Gaya Bahasa dalam Antologi Puisi Sepotong Hati di Angkringan karya Joko Pinurbo

Muhammad Rizal Alma, Evi Chamalah

Abstract


abstrak— Puisi Joko Pinurbo dikenal sebagai perpaduan antara humor, narasi, dan humor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap gaya bahasa apa saja yang terdapat pada antologi puisi Sepotong Hati di Angkringan ciptaan Joko Pinurbo. Jenis penelitian mengunakan jenis pengamatan dengan metode penelitian kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah menganalisis sekumpulan puisi Sepotong Hati di Angkringan ciptaan Joko Pinurbo adalah ditemukannya sebanyak 16 jenis gaya bahasa dengan temuan terbanyak pada gaya bahasa personifikasi sebanyak 38 temuan, disusul hiperbola dengan 19 temuan, dan repetisi dengan 16 temuan. Dari penelitian ini menyatakan bahwa penulis lebih sering menggunakan bahasa kiasan, yaitu personifikasi untuk memperindah puisinya dan menegaskan maknanya.

Kata kunci— Gaya Bahasa, Puisi, Sepotong Hati di Angkringan

 

 

Abstract— Joko Pinurbo's poetry is known as a blend of humor, narrative, and irony. The purpose of this study is to reveal what language styles are found in the poetry anthology Sepotong Hati di Angkringan created by Joko Pinurbo. The type of research uses the type of observation with qualitative research methods. The results obtained after analyzing a collection of poems Sepotong Hati di Angkringan created by Joko Pinurbo were found as many as 16 types of language styles with the most findings in the personification language style with 38 findings, followed by hyperbole with 19 findings, and repetition with 16 findings. This study states that the author more often uses figurative language, namely personification to beautify his poetry and emphasize its meaning.

Keywords— Language Style, Poetry, Sepotong Hati di Angkringan


Keywords


Language Style, Poetry, Sepotong Hati di Angkringan

Full Text:

PDF

References


Angesti, T., Sudrajat, R., dan Sahmini, M. (2021). Analisis Gaya Bahasa pada Puisi “Dalam Diriku” Karya Sapardi Djoko Darmono. Journal on Education, 4(1), 14—19. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.401

Ardin, A. S., Lembah, G., dan Ulinsa. (2020). Gaya Bahasa dalam Kumpulan Puisi Perahu Kertas Karya Sapardi Djoko Damono (Kajian Stilistika). Bahasa dan Sastra, 5(4) 50—59. https://core.ac.uk/download/pdf/289713717.pdf

Bentarabudaya.Com. (2021). Joko Pinurbo dan Kisah di Sebalik Kabar Sukacinta. Diakses pada 3 Desember 2023, dari https://www.bentarabudaya.com/warta-bentara/47/joko-pinurbo-dan-kisah-di-sebalik-kabar-sukacinta

Detikhot.Com. (2022). 5 Fakta Joko Pinurbo, Penyair Kawakan Yogyakarta yang Penuh Syair Humor. Diakses pada 3 Desember 2023, dari https://hot.detik.com/book/d-6081077/5-fakta-joko-pinurbo-penyair-kawakan-yogyakarta-yang-penuh-syair-humor

Dictio.id. (2018). Mengapa Remaja Zaman Sekarang Kurang Tertarik dengan Sastra? Diakses pada 3 Desember 2023, dari https://www.dictio.id/t/mengapa-remaja-jaman-sekarang-kurang-tertarik-dengan-sastra/74021

Faizun, M. (2020). Analisis Gaya Bahasa dalam Puisi Ada Tilgram Tiba Senja Karya WS Rendra: Kajian Stilistika. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1), 67—82. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4658

Faqihuddin, S., Chamalah, E., dan Setiana, L. N. (2017). Gaya Bahasa Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Tentang Gaya Bahasa di SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(1), 76—82. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.5.1.76-82

IDNTimes.Com. (2016). Sebelum Terkenal Seperti Sekarang, Penyair Joko Pinurbo Pernah Bakar Ratusan Puisinya. Diakses pada 3 Desember 2023, dari https://www.idntimes.com/life/education/francisca-christy/sebelum-dikenal-penyair-jok-pinurbo-pernah-bakar-ratusan-puisinya?page=all

Izzati, R. R. N. (2020, Desember). Gaya bahasa dalam kumpulan puisi Di Balik Jendela Koruki karya Kusfitria Marstyasih sebagai alternatif bahan ajar puisi di SMA. In Seminar Nasional Literasi (No. 5, pp. 631—645). https://conference.upgris.ac.id/index.php/snl/article/view/1703

Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Cetakan Ke-20. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Panjaitan, M. O., Telaumbanua, E. A., dan Ariani, F. (2020). Analisis Gaya Bahasa dalam Puisi “Danau Toba” Karya Sitor Situmorang. Asas: Jurnal Sastra, 9(1) 72—80. DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v9i1.18341

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-23. Alfabeta: Bandung.

Syamsiyah, N., dan Rosita, F. Y. (2020). Gaya Bahasa dalam Kumpulan Puisi “Dear You” Karya Moammar Emka. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 1—13. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.27

Umami, S., & Anto, P. (2020). Gaya Bahasa Perbandingan Pada Kumpulan Puisi Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 14—26. DOI: https://doi.org/10.54125/elbanar.v3i1.40

Yadafle, R. I., Putra, Y. Y., dan Hafid, A. (2020). Analisis gaya bahasa puisi KH Mustofa Bisri dalam Album Membaca Indonesia. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 41—55. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/view/382

Yanti, E. (2023). Estetika dalam Kumpulan Puisi “Kepada Cium” Karya Joko Pinurbo (Aesthetics in The Collection of Poetry “Kepada Cium” By Joko Pinurbo). Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 13(2), 219—230. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jbsp/article/view/15244


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.