Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Edukasi Puisi untuk Pembelajaran Membaca Antologi Puisi

Rika Marsita, Moch Erik Prasetyo, Maya Puspita Sari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Pengembangan video animasi edukasi puisi merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang sangat efektif untuk menunjang proses pembelajaran karena kaya akan informasi dan dapat disampaikan langsung kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan rancangan video pembelajaran animasi, (2) mendeskripsikan hasil logika pengembangan video pembelajaran animasi, dan (3) mengetahui keefektifan bentuk pembelajaran animasi pembelajaran. Model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi) digunakan sebagai model pengembangan. Bahan penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan tes. Panduan wawancara dan tes objektif digunakan sebagai alat pengumpulan data. Hasil pencariannya adalah sebagai berikut. (1) Perancangan video animasi dilakukan dengan menggunakan skrip video. Skrip ini diubah menjadi video animasi selama tahap pengembangan ADDIE. (2) Temuan validitas video animasi didasarkan pada penilaian ahli materi dan ahli media, yaitu ahli materi pembelajaran tingkat lanjut, dan ahli media yang sangat ahli dalam bidang media pembelajaran. Oleh karena itu, video animasi edukasi yang dikembangkan diakui sah. (3) Efektivitas video lebih berkembang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Salah satu media pembelajaran yang sangat efektif untuk pembelajaran jarak jauh adalah berbasis video animasi. Video animasi adalah alat yang menggunakan suara dan animasi tambahan untuk menyajikan konten pembelajaran sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian siswa. Perancangan video animasi disesuaikan dengan materi pelajaran dan karakteristik siswa. Suara dan animasi yang disajikan sangat menarik dan seru sehingga membuat siswa tertarik dengan konten yang disajikan.

Kata kunci—Media Pembelajaran, Video Animasi, Membaca Puisi

 

Abstract Developing animated poetry educational videos is a very effective form of learning to support the learning process because it is rich in information and can be conveyed directly to students. The objectives of this research are (1) to describe the design of animated learning videos, (2) to describe the logical results of developing animated learning videos, and (3) to determine the effectiveness of animated learning forms of learning. The ADDIE model (analysis, design, development, implementation, evaluation) is used as a development model. This research material was collected through interviews and tests. Interview guides and objective tests were used as data collection tools. The search results are as follows. (1) The design of the animated video is carried out using a video script. This script was converted into an animated video during the development stage of ADDIE. (2) Findings on the validity of animated videos are based on the assessment of material experts and media experts, namely advanced learning material experts and media experts who are highly skilled in the field of learning media. Therefore, the educational animated video developed is recognized as valid. (3) Video effectiveness is further developed. This research concludes that one of the most effective learning media for distance learning is animated video-based. Animated videos are tools that use sound and additional animation to present learning content in a way that captures students' attention. The design of the animated video is tailored to the subject matter and student characteristics. The sounds and animations presented are very interesting and exciting, making students interested in the content presented.

Keywords— Learning Media, Animation Video, Reading Poetry


Keywords


Learning Media, Animation Video, Reading Poetry

Full Text:

PDF

References


Anggara, R. W. (2021). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi pada siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1012-1018.https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1331.

Efendi, A. Y., Adisel, A., & Syafri, F. S. (2022). Pengembangan bahan ajar video animasi berbasis pendidikan karakter pada materi sistem persamaan linier. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 5(1), 1-11. Doi: https://doi.org/10.31539/judika.v5i1.2816.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS). 4(1), 343-347. Retrived from http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran video animasi hands move dengan konteks lingkungan pada mapel IPS. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34-48. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100.

Qifsy, L. A., Hidayati, A., & Saputra, A. (2023). Pengembangan media video animasi pada mata pelajaran IPAS Kelas IV SD. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 762-769. Doi: https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1124.

Ritonga, SM (2022). Pengembangan media pembelajaran video animasi pada materi menulis puisi kelas X SMA. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2 (2), 77-85. Doi https://doi.org/10.57251/sin.v2i2.470.

Sukmana, J. (2018). Metode 2d hybrid animaton dalam pembuatan film animasi di Macromedi Flash Mx. Pseudocode, 5(1), 29–36. Doi: Https://Doi.Org/10.33369/Pseudocode.5.1.29-36.

Yanti, P. G., & Fauzyah, D. R. (2016). Pengaruh tingkat kepercayaan diri (Selfconfidence) terhadap kemampuan membaca puisi. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(2), 133-140. DOI: https://doi.org/10.15294/lingua.v12i2.9083.

Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode penelitian pengembangan (RND) dalam bimbingan dan konseling. Quanta, 5(3), 111-118.Doi: https://doi.org/10.22460/q.v5i3p111-118.3051.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.