Strategi untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis: Suatu Tinjauan Pustaka

Amelya Amandha, Junarti Junarti, Anita Rahayu

Abstract


abstrak— Keahlian dalam membuktikan secara matematis merupakan sebuah kunci berpikir logis dan analitis. Karena hal itu, keahlian pembuktian matematis harus ditingkatkan dengan menggunakan beberapa strategi tinjauan pustaka. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan beberapa strategi sebagai upaya peningkatan keahlian atau keterampilan penalaran matematis. Pada kajian ini terdapat beberapa strategi untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematis. Metode yang digunakan dalam penulisan/pembuatan karya ini adalah tinjauan literatur yang meliputi pencarian literatur, seleksi dan sintesis. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari artikel jurnal online sebagai sumber informasi. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan beberapa strategi untuk meningkatkan keterampilan pembuktian matematis yaitu penerapan model pembelajaran PACE, model pembelajaran “Problem Based Learning” (PBL), dan dengan pendekatan induktif-deduktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat 3 (tiga) strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pembuktian matematis.

Kata kunci—Pembuktian matematis, Strategi pembelajaran

 

 

 

Abstract— Skill in proving mathematically is the key to logical and analytical thinking. Because of this, mathematical proof skills must be improved by using several literature review strategies. This research aims to describe several strategies as an effort to improve mathematical reasoning skills. In this study there are several strategies to improve mathematical proof skills. The method used in writing/creating this work is a literature review which includes literature search, selection and synthesis. This research uses secondary data from online journal articles as a source of information. The results of this research aim to explain several strategies for improving mathematical proof skills, namely the application of the PACE learning model, the "Problem Based Learning" (PBL) learning model, and the inductive-deductive approach. The conclusion of this research is that there are 3 (three) strategies that can be used to improve mathematical proof.

Keywords— Mathematical proof, Learning strategy


Keywords


Mathematical proof, Learning strategy

Full Text:

PDF

References


Amandha, A., & Hasanudin, C. (2023, November). Manfaat Belajar Operasi Hitung Pada Bilangan Bulat Dalam Kehidupan Sehari-hari. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1756

Apriani, D. (2017). Pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Nabla Dewantara, 2(1), 15-24.

Firmasari, S., & Sulaiman, H. (2019). Kemampuan pembuktian matematis mahasiswa menggunakan induksi matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 1-9.

Frananda, dkk., (2023). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1). http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2868.

Hadi, D. S. (2002). Metodologi research. Yogyakarta: Andi offset.

Handayani, N. (2015). Penerapan strategi pembelajaran REACT dengan pendekatan RME untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 233-240.

Hernadi, J. (2008). Metoda pembuktian dalam matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-14.

Junarti, Noeruddin, A., Boedy Irhadtanto, & Sarmidi. (2023). Kata kunci: Kemampuan konsep limit fungsi, Prasyarat analisis riil. Seminar Nasional FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, 1, 278–284. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/article/viewFile/2197/1378

Junarti, Sukestiyarno, Y. L., Mulyono, & Dwidayati, N. K. (2019). The profile of structure sense in abstract algebra instruction in an Indonesian mathematics education. European Journal of Educational Research, 8(4), 1081–1091. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1081

Junarti, Sukestiyarno, Y. L., Mulyono, & Dwidayati, N. K. (2020). The process of structure sense of group prerequisite material: A case in indonesian context. European Journal of Educational Research, 9(3), 1047–1061. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1047

Junarti, Sukestiyarno, Y., Waluya, S. B., & Kartono. (2019a). Peran Skema Penulisan Definisi, Teorema Dan Bukti Dalam Kemandirian Belajar Membuktian Aljabar Abstrak Dengan Pendekatan Top-Down. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 637–645.

Junarti, Sukestiyarno, Y., Waluya, S. B., & Kartono. (2019b). Peran Skema Penulisan Definisi, Teorema Dan Bukti Dalam Kemandirian Belajar Membuktian Aljabar Abstrak Dengan Pendekatan Top-Down. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 637–645.

Junarti, Zainudin, M., & Utami, A. D. (2022). The sequence of algebraic problem-solving paths: Evidence from structure sense of Indonesian student. Journal on Mathematics Education, 13(3), 437–464. https://doi.org/10.22342/jme.v13i3.pp437-464

Lestari, K. E. (2015). Analisis kemampuan pembuktian matematis mahasiswa menggunakan pendekatan induktif-deduktif pada mata kuliah analisis real. MENDIDIK:Jurnal kajian pendidikan dan pengajaran, 1(2), 128-135.

Nurrahmah, A., & Karim, A. (2018). Analisis kemampuan pembuktian matematis pada matakuliah teori bilangan. JURNAL e-DuMath, 4(2), 21-29.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural science: Jurnal penelitian bidang IPA dan pendidikan IPA, 6(1). 41-53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monight, N. N. (2022). Analisis penerapan model pembelajaran project based learning dan problem based learning pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(6). 9736-9744. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Rahman, A. A., & Yunita, A. (2018). Penerapan model pembelajaran PACE untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematika siswa di kelas VII SMP materi geometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).

Sugandi, A. I., & Akbar, P. (2019). Efektivitas penerapan strategi react terhadap

kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa SMP. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 423-430.

Wardhani, I. S. (2015). Menumbuhkan tindak pikir kreatif melalui model pembelajaran pace. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 1(2), 31-45.

Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146-152.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.