Peran Teknologi pada Perkembangan Anak Remaja di Masa Pubertas

Muhamad Nurfadli, Khoirul Junianto, Dika Setya Pratama, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Perkembangan anak merupakan bagian dari proses seorang anak yang telah berubah dari waktu ke waktu. Pada perkembangan ini anak telah mengambil seluruh periode yang telah di mulai dari perubahan kecakapan, kematangan fisik, dan emosi. Tahapan perkembangan anak dimasa pubertas ini di mulai pada usia sepuluh tahun. Di samping itu perkembangan teknologi juga sangat berkembang pesat sehingga membuat para anak remaja selalu hidup berdampingan dengan teknologi. Dengan perkembangan teknologi kini membuat interaksi semakin mudah sehingga dapat melakukan interaksi secara daring. Metode penelitian yang digunakan merupakan studi pustaka yang sumbernya di dapatkan dari buku dan internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran teknologi sebagai media pembelajaran anak di masa pubertas.

Kata-kata kunci : perkembangan anak, teknologi, masa pubertas

 

 

 

Abstract—Child development is part of a child's process that has changed over time. In this development the child has taken the entire period that has started from changes in skills, physical and emotional maturity. The stages of child development during puberty begin at the age of ten. Apart from that, technological developments are also growing rapidly, making teenagers always live side by side with technology. With the development of technology, interactions are now becoming easier so that you can interact online. The research method used is a library study whose sources were obtained from books and the internet. The aim of this research is to determine the role of technology as a learning medium for children during puberty.

Keywords: child development, technology, puberty


Keywords


child development, technology, puberty

Full Text:

PDF

References


Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Informasi Komputer Akuntansi Dan Manajemen. 15(2). 116-123. https://doi.org/10.53845/infokam.v15i2.178.

Hartati B, & Sarfika R, & Putri E.D., (2019). Implementasi pendidikan kesehatan dengan metode brainstorming terhadap pengetahuan remaja tentang tumbuh kembang di pauh kota Padang. Jurnal Hilirisasi Iptek, 2(1). 15-23. https://doi.org/10.25077/jhi.v2i1.226.

Listia, N.W, (2015). Anak sebagai makhluk sosial. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas. 1(1). 14-23. https://doi.org/10.24114/jbrue.v1i1.9278.

Maharsi, S. (2000). Pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap bidang akuntansi manajemen. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan. 2(2). 127-137. https://doi.org/10.9744/jak.2.2.pp.%20127-137.

Mushfl, M. (2017). Model interaksi sosial dalam mengelaborasi keterampilan sosial. Jurnal Pendidikan, 4(2). 211-277. https://doi.org/10.9744/jak.2.2.pp.%20127-137.

Novitasari, Y. (2018). Analisis permasalahan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). 82-90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007.

Nurhayati, N. (2015). Perkembangan perilaku psikososial pada masa pubertas. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi. 4(1). 1-15. http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v4i1.649.

Tamam T.M, & Taufik J.A & Amril F., (2014). Sistem pendukung keputusan pemilihan jurusan di SMU dengan logika fuzzy. Jurnal Fakultas Teknik, 12(2). 65-86. http://dx.doi.org/10.30595/techno.v12i2.32.

Wibowo, N. (2016). Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan dengan tuntunan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. 22(1). 45-50. http://dx.doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9354.

Widyastuti, S.N, (2014). Pengaruh pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep dan berpikir logis siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2). 183-193. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718.

Yasipin Y, & Rianti A.S & Hidaya N., (2020). Peran agama dalam membentuk kesehatan mental remaja. Jurnal Filsafat Agama Dan Pemikiran Islam, 5(1). 25-31. http://dx.doi.org/10.29300/mtq.v5i1.3240.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.