Urgensi Menyimak Kreatif pada Pembelajaran Era Digital di Kalangan Remaja

Jesica Fitria Maharani, Agus Pujianto, M. Nailus Sawab, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Menyimak kreatif dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan menyimak yang mengakibatkan rekontruksi, imajinatif, para penyimak. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui urgensi dari menyimak kreatif di era digital di kalangan remaja. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode library reseach, data yang digunakan pada penelitian ini berupa data sekunder, teknik yang digunakan pada penelitian ini berupa teknik simak, libat, dan catat, sementara jenis teknik validasi yang digunakan pada penelitian ini berupa teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah menyimak kreatif di kalangan remaja memiliki peran yang sangat penting seperti: 1) Menciptakan siswa agar menjadi kreatif, 2) Mengembangkan imajinasi remaja menjadi kreatif, 3) Memfokuskan kemampuan remaja. Simpulan dalam penelitian ini terdapat 3 urgensi menyimak kreatif pada pembelajaran era digital di kalangan remaja.

Kata kunci—Era Digital, Menyimak Kreatif, Remaja

 

 

Abstract— Creative listening can be interpreted as a form of listening activity that results in reconstruction, imaginative, listeners. The purpose of this study was to determine the urgency of creative listening in the digital age among adolescents. The method in this study uses the library research method, the data used in this study are secondary data, the techniques used in this study are listening, engaging, and recording techniques, while the type of validation technique used in this study is a triangulation technique. The results of this study are creative listening among teenagers has a very important role such as: 1) Creating students to be creative, 2) Developing teenagers' imagination to be creative, 3) Focusing teenagers' abilities. The conclusion in this study is that there are 3 urgencies of creative listening in digital era learning among teenagers.

Keywords—Digital Age, Creative Listening, Teenagers


Keywords


Digital Age, Creative Listening, Teenagers

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, M. (2018). Sistem informasi data pegawai berbasis web pada kementerian kelautan dan perikanan kota Ternate. Jurnal Ilmiah Ilkominfo, 1(2), 70-78. http://www.j-ilkominfo.org/index.php/ejournalaikom/article/view/10.

Afandi, N. A. (2012). Pengaruh pelatihan mindfulness terhadap peningkatan control diri siswa SMA. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 5(1), 19-27. https://doi.org/10.21107/pamator.v5i1.2493.

Anggraini, B. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal pendidikan islam usia anak dini, 3(1), 30-44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170.

Astuti, N. D., & Arifin. Z. (2021). Nilai sosial dalam novel ananta prahadi karya risa saraswati: Tinjauan sosiologi sastra dan relevasinya sebagai bahan ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 1(2), 13-22. https://doi.org/10.30734/jr.v2il.

Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). Analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi pada siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 4(2), 114-120. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120.

Azzahra, A. Ibrahim, H. Rohimah, N. Nasution, S. F. & Zakiyyah, Z. (2023). Menguasai keterampilan menyimak yang kritis di kelas tinggi. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan , 3 (3), 39–52. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1380.

Budiana, I. (2022). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144-161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2.234.

Budiyono, A. E. (2023). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pendidikan karakter peserta didik di era digital. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 755-765. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1448.

Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini, S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying pada remaja awal. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4(1), 54-66. https://doi.org/10.33366/nn.v4i1.1473.

Candra, I. S., Asbari, M., & Rozikin, P. R. (2023). Konsep ekosistem pendidikan merdeka: perspektif filosofis dan praksis Najela Shihab. Journal of informasion systems and management (JISMA), 2(6), 89-92. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.839.

Fahik, M. C. B. Asbari, M. dan Santoso, G. (2023). Nikmati dan rasakan pengalammu disetial detik: menyimak kajian filosofis fahruddin faiz. Jurnal pendidikan transformatif , Z(1),6-10. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.10.

Fitriansyah, F. (2018). Efek komunikasi massa pada khalayak (studi deskriptif pengguna media sosial dalam membentuk perilaku remaja). Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2), 171-178. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.4228.

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui permainan edukatif. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislamam, 7(2), 265-282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.188.

Herawaty, Y., & Wulan, R. (2013). Hubungan antara keberfungsian keluarga dan daya juang belajar berdasar regulasi diri pada remaja. Jurnal Psikologi, 9(2), 120-139. http://dx.doi.org/10.24014/jp.v9i2.176.

Indarjo, S. (2009). Kesehatan jiwa remaja. Jurnal kesehatan masyarakat, 5(1), 49-57. https://doi.org/10.15294/kemas.v5i1.1860.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnalampuhyang.u3i2.132.

