Analisis Perubahan Makna Meluas (Generalisasi) dalam Cerita Rakyat yang Berjudul "Malin Kundang" oleh: Ache

Arni Yuniar Prastika, Muhitotun Nadhifah, Rafika Dini, Rani Jayanti

Abstract


abstrak Penelitian kali ini peneliti mengkaji perubahan makna secara meluas atau yang disebut dengan Generalisasi dalam cerita rakyat yang berjudul "Malin Kundang" Oleh: Ache dengan mengaplikasikan kajian Semantik.  Semantik ialah ilmu mempelajari makna bahasa dan hubungan antara satu dengan yang lain. Peneliti kali ini menganalisis tentang perubahan makna meluas dimana bertujuan menganalisis perubahan terjadi pada kata yang memiliki makna satu dan dapat bertambah menjadibeberapa makna. Jenis penelitian yang digunakan dalam penetian kali ini adalah kualitatif, Data penelitian ini berupa kata-kata dalam kalimat yang perubahan maknanya sangat luas. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari cerita rakyat yang bersumber dari buku karya Ache. Teknik yang akan digunakan ialah dokumen dimana hal tersebut akan dianalisis data yang dapat menggunakan penyediaan data kemudian datanya dianalisis dan disajikan pada analisis data tersebut. Hasil dari analisis yang sudah dilakukan ditemukan adanya perubahan makna kata meluas berjumlah 13 data yang ditemukan pada cerita rakyat yang berjudul Malin Kundang Oleh: Ache. Dari data tersebut peneliti melakukan proses analisis yang akan disesuaikan oleh teori yang ada dan terbukti. Dari analisis data diatas peneliti menyimpulkan bahwa kata yang terdapat dalam cerita rakyat yang berjudul Malin Kundang Oleh: Ache memiliki makna yang asli tetapi didalam mengalami perubahan makna kata karena perluasan makna.

Kata kunci Semantik, Perubahan Makna Meluas, Cerita Rakyat

 

Abstract— In this research, the researcher examines widespread changes in meaning or what is called generalization in the folk tale entitled "Malin Kundang" by: Ache by applying Semantic studies. Semantics is the science of studying the meaning of language and the relationship between one another. This time the researcher analyzed widespread changes in meaning, with the aim of analyzing changes that occur in words that have one meaning and can add up to several meanings. The type of research used in this research is qualitative. The research data is in the form of words in sentences whose meaning changes very widely. The data used in this research comes from folklore originating from Ache's book. The technique that will be used is a document where the data will be analyzed which can use data provision, then the data will be analyzed and presented in the data analysis. The results of the analysis that was carried out found that there were changes in the meaning of the word widespread, amounting to 13 pieces of data found in the folk tale entitled Malin Kundang Oleh: Ache. From this data, researchers carry out an analysis process that will be adapted to existing and proven theories. From the analysis of the data above, the researcher concluded that the words contained in the folk tale entitled Malin Kundang Oleh: Ache have an original meaning but the meaning of the word has changed due to the expansion of the meaning.

Keywords— Semantics, Widespread Change in Meaning, Folklore


Keywords


Semantics, Widespread Change in Meaning, Folklore

Full Text:

PDF

References


Ache, A. (2019). Cerita rakyat Maling Kundang. Semarang: ALPRIN.

Ketriyawati, K, 2019. Analisis Bentuk dan Faktor Penyebab Perubahan Makna Peyorasi dan Ameliorasi dalam Berita Kriminal. Diksi, 27(2), 150-158.

Kosasih, K. (2017). Bahasa Indonesia SMP/ MTS Kelas VIII. Jakarta: Kemdikbud.

Kuntarto, E. (2017). Telaah Linguistik untuk Guru Bahasa. Jambi: Universitas Jambi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.