Urgensi Menyimak Konsentratif terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada Kurikulum Merdeka

Cholinda Rahma Septi Lina, Erli Nur Firdaus, Dwi Noviyani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Menyimak konsentratif dapat diartikan sebagai mencangkup kemampuan fokus dan pemahaman mendalam terhadap informasi dari berbagai sumber seperti pidato, presentasi, atau teks, dengan tujuan menangkap inti pesan dan detail penting, Tujuan penelitian ini adalah memahai bagaimana efisien menyimak konsentratif dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran pada bagian awal pertumbuhan anak. Proses saat penelaah kini menggunakan metode library reseach, data yang dipakai di penalaah ini bersifat data sekunder, cara yang dipakai dari penalaah ini bersifat teknik Simak, libat, dan catat, sementara jenis teknik validasi yang dipakai pada penelitian kini bersifat teknik tringulasi. Hasil penelitian ini adalah menyimak konsentratif terhadap pendidikan anak usia dini memiliki peran penting seperti: 1) Membentuk generasi pemimpin dengan memberikan pendidikan anak usia dini, 2) Pentingnya kemandirian dalam pengembangan di usia dini, 3) Mengembangkan bahasa dalam pendidikan (PAUD).

Abstract— Concentrative listening can be defined as encompassing the ability to focus and deeply understand information from various sources such as speeches, presentations, or texts, with the aim of capturing the essence of the message and important details. The aim of this research is to understand how efficient concentrated listening can increase the effectiveness of learning in the early stages of a child’s development. The current reviewer’s process uses the library research method, the data used in this review is secondary data, the method used by this reviewer is a listen, engage, note-taking technique, while the type of validation technique used in the current research is a triangulation technique. The results of this research are that paying close attention to early childhood education has an important role such as: 1) Forming a generation of leaders by providing early childhood education, 2) The importance of independence in development at an early age, 3) Developing language in edication (PAUD).              


Keywords


Concentrated Listening, Education, Early Childhood

Full Text:

PDF

References


Agusta, A. R., Lestari, N. C., Suriansyah, A., Nofirman, N., & Rukhmana, T. (2022). Pendidikan inspiratif era cybernetics (Strategi menjadikan iklim pembelajaran bermakna di era digital). Jurnal pendidikan dan konseling (JPDK), 4(5), 4303-4311. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7307

Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan islam. Jurnal pendidikan UNIGA, 8(1), 1-26. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.68

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan tringulasi Teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal kajian, penelitian dan pengembangan pendidikan sejarah, 5(2), 146-150. https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/3432

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72. http://dx.doi.org/10.21043/addin.v7i1.573

Andayani, S. (2021). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Jurnal An-nur: kajian ilmu-ilmu pendidikan dan keislaman, 7(02), 199-212. https://www.journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/130

Angraeni, D. K. (2019). Peran mata kuliah bahasa inggris dalam pendidikan seni dan keagamaan. Bawi ayah: Jurnal pendidikan agama dan budaya hindu, 10(1), 1-11. https://doi.org/10.33369/jip.1.2.121-128

Aryanto, H., Azizah, M. D., Nuraini, V. A., & Sagita, L. (2021). Inovasi Tujuan Pendidikan di Indonesia. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(10), 1430-1440. https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.2311430Received

Astuti, C. W. (2017). Sikap hidup masyarakat jawa dalam cerpen-cerpen karya kuntowijoyo. Jurnal kata: Penelitian tentang ilmu Bahasa dan Sastra, 1(1), 64-71. https://ejournal.lldikti10.id/index.php/kata/article/view/1945

Astuti,W.R. (2020). Meningkatkan kemampuan menyimak konsentratif melalui metode listening team pada siswa kelas VI. Jurnal Al-Hikmah, 8(2), 70-81 http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/231

Elminah, E., & Patilima, H. (2023). Peran orang tua dalam pembentukan kemandirian pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Education FKIP UNMA, 9(2), 1116-1125. https://doi.org/10.31949/education.v9i2.5140

Ferawati, D., & Multahada. (2021). Upaya guru dalam melatih kemandirian anak usia dini. Primearly: Jurnal kajian pendidikan dasar dan anak usia dini, 4(1), 27-34. https://doi.org/10.3756/prymerly.v4i1.391

Halawa, N. (2023). Pengaruh model cooperative script terhadap kemampuan menyimak teks berita siswa: cooperative script, menyimak, berita. Ta’ehao: Jurnal ilmiah pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, 2(1), 166-179. https://doi.org/10.56207/taehao.v2i1.165

Handayani, R. (2021). Karakteristik pola-pola pengasuhan anak usia dini dalam keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159-168. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/4797