Kardian, A. (2018). Upaya meningkatkan keterampilan menyimak puisi dengan menggunakan metode course riview horay. Metamorphosis, Jurnal Bahasa, sastra Indonesia dan pengajarannya, 11(1), 15-22. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.25.

Karlina, L. (2020). Fenomena terjadinya kenakalan remaja. jurnal pendidikan nonformal, 1(1), 147-158. https://ummaspul.ejournal.id/Jenfol/article/View/434.

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1-6. https://doi.org/10.29210/3003210000.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from https://www.ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/155.

Mudak, S., & Manafe, F. S. (2023). Pemulihan citra diri remaja madya: Integrasi psikologi dan teologi. Jurnal ilmiah religiosity entity humanity (JIREH), 5(1), 60-72. https://doi.org/10.37364/jireh.V5i.

Ndraha, N. A., & Tangkin, W. P. (2021). Guru sebagai inovator dalam penanaman nilai moral siswa berdasarkan pandangan kristiani di era digital. Excelsis Deo: Jurnal Teologi,Misiologi, Dan Pendidikan, 5(1), 71-86. https://doi.org/10.51730/ed.v5i1.67.

Praheto, B. E., & Sayekti, O. M. (2018). Penerapan teknik 5r untuk meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa Prodi PGSD FKIP UST. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 110-117. 10.23917/varidika.v29i2.5625.

Puspitasari, A., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan fitur short pada youtube sebagai penunjang pembelajaran menulis pada puisi siswa SMA. In Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1-8. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1625.

Rahayu, P. (2019). Pengaruh era digital terhadap perkembangan bahasa anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(01), 47-59. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423.

Rahmawati, S., & Rohim, D. C. (2020). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menyimak siswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 198-203. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p198-203.

Romadhoni, R. D, & Hasanudin, C. (2023, Juli). Peran matematika dalam perkembangan teknologi di era digital. Seminar Nasional Sinergi, 1(1), 1276-1281. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1820.

Saputri, U. I. (2020). Analisis bentuk tindak tutur direktif dalam dialog film “Rembulan Tenggelam Di Wajahmu” Karya Tere Liye. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 3(2), 249-260. https://doi.org/10.31539/kibasp.v3i2.1182.

Saputro, K. Z. (2018). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. jurnal aplikasi ilmu-ilmu Agama, 17(1), 25-32. https://doi.org/10.14421/aplikasia.V17i1.1362.

Sari, M. S., dan Zefri, M. (2019). Pengaruh akuntabilitas, pengetahuan dan pengalaman pegawai negeri sipil beserta kelompok masyarakat (pokmas) terhadap kualitas pengelola dana kelurahan di lingkungan kecamatan langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 308315. https://doi.org/10.37721/je.v21i3.608.

Siahan, C., & Rantung, D. A. (2019). Peran orangtua sebagai pendidik dan pembentuk karakter spritualitas remaja. Jurnal shanan, 3(2), 95-114. https://doi.org/10.33541/shanan.V3i2.1581.

Sumiati, S. (2018). Mengingkatkan menyimak sastra (dongeng) melalui pendekatan ctl siswa kelas VII SMPN 4 Mataram pada mata pelajaran bahasa Indonesia tahun ajaran 2009/2010. Jurnal ilmu sosial dan pendidikan, 2(1), 162-173. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v2i1.258.

Supardi, U. S. (2012). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 2(3), 248-262. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.107.

Suryawan, I. G. A. J. (2016). Cegah kenakalan remaja melalui pendidikan karakter. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 64-70. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i1.62.

Syahraeni, A. (2020). Pembentukan konsep diri remaja. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, 7(1), 61-76. https://doi.org/10.24252/al-irsyad%20al-nafs.v7i1.14463.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43-48. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5328.

Wahyudi, T. (2019). Paradigma pendidikan anak dalam keluarga di era digital (perspektif pendidikan islam). Ri’ayah: jurnal sosial dan keagamaan, 4(1), hal. 31- 43. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/1489.

Wahyuni, D. (2020). Meningkatkan pembelajaran sastra melalui Perkembangan era digital. Jurnal edukasi kultura; jurnal bahasa, sastra dan budaya, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.24114/kultural.v1i1-18268.

Yeniretnowati, T. A., & Angin, Y. H. P. (2021). Peran parenting orangtua dalam perspektif pendidikan kristen di era digital. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 34-53. https://doi.org/10.54170/harati.v1i1.30.

Zuhria, A. F., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2022). Dampak era digital terhadap minat baca remaja. Jurnal bahasa, Sastra dan pengajaran, 1(2), 17-23. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2871.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.