Kebutuhan dan Desain Media Augmented Reality Fenomena Alam di Indonesia untuk Pembelajaran Teks Eksplanasi

Desi Anggun Safitri, Dina Novita Sari, Faizha Rahmawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Media pembelajaran dalam lingkup pendidikan sudah tidak asing lagi karena merupakan instrumen dalam kegiatan belajar mengajar. Peneliti bertujuan untuk mengembangkan desain media pembelajaran Augmented Reality pada pembelajaran teks eksplanasi fenomena alam di Indonesia. Jenis penelitian R&D dengan menerapkan metode ADDIE, namun pada penelitian ini memuat langkah Analisis kebutuhan, Desain, dan Develop (pengembangan). Pada langkah analisis kebutuhan dengan menggunakan angket atau mengisi kuisioner kebutuhan dan yang menjadi responden dari penelitian ini ialah siswa SMPN 1 Kepohbaru. Berdasarkan uraian diatas, hasil dan pembahasan yang diperoleh sebagai berikut, media pembelajaran Augmented Reality akan dikembangkan melalui metode ADDIE dengan langkah analisis kebutuhan media, desain dan develop (pengembangan media).

Kata kunci— Augmented Reality, Fenomena Alam, Teks Eksplanasi

 

Abstract— Learning media in the scope of education is familiar because it is an instrument in teaching and learning activities. Researchers aim to develop Augmented Reality learning media designs on text learning explanations of natural phenomena in Indonesia. This type of RnD research applies the ADDIE method, but in this study, only the steps of Needs Analysis, Design, and Develop (development) are explained. Data collection techniques in the needs analysis step using questionnaires or filling out needs questionnaires and the respondents of this study were students of SMPN 1 Kepohbaru. In this study, the results and discussion obtained are as follows, Augmented Reality learning media will be developed through the ADDIE method with steps of media needs analysis, design and development.

Keywords— Augmented Reality, Natural Phenomena, Explanatory Texts


Keywords


Augmented Reality, Natural Phenomena, Explanatory Texts

Full Text:

PDF

References


Ambarita, J., & Yuniati, E. (2021). Readiness Analysis Of Christian Religious Education Teachers To Implement Online Learning In The Middle Of Covid-19. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 15(2), 206-216. https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i2.229.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905.

Apriyani, N. N. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Filmstrip Pada Siswa Kelas Xi Man 6 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2). ISSN 2829-1832. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v3i2.2209.

Borman, R. I. (2017). Implementasi Augmented Reality pada Aplikasi Android Pegenalan Gedung Pemerintahan Kota Bandar Lampung. 1-5. ISSN 1693 0010. https://osf.io/preprints/inarxiv/neugr.

Budi, E. N. (2017). Penerapan pembelajaran virtual class pada materi teks eksplanasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 62-75. http://10.2317/jpis.v27i2.5720

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11. https://www.researchgate.net/profile/Putu.

Fitriani, D., Rukayah, R., & Daryanto, J. (2021). Analisis kemampuan memahami teks eksplanasi pada peserta didik kelas V SD Negri Bumi 1 tahun ajaran 2020/2021. Didaktika Dwija Indria, 9(3). https://doi.org/10.20961/ddi.v9i3.50117.

Fitriani, E., & Pratami, F. (2022). Pengembangan E-LKPD Mengidentifikasi Teks eksplanasi Berbasis Literasi Digital. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1), 44-50. https://doi.org/10.30599/spbs.v4i1.1537.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) Vol. 4, No. 1, pp. 343-347. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Hermawan, H., Waluyo, R., & Ichsan, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mesin Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Inovasi Teknologi Informasi dan Aplikasi (JINITA), 1 (1), 1-7. https://doi.org/10.35970/jinita.v1i1.88.

Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., Sutriyani, S., & Khoirunnisa, K. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri Bunder III. Jurnal Pendidikan dan Sains 3(2) 377-386. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Meirani, M. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Economic Edu, 1(2). http://jurnal.umb.ac.id/index.php/ecoedu/article/view/1360.

Mustofa, M. A. (2020). Analisis penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran bahasa Arab di era industri 4.0. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 333, https://pdfs.semanticscholar.org/16ae/73707ac1b6ee111fff20e6a1b23a7ad2ab9e.pdf.

Ningsih, K. D. (2020). Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasimenggunakan Media Pembelajaran Gambar Fenomena Alam Pada Kelas VIII B Mts Negeri I Purworejo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(1). https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.499.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187. https://pdfs.semanticscholar.org/9642/924d69e47d2aaaa01c9884a402c34a7bf13f.pdf.

Pamoedji, A. K., & Maryuni, R. S. (2017). Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Elex Media Komputindo. Hal 27.

Rahmat, H. K., & Alawiyah, D. (2020). Konseling traumatik: Sebuah Strategi guna mereduksi dampak psikologi korban bencana alam. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani, 6(1), 34-44. https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i1.372.

Rimayanti, Ade Ina, and Jaja Jaja. "Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Massa Cetak." (2018): 857-862. http://dx.doi.org/10.33603/jt.v7i2.1738.

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran usability website e-commerce Sambal Nyoss menggunakan metode Skala Likert. Jurnal Compiler, 7(1). https://www.academia.edu/download/74361837/pdf_1.pdf.

Simamora, D. A. S., Furqon, M. T., & Priyambadha, B. (2017). Clustering Data Kejadian Tsunami Yang Disebabkan Oleh Gempa Bumi Dengan Menggunakan Algoritma K-Medoids. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(8), 635-640. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/183.

Susdiana, B. E. (2017). Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Picture and Picture pada Siswa Kelas VII SMP. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 1-12. https://doi.org/10.30957/cendekia.v11i1.247.

Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi metode penelitian skala likert berbasis web. Prosiding Semnastek. 2407 – 1846 https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/540

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113.

Wulandari, D. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi melalui Media Berbasis Digital dan Tebak Kalimat. Madaris: Jurnal Guru Inovatif , 1 (2), 14-29.

Zulaeha, I., Subyantoro, Hasanudin, C., Pristiwati, R. (2023). Developing teaching materials of academic writing using mobile learning. Ingénierie des Systèmes d’Information, 28(2). 409-418. https://doi.org/10.18280/isi.280216.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.