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1), 23-27. https://doi.org/10.15294/paramita.v22i1.1875

Hasan, S., & Muhammad, N. (2020). Sistem informasi pembayaran biaya studi berbasis web pada politeknik sains dan teknologi wiratama maluku utara. IJIS-Indonesia Journal on information system, 5(1), 44-55. https://doi.org/10.36549/ijis.v5i1.66

Hasanudin, C. (2023). Urgensi pendidikan anak usia dini. Jurnal Prosiding seminar nasional hasil penelitian, pengabdian, dan disemunasi, 17(1), 120-129. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/article/view/1541

Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 13(2), 169-177. https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/lentera/article/view/1319

Herawati, M. (2019). Karakteristik belajar anak usia dini dalam perspektif islam. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 250-255. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/6379/0

Ilawaty, S. A. (2023). Penerapan metode pembelajaran diskusi dan penemuan terbimbing (Discovery) dalam Upaya meningkatkan motivasi belajar matematika pada materi persamaan lingkaran. Jurnal multidisiplin Indonesia, 2(3), 565-579. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i3.195

Istiana, Y. (2017). Konsep-konsep dasar pendidikan anak usia dini. DIDAKTIKA: Jurnal pemikiran pendidikan, 20(2), 90-98. http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/61

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Jurnal Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna, 2(2), 15-28. http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87

Khan, R. I. (2021). Urgensi Pendidikan Untuk Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Al-Hikmah, 9(1), 77-85. https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/266

Marzuki, M., & Santo Boroneo, D. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup kelas Vii smpn 1 ambalau. Jurnal review pendidikan dan pengajaran (Jrpp), 6(2), 356-365. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18144

Monica, M. A., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(2), 643-653. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.781

Mujiafiat, K. A., & Yoenanto, N. H. (2023). Kesiapan guru dalam pelaksanaan pendidikan inklusi. Edukatif: Jurnal ilmu pendidikan, 5(2), 1108-1116. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4918

Mulatsih, D. (2016). Inovasi bentuk dalam Bahasa sunda di kampung puyuh koneng, desa kencana harapan, kecamatan lebakwangi, kabupaten serang, provinsi banten. Jurnal Logika, 17(2), 22-36. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/article/dowload/137/91

Nadlifah, N. (2017). Optimalisasi kemampuan interaksi sosial anak di paud inklus ahsanu amala Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 17-26. https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-02

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/1261

Nopriani, Y., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2016). Meningkatkan keterampilan menyimak dengan metode bercerita melalui media boneka jari. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 121-128. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/5684

Nugroho, F. E. (2016). Perancangan sistem informasi penjualan online studi kasus tokoku. Simetris: Jurnal Teknik mesin, elektro dan ilmu computer, 7(2), 711-724. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.786

Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal pendidikan uniga, 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3), 85-90. https://doi.org/10.33369/mapen.v9i3.1145

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Purba, R. T., & Putri, A. P. D. (2023). Pengaruh penguatan positif terhadap sikap perhatian murid kelas satu sekolah dasar. Aletheia christian educators Journal, 4(2), 53-60. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.2.53-60

Putra, A. Y., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2018). Pengruh pemberian stimulasi oleh orang tua terhadap perkembangan Bahasa pada anak usia toddler di paud asparaga malang. Nursing News: Jurnal ilmiah keperawatan, 3(1), 67-70. https://doi.or/10.33366/nn.v3i1.828

Rachmi, T., Dewi, N. F. K., & Astuti, C. F. (2023). Optimalisasi kemampuan menyimak melalui metode bermain peran pada anak usia dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 133-143. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9137

Salsabila, A. N., Kholimah, Z. S. N. Azzahro, S., Akbaryanto, F., & Sukasih, S. (2023). Analisis kemapuan menyimak dialog berita dan petunjuk pada anak sekolah dasar (SD). Pendekar: Jurnal pendidikan berkarakter, 1(6), 41-53. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i6.467

Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 5(1), 192-209. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176

Sari, A. (2021). Perkembangan Bahasa anak usia dini 5-6 tahun ditinjau dari aspek sintaksis dan pragmatic. Jurnal kualitas pendidikan, 2(2), 102-106. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.44

Sari, D., & Rasyidah, A. Z. (2019). Peran orang tua pada kemandirian anak usia dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 45-57. https://doi.org/10.35568/earlychildhod.v3i1.441

Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36-41. https://doi.org/10.51747/jp.v9i2.1078

Zahirah, Z. (2022). Proposal penelitian metodologi penelitian bahasa Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah, 15(3), 140-150. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9137


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.