Urgensi Menyimak Penyelidikan dalam Kasus Bullying di Media Daring

M Nuril Rohman Al Wahid, Shonia Qonita Syarkhan, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Menyimak penyelidikan dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan mengetahui dan memperoleh informasi baru terhadap kasus bullying di media daring. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui urgensi dari menyimak penyelidikan dalam kasus bullying di media daring. Metode penelitian ini berupa library research, data yang diperoleh merupakan data sekunder, teknik yang digunakan berupa teknik catat, simak, dan libat sedangkan jenis teknik validasi dalam penelitian ini berupa teknik triangulasi. Hasil dari penelitian adalah menyimak penyelidikan dalam kasus bullying di media daring yaitu: 1) mempermudah melalukan kegiatan penyelidikan kasus bullying di media daring, 2) dapat mengetahui penyebab kasus bullying di media daring, dan 3) untuk mengetahui dampak korban kasus bullying. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat 3 urgensi menyimak penyelidikan dalam kasus bullying di media daring.

Abstract—Investigative listening can be interpreted as a form of activity to find out and obtain new information about bullying cases in online media. The purpose of the research is to find out the urgency of listening to investigations in cases of bullying in online media. This research method is library research, the data obtained is secondary data, the techniques used are note taking, listening, and involvement techniques while the type of validation technique in this research is triangulation technique. The results of the study are listening to investigations in cases of bullying in online media, namely: 1) to make it easier to carry out investigation activities of bullying cases in online media, 2) to find out the causes of bullying cases in online media, and 3) to find out the impact of victims of bullying cases. The conclusion in this study is that there are 3 urgencies of listening to investigations in cases of bullying in online media.


Keywords


Bullying cases, Online media, Listening to investigations

Full Text:

PDF

References


Andayani, K. R., Pieter, N. K., dan Artanti, P. N. (2023). Pencegahan fenomena bullying di kalangan mahasiswa teknik lingkungan angkatan 22 UPN “Veteran” Jawa Timur. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin , 1 (5).https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/212.

Anggara, A. A., Trianawati, A., Putri, N. H., Siboro, E. D., Saputra, I., dan Nugraha, D. M. (2023). Pengaruh cyber bullying terhadap generasi penerus bangsa serta pencegahannya yang berlandaskan nilai-nilai pancasila. Causa: Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan, 1(1), 77-87. https://doi.org/10.3783/causa.v1i1.637.

Bakri, M. (2022). Analisis dampak bullying terhadap minat belajar siswa VII SMPN satapmataluntun kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(3), 400-405. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i3.329.

Basir, A. B. (2023). Aku adalah agen perubahan. Magetan: CV. ae media grafika.

Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L., dan Putri, A. M. S. (2023). Pengaruh bullying terhadap pelajar pada tingkat sekolah menengah pertama. JournalofEducationResearch, 4(1), 297-301. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.117.

Erniati, E., Muslima, M., Rachim, N., dan Shidiq, M. A. (2022). Penerapan model discoverylearning dalam meningkatkan kemampuan menyimak teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal , 3 (1), 26-39. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/3437.

Gamar, N. (2022). Evaluasi pembelajaran daring. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Gandasari, M. F., dan Jipido, J. (2021). Analisis persiapan dan pelaksanaan pembelajaran penjas secara daring pada masa pandemi di SMPN 2 Ngabang tahun 2021. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 10(2), 237-262. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.3244.

Hayati, N., dan Yusri, F. (2023). Upaya edukasi pencegahan bullying pada siswa SMPN 1 enam lingkung di kabupaten Padang pariaman. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(1), 26-42. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.58.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnalampuhyang.v3i2.132.

Karyanto, S., Tandayu, R., Febriani, J., dan Kuang, T. M. (2020). Pengaruh media pembelajaran daring terhadap pengetahuan belajar mahasiswa akuntansi. JournalofAccounting, Finance, Taxation, andAuditing (JAFTA), 2(2), 171-186. https://doi.org/10.28932/jafta.v2i2.3279.

Laia, A. (2020). Menyimak efektif. Jawa tengah: Lutfi Gilang.

Martaulina, D .S., (2018). Bahasa Indonesia terapan. Yogyakarta: Deepublish.

Nasution, M. (2021). Dampak belajar daring pada anak selama masa pandemi. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora, 1(1), 398-401. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.335.

Nasution, N. P. P.(2022). Konsep dasar bahasa Indonesia SD/MI. Sumatera barat: CV. Azka pustaka.

