Analisis Unsur Intrinsik pada Kumpulan Cerpen Karya Siswa Kelas IX SMPN 6 Madiun

Muhammad Zulqi Setiaji, Asri Musandi Waraulia, Anik Handayani

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan menganalisis unsur intrinsik pada kumpulan cerpen karya siswa kelas IX SMP Negeri 6 MADIUN Tahun Ajaran 2023/2024. Selain itu hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa mengetahui dan memahami penerapan unsur intrinsik dalam cerpen yang mereka tulis sesuai dengan KD 3,5 pada kurikulum K13 kelas IX. Pada penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IX D yaitu berjumlah 31 siswa. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa siswa kelas 9D memiliki kemampuan yang beragam dalam menulis cerpen dengan tema, tokoh, latar, alur, sudut pandang, dan amanat yang berbeda-beda. Hal ini mencerminkan kreativitas dan potensi siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis cerita pendek. Semua siswa telah lengkap dalam membuat cerpen dengan memperhatikan unsur instrinsik dari cerpen yang ditulis. Selain itu siswa juga dapat belajar dalam merangkai dan mengolah kata kata dalam penulisan cerpen, dan juga siswa dapat meningkatkan percaya diri dalam menuliskan cerita dengan berdasarkan pengalaman pribadi, hasil menulis cerpen ini dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman mereka tentang unsur intrinsik. Perlu adanya peningkatan lagi proses pembelajaran siswa belajarnya pada pembelajaran menulis cerpen berdasarkan unsur intrinsik cerpek terutama pada siswa kelas XI agar dapat terus meningkatkan kualitas supaya menjadi lebih baik lagi.

Kata KunciUnsur Intrinsik, Cerpen, Siswa Kelas IX

 

AbstractThis research aims to analyze the intrinsic elements in a collection of short stories written by class IX students of SMP Negeri 6 MADIUN for the 2023/2024 academic year. Apart from that, the results of this research aim to determine the extent to which students know and understand the application of intrinsic elements in the short stories they write in accordance with KD 3.5 in the K13 class IX curriculum. This research includes qualitative descriptive research. The object of this research is class IX D students, namely 31 students. The results of the analysis show that class 9D students have diverse abilities in writing short stories with different themes, characters, settings, plots, points of view and messages. This reflects students' creativity and potential in developing short story writing skills. All students are complete in making short stories by paying attention to the intrinsic elements of the short stories written. Apart from that, students can also learn how to arrange and process words in writing short stories, and students can also increase their confidence in writing stories based on personal experience. The results of writing short stories can be used to determine their understanding of intrinsic elements. There needs to be further improvement in the learning process of students in learning to write short stories based on the intrinsic elements of short stories, especially for class XI students so that they can continue to improve the quality so that it becomes even better.

KeywordsIntrinsic Elements, Short Stories, Class IX Students


Keywords


Intrinsic Elements, Short Stories, Class IX Students

Full Text:

PDF

References


Mukhtar, (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP press Group.

Sadikin, Mustofa. (2011). Kumpulan Sastra Indonesia. Jakarta: Gudang Ilmu.

Saryono. (2009). Pengantar Apresiasi Sastra. Malang: Universitas Negeri Malang.

Semi, M.Atar. (1988). Anatomi sastra. Padang: Angkasa Raya

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sumardjo, Jacob & Saini K.M. (1997). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.