Pengembangan Menyusun Pop-Up Book Gemilang Sastrawan untuk Pembelajaran Mengidentifikasi Pesan Moral

Kurnia Ajeng Sevtiana, Junia Lusita, Moh Makinun Affan, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Media pembelajaran sangat dibutuhkan sebagai penunjang pembelajaran terutama di sekolah menengah pertama. saat ini SDN Kendung 1 perlu inovasi media pembelajaran yang mengimbangi perkembangan zaman. Media pembelajaran berbentuk Pop-Up Book menjadi alternatif yang penulis pilih untuk pembelajaran Mengidentifikasi pesan moral di SDN Kendung 1. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan Pop-Up Book guna membantu proses pembelajaran mengidentifikasi pesan moral untuk siswa kelas5 SDN Kendung 1. metode penelitian ini menerapkan metode ADDIE namun pada penelitian ini, hanya dijelaskan pada langkah Analisis kebutuhan, Desain, dan Develop. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa Pop-Up Book Gemilang Sastrawan.

Abstract— Learning media is needed to support learning, especially in junior high school. Currently, SDN Kendung 1 needs learning media innovations that keep pace with the times. Learning media in the form of Pop-Up Book is an alternative that the author chooses for learning to identify moral messages at SDN Kendung 1. This study aims to create and develop Pop-Up Book to help the learning process of identifying moral messages for 5th grade students of SDN Kendung 1. This research method applies the ADDIE method but in this study, it is only explained in the steps of Needs analysis, Design, and Develop. The data collection technique used a questionnaire. The results of this study produced learning media in the form of Pop-Up Book Gemilang Sastrawan.

 


Keywords


Learning media, Pop-Up Book, identifying moral messages

Full Text:

PDF

References


Ariesandi, D. (2018). Analisis unsur penokohan dan pesan moral dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata sebagai upaya pemilihan bahan ajar apresiasi sastra di SMA. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 2(1).

Erica, S. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 110-122. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.

Hasanudin, C., Mayasari, N., & Saddhono, K. (2020). Monograf Strategi Membuat Media 3D dengan Pop-up dan Movable Book Berbantukan Aplikasi.

Hidayati, I. M., Yasbiati, Y., & Nurzaman, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Kelompok a Tk Sejahtera 4. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 152-163.

Junaedi, S. (2021). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa pada mata kuliah English for information communication and technology. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 7(2, Oktober), 80-89.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928-3939.

Ningsih, A. Y. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Ips Kelas IV SD Negeri Tegal Sari. Linggau Journal Science Education, 2(3), 6-15. https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.318

Ningsih, S. D., Nugroho, A. S., & Subayani, N. W. (2022). Pengembangan POP UP Book Budaya Jawa Timur Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 149-155.

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 4(2), 337-343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Shofiyullah, M. (2020, December). PESAN MORAL DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT NUSANTARA KARYA YUSTITIA ANGELIA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI DAN ISI CERITA RAKYAT. In Seminar Nasional Literasi (No. 5, pp. 406-422).

Utami, N. P., & Yanti, P. G. (2022). Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8388-8394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3825

Yuliana, E., Satria, T. G., & Kusnanto, R. A. B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia SD. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(03), 203-210.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.