Noviansyah, W., dan Mujiono, C. (2021). Analisis kesiapan dan hambatan siswa smk dalam menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 82-88. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/522.

Nurrahmi, F., Fitri, A., Rizha, F., Masriadi., Bahri, H., Aminullah, M., Sartika, M., Muharman, N., Azman, Z., Samsudin, D., Nasution, K., Badri, M., Fauzi., Marhamah., Misnan., Firmansyah, B., Widaswara, Y. R., Suardana, P. K. I., Arifin, A., Rosemary, R., Irma, A., Nuzuli, K. A., Kusmulyono, S. M., Taufik, M. C., Simabur, A. L., Riyantie, M., Pranawukir, I., Sukma, H. A., dan Alamsyah. (2021). Bookseries jurnalisme kontemporer: etika dan bisnis dalam jurnalisme. Aceh: Syiah Kuala UniversityPress.

Pasoloran, R. (2019). Peningkatan prestasi belajar menyimak bahasa Indonesia melalui pendekatan terpadu siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ranteparo Toraja Utara. Jurnal pemikiran dan pengembangan pembelajaran, 1(1), 140-149. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v1i1.37.

Pudjibudoyo, J., Handadari, W., Wulandar, Y. P., Kesumaningsari, A. P., Bawono, Y.,Elgeka, S, W. H., Hidayati, N., Desiningrum, R. D., Daulay. N., Hendriani, W., Nur, H., Antawati, I. D., Suminar, R. D., Ul haque, H. S., Warni, E. W. (2019). Bunga rampai psikologi perkembangan: Memahami dinamika perkembangan anak. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Purwanti, H. S. (2021). Kekerasan seksual pada perempuan solusi integratif dari forensik klinik. Jakarta Timur: Rayyanakomunikasindo.

Ramadhanti, R., dan Hidayat, M. T. (2022). Strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566-4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892.

Riyanti, A., Hersusini., Hidayanti, N., Irwan, S., Rosfiani, O., Khadijah, I., Wahyuni, S. R., Rahmawati, Y., Musyawir., Chadijah, S., Sutisnawati, A., Fatma., dan Ihsan, M. (2022). Strategi pembelajaran bahasa Indonesia. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Rosdawita, R. (2015). Pembelajaran menyimak berbasis pendekatan kontekstual. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra , 3 (1). 67-81. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2232.

Ruknan., (2021). Kewirausahaan. Surabaya: Cipta media nusantara.

Rumiyati, R. (2021). Pemanfaatan learningmanagementsystem sebagai media pembelajaran daring di era pandemi covid-19. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 1(3), 122-130. https://doi.org/10.51878/educational.v1i3.385.

Sapitri, W. A. (2020). Cegah dan stop bullying sejak dini. Semarang: Guepedia.

Simbolon, M. (2012). Perilaku bullying pada mahasiswa berasrama. Jurnal psikologi, 39(2), 233-243. https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/6989.

Sinuraya, M. Y. A., dan Sundari, S. (2018). Langkah kakiku setelah SMA. Jakarta: PublicaInstitute Jakarta.

Sorraya, A., Anas, Y. (2019). Menyimak apresiasif. Malang: Media Nusa Creativ.

Suprapty, R., Nurhadi., Nurlailah, R. T., Zuchroh, S., dan Rosyada, D. (2021). Ragam strategi pembelajaran di masa pandemic covid-19. Yogyakarta: Deepublish.

Syah, R., dan Hermawati, I. (2018). Upaya pencegahan kasus cyber bullying bagi remaja pengguna media sosial di Indonesia. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial , 17 (2), 131-146.https://doi.org/10.31105/jpks.v17i2.1473.

Tantawi, I. (2019). Bahasa Indonesia akademik (Strategi meneliti dan menulis). Jakarta: Kencana.

Wardaini, O. (2022). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar siswa SD. Pusat Pendidik : Jurnal Ilmiah Pendidikan , 1 (5), 473–477. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.165.

Wulandari, H., & Jasmine, N. (2023). Bullying verbal menyebabkan trauma terhadap anak TK. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 363-374. https://doi.org/10.5281/zenodo.8242460.

Yanto, O. (2021). Pemidanaan atas kejahatan yang berhubungan dengan teknologi informasi. Yogyakarta: Samudra biru.

Zuhria, A. F., Kurnia, M. D., Jaja, J., dan Hasanudin, C. (2022). Dampak era digital terhadap minat baca remaja. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 17-23. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2871.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.