Analisis Penggunaan Media Sosial Tiktok dalam Penjualan Produk Boneka pada Toko Arka Boneka Bojonegoro

Ziana Aulida Salis, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media sosial TikTok dalam penjualan produk Arka Boneka dan untuk mengetahui kelebihan serta kelemahan media sosial TikTok dalam penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dengan pemilik toko Arka Boneka dan observasi proses penjualan dan TikTok @arka.boneka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Arka Boneka Bojonegoro telah berhasil memanfaatkan media sosial TikTok secara efektif dalam meningkatkan penjualan produk bonekanya sebesar 60%. Hal ini tak terlepas dari upaya pemanfaatan dan optimalisasi fitur TikTok yang dilakukan pemilik Arka Boneka. Ditemukan kekurangan dalam TikTok berupa durasi konten yang terbatas, tantangan dalam membangun kepercayaan konsumen, dan keterbatasan targeting audiens, serta persaingan yang ketat dan fluktuasi konten. Namun, ini semua tidak menutupi kelebihannya sebagai berikut: memberikan jangkauan luas dan pertumbuhan cepat, berisi konten kreatif dan menarik, dukungan trending dan viralitas, serta interaksi dan keterlibatan pengguna. TikTok juga lebih jauh menjadi wadah komunitas, tempat memupuk kredibilitas, dan terjadinya proses co-creation dari berbagai pengguna. Selanjutnya, artikel ini dapat menjadi referensi pemilik Arka Boneka dan pengusaha lain untuk memanfaatkan TikTok sebagai saluran pemasaran.

Kata kunci—: Arka Boneka, Media Sosial, Penjualan Boneka, TikTok.

Abstract— This research aims to describe the usage of TikTok social media in the sales of Arka Doll products and to identify the strengths and weaknesses of TikTok social media in sales. The research adopts a qualitative approach, specifically descriptive with a case study method. Research data were collected through interviews with the owner of Arka Doll Store and observations of the sales process and TikTok account @arka.boneka. The research results show that Arka Boneka Store Bojonegoro has successfully utilized TikTok social media effectively to increase its doll product sales by 60%. This achievement can be attributed to the efforts made by the owner of Arka Doll in utilizing and optimizing TikTok features. Some shortcomings in TikTok were found, such as limited content duration, challenges in building consumer trust, audience targeting limitations, as well as intense competition and content fluctuations. However, these do not overshadow its advantages, which include providing broad reach and rapid growth, containing creative and engaging content, supporting trends and virality, as well as user interactions and engagements. TikTok has also become a space for building communities, cultivating credibility, and facilitating