Kebutuhan dan Desain Video Animasi UBAI (Usur Pembangun Puisi) Bermuatan Profil Pelajar Pancasila

Evi Nabila Romadhon, Farid Maulana, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pada masa globalisasi yang modern saat ini, banyak orang yang menggunakan media pembelajaran berbasis digital agar pembelajarannya lebih efektif. Salah satunya yaitu video animasi. Video animasi adalah kumpulan gambar animasi yang disusun sedemikian rupa melalui media dengan gambar bergerak dan tulisan sesuai alur waktu yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kebutuhan dan desain video animasi UBAI (unsur pembangun puisi) bermuatan profil pelajar pancasila, serta untuk mengetahui Tingkat kelayakan media yang akan dikembangkan. Penelitian ini termasuk penelitian RnD dengan menerapkan metode ADD, namun pada penelitian ini hanya dilakukan melalui 3 tahap yaitu analisis kebutuhan, desain, dan development. Media pembelajaran ini menggunakan angket untuk mengevaluasi kualitas materi dan media. Subjek penelitian ini adala siswa kelas VIII SMP Plus Nu An-nurhadi Pulo, sedangkan Teknik pengumpulan data pada langkah desain menggunakan angket ahli materi dan media. Hasil penelitian kebutuhan dan desain video animasi unsur pembangun puisi bermuatan profil pelajar pancasila yaitu: 1) Hasil analisis kebutuhan pada video animasi menunjukkan bahwa siswa setuju jika video animasi UBAI (unsur pembangun puisi) bermuatan profil pelajar pancasila digunakan, 2) desain video animasi menggunakan flowchart dan storyboard, selain itu, hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa video animasi UBAI (unsur pembangun puisi) termasuk kategori layak digunakan, 3) Develop (pengembangan) media video animasi dibuat dengan durasi 3 menit menggunakan aplikasi Leonardo ai untuk membuat gambar 3 dimensi sehingga gambar yang dihasilkan sesuai denga nisi cerita. Dalam pembuatan media ini juga menggunakan aplikasi RunwayML, aplikasi ini bisa membuat gambar menjadi bergerak dengan durasi 4 detik. Selain itu, kita dapat menggabungkan video dari RunwayML dengan menggunakan aplikasi capcut atau aplikasi lainnya.

Abstract— In this modern era of globalization, many people use digital-based learning media to make their learning more effective. One of them is an animated video. An animated video is a collection of animated images arranged in such a way through media with moving images and writing according to a specified time line. This research aims to develop the needs and design of an animated UBAI video (elements that build poetry) containing the profile of Pancasila students, as well as to determine the level of suitability of the media to be developed. This research includes RnD research using the ADD method, but this research was only carried out in 3 stages, namely needs analysis, design and development. This learning media uses a questionnaire to evaluate the quality of the material and media. The subjects of this research were class VIII students at SMP Plus Nu An-nurhadi Pulo, while the data collection technique in the design step used a questionnaire from material and media experts. The results of research on needs and design of animated videos containing poetry building elements containing the profile of Pancasila students are: 1) The results of the needs analysis on animated videos show that students agree that UBAI animation videos (elements building poetry) containing Pancasila student profiles are used, 2) design animated videos using flowcharts and storyboard, apart from that, the results of validation by material experts and media experts show that the UBAI animated video (poetic building elements) is in the category suitable for use. 3) Develop (development) animated video media is made with a duration of 3 minutes using the Leonardo ai application to create images 3 dimensions so that the resulting image matches the content of the story. In making this media, we also used the RunwayML application, this application can make images move with a duration of 4 seconds. Apart from that, we can combine videos from RunwayML using the Capcut application or other applications.


Keywords


animation video design, building blocks of poetry, pancasila student profile

Full Text:

PDF

References


Dwi, N. I. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Tematik Tingkat SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Retrieved from: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14075

Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Ketetampilan Menulis Puisi pada Siswa SMP. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 899-905). Retrieved from: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1439

Julianto, I. R., & Umami, A. S. (2023). Peranan Guru Dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Samasta. Retrieved from: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/208-216

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. Retrieved from: https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402

Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama). Retrieved from: https://osf.io/bp6eh/download

Luhulima, D. A., Degeng, N. S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan video pembelajaran karakter mengampuni berbasis animasi untuk anak sekolah minggu. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110-120. Retrieved from: http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2376

Prilla, C. C. P., Firdaus, A., & Humaira, H. W. (2019). Analisis Unsur Pembangun Dalam Kumpulan Puisi Segenggam Cinta Untuk Sang Maha Cinta Karya M. Saidati Sebagai Bahan Ajar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 9-22. Retrieved from: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1696

Sum, T. M. (2018). Unsur ekstrinsik dalam cerpen asran karya Trisni Sumardjo. Jurnal Ilmu Budaya, 15(1), 37-47. Doi: https://doi.org/10.31849/jib.v15i1.2031

Wijayanti, P. S., Jamilah, F., Herawati, T. R., & Kusumaningrum, R. N. (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 43-49. Retrieved from: http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1715

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). Retrieved from: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/12055


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.