Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Sekunder Mahasiswa pada Kurikulum Merdeka

Ika Ernilasari, Umi Nur Kholisah, Cahyo Hasanudin

Abstract


AbstrakMenyimak sekunder bisa di artikan ketika seseorang tidak sengaja mendengarkan atau memperhatikan sesuatu tanpa sengaja memusatkan perhatian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan strategi agar mahasiswa bisa meningkatkan keterampilan menyimak terlebih sekunder mengenai bagian kurikulum merdeka. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah library research atau studi pustaka, penelitian ini menggunakan data sekunder sebagai sumber informasi., metode yang diaplikasikan dalam penelitian ini ialah metode simak, libat dan catat, sementara jenis teknik validasi yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah strategi efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa pada kurikulum merdeka mempunyai beberapa strategi seperti: 1) Menyempurnakan keterampilan menyimak sekunder melalui podcast pendidikan, 2) Menggunakan sumber materi yang beragam, 3) Menggunakan materi tertulis sebagai pendukung, 4) Menggunakan media teknologi, dan 5) Bergabung dalam sebuah diskusi. Simpulan dalam penelitian ini terdapat lima strategi efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak sekunder mahasiswa pada kurikulum merdeka.

Kata kunciEfektif, Kurikulum Merdeka, Mahasiswa, Menyimak Sekunder

 

 

Abstract—Secondary listening can be interpreted when someone accidentally listens or pays attention to something without deliberately focusing on it. The purpose of this study is to provide strategies so that students can improve listening skills, especially regarding the independent curriculum section. The method in this study uses the library research method or library study, the data used in this study are secondary data, the techniques used in this study are the listening, engaging, and recording techniques, while the type of validation technique used in this study is to use triangulation techniques. The results of this study are effective strategies to improve students' listening skills in the independent curriculum have several strategies such as: 1) Perfecting secondary listening skills through educational podcasts, 2) Using diverse material sources, 3) Using written material as support, 4) Using technology media, and 5) Joining a discussion. The conclusion in this study is that there are five effective strategies to improve students' secondary listening skills in the Merdeka curriculum.

Keywords— Effective, Independent Curriculum, Students, Secondary Listening


Keywords


Effective, Independent Curriculum, Students, Secondary Listening

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, A. (2015). Video sebagai alternatif media pembelajaran dalam rangka mendukung keberhasilan penerapan kurikulum 2013 di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 4(1), 50-58. https://pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/1343.

Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan metode ceramah dan diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur'an 10 (2), 119-131. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/4441/3365.

Anggraeni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99-108. https://jurnal.uns.ac.id/pacentum/article/view/43008.

Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). Analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi pada siswa kelas II SD Negeri Triharjo. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD 4 (2), 114 -120.https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120.

Firdaus, I. (2018). The application of Montessori method to a child's developer in English reading and writing skills (case study). Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra 3 (2), 144 -179. http://dx.doi.org/10.47313/pujangga.v3i2.439.

Hamid, E. S., & Susilo, Y. (2011) Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. (Jurnal Ekonomi Pembangunan), 12(1), 45-55. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/1308.

Hapsari, A., Novitasari, R., & Wahyuningsih, H. (2018). Pelatihan literasi sumber dan bahan belajar di internet bagi guru PAUD di Kecamatan Ngaglik, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3 (2), 132-140.https://doi.org/10.30653/002.201832.61.

Harmita, H. (2004). Petunjuk pelaksanaan validasi metode dan cara perhitungannya Jurnal Pendidikan. Majalah Ilmu Kefarmasian, 1(3), 1. https://doi.org/10.7454/psr.v1i3.3375.

Hermawan, R. (2020). Efektivitas 1. pengertian efektivitas. Jurnal Pendiddikan 2(1), 8. https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB214121730230.pdf.

Indriyani, E., & Fransisca, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menabung (Saving Behavior) Nasabah. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 1(3), 30-39. https://core.ac.uk/download/pdf/386166510.pdf.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di Sekolah Dasar. Lampuhyang, 3(2), 576. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.

Jojor, A., & Sihotang, H. (2017). Analisis kuikulum Merdeka dalam mengatasi learning loss di masa pandemi Covid -19 (analisis studi kasus kebijakan pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendididkan 4 (4), 5150-5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106.

Juniati, E. (2017). Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 7 (3), 283- 291.https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291..

Kayadoe, V., Filindity, Y. T., Lokollo, L., Mila, M., Sipahelut, H. C., & Kayadoe, N. (2022). Implementasi media permainan congklak termodifikasi melalui blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi konfigurasi elektron. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) 12(2), 96-106. https://core.ac.uk/download/pdf/386166510.pdf.

Manurung, M. M., & Rahmadi. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) 1 (1), 41-46. https://doi.org/10.36339/jaspt.v1i1.63.

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora) 5(1), 66-78. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. https://www.ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115.

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast sebagai media pembelajaran di era milenial. Jurnal Golden Age 3 (2), 126-135. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720.

Moma, L. (2017). Pengembangan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui metode diskusi. Jurnal Cakrawala Pendidikan 36 (1), 130-139.https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.10402.

Mulyani, R. (2021). Eksplorasi terhadap kemungkinan desain podcast pendidikan tinggi Indonesia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Non Formal 7 (2), 381-394. https://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.381-394.2021.

Murod, M. S. Penggunaan Media Film Pendek dalam Pembelajaran Menyimak Cerpen Karya Raditya Dika pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Wasatiyah Cipondoh Indah Tahun Pelajaran 2018-2019. (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA) 3(2), 20-25. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54757.

Mustikawati, D. A. (2016). Alih kode dan campur kode antara penjual dan pembeli (Analisis pembelajaran berbahasa melalui studi sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 2332. https://dx.doi.org/10.24269/dpp.v2i2.154

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Sidik, G. S. (2018). Penggunaan media audio visual dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng di Era Digital. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar 10(2), 78-84. https://www.academia.edu/download/70566439/pdf.pdf

Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Indonesia) 8 (1), 29-43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954.

Pasoloran, R. (2019). Peningkatan prestasi belajar menyimak bahasa Indonesia melalui

pendekatan terpadu siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rantepo Toraja Utara. Jurnal: Pemikiran dan pengembangan Pembelajaran 1(1), 140-149.https://ejournaljp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/37.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187. https://www.neliti.com/publications/449646/potret-kurikulum-merdeka-wujud-merdeka-belajar-di-sekolah-dasar

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan alaon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka.: PTK Jurnal Tindakan Kelas 3 (1), 18-27.https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104.

Rusdi, F. (2019). Podcast sebagai industri kreatif. SNIT 2012 1(1), 91- 94.https://seminar.bsi.ac.id/snit/index.php/snit-2012/article/view/319.

Salahuddin. (2022). Penggunaan sumber belajar beragam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi dalam kegiatan ekonomi di kelas X-1 semester 1 SMAN 2 Bolo tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 2 (1), 67-80. https://doi.org/10.53299/jppi.v2i1.170.

Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7 (2), 121-133.https://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.2.121-133.

Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(2), 121-133. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/9814

Susanti, R. (2013). Penerapan pendidikan karakter di kalangan mahasiswa. Al-Ta lim Journal 20 (3), 480-487. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.46.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah mempercepat perkembangan kurikulum merdeka belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 3 (1), 17- 26.https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.