.id/index.php/jupendik/article/view/33.

Hutasoit, H. R. (2014). Perpustakaan dan penyebaran informasi. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 8(2), 177-185. http://repository.uinsu.ac.id/171/.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di Sekolah Dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.

Kardian, A. (2018). Upaya meningkatkan keterampilan menyimak puisi dengan menggunakan metode course review horay. METAMORFOSIS | Jurnal bahasa, sastra indonesia dan pengajarannya, 11(1), 15–22. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.25.

Komalasari, R. (2020). Manfaat teknologi informasi dan komunikasi di masa pandemi Covid 19. TEMATIK, 7(1), 38-50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369.

Lutfiansyah, Y. M. A., & Sari, A. K. P. (2021). Penerapan pembelajaran daring dan luring di sekolah dasar. Jurnal Lensa Pendas, 6(2), 36-46. https://doi.org/10.33222/jlp.v6i2.1653.

Maghfirah, F. (2019). Pentingnya kemampuan menyimak pada anak usia dini. Jurnal bunga rampai usia emas, 5(1), 11-16. https://doi.org/10.24114/jbrue.v5i1.22444.

Mualifah, F., dan Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran. Prosiding senada PBSI, 2(1), 264-269. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1324.

Novia M.A., & Setyaningrum, V. D. . (2023). Literasi digital dalam mencegah penyebaran konten hoaks pada aparatur pemerintah desa. Altifani : Jurnal pengabdian masyarakat Ushuluddin, Adab, dan dakwah, 3(1), 88–98. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/altifani/article/view/1791.

Nugraha, F. (2014). Analisa dan perancangan sistem informasi perpustakaan. Simetris: Jurnal teknik mesin, elektro dan ilmu komputer, 5(1), 27-32. https://doi.org/10.24176/simet.v5i1.132.

Nuraeni, I. (2015). Pengertian media penyuluhan pertanian. Jurnal Universitas Terbuka, 5(2), 1-30. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/LUHT433002-M1.pdf.

Nuralim, F., & Ghafirin, M.A. (2023). Literasi media dan informasi (LMI): Menyaring informasi di era VUCA untuk pendidikan yang bermakna. prosiding SEMDIKJAR (Seminar nasional pendidikan dan pembelajaran), 6, 120–130. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/362.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527-540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.

Rifqi, A. W., dan Yoyok, Y. (2018). Pemanfaatan media audio guna meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal penelitian PGSD, 6(6), 881-893. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23823 .

Saddhono, K., & Selamet. (2014). Pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia. Yogyakarta: 2014.

Saputra, M.A. (2020) Media daring dan pembentukan paham keagamaan siswa Madrasah Aliyah di kota Samarinda. Jurnal agama dan kebudayaan. 6(2). 15-20. https://blamakassar.e-journal.id/mimikri/article/view/437.

Sitorus, J. P. (2019). Literasi Digital: Kontribusi dan tantangan dalam keterampilan menulis. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 75-85. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v2i2.612.

Sulastriningsih dan Muhmudah. (2007). Pengajaran Prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan penerbitan Universitas negeri Makassar.

Suparmi, N. (2018). Efektivitas penggunaan model pembelajaran creative problem solving dengan metode drill untuk meningkatkan kemampuan menyimak dialog interaktif dalam pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal pendidikan bahasa Indonesia, 4(2), 144-153. http://doi.org/10.1016/j.fct.2019.02.001.

Tumimomor, M., Jando, E., & Meolbatak, E. (2013). Sistem informasi geografis pariwisata Kota Kupang. Jurnal nasional pendidikan teknik informatika: JANAPATI, 2(2), 142-152. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i2.9785.

Widayati, S., Hotimah, N., & Rakhmawati, N. I. S. (2020). Respon mahasiswa pada proses pembelajaran mata kuliah daring. Child Education Journal, 2(1), 48-52. https://doi.org/10.33086/cej.v2i1.1506.

Wulandari, L., Parman, L., Lubis, L., & Hamid, A. (2021). Peningkatan pemahaman masyarakat tentang hoax (Berita Bohong) di desa Jatisela kecamatan Gunungsari kabupaten Lombok Barat. Warta Pengabdian, 15(1), 1-9. https://doi.org/10.19184/wrtp.v15i1.14524.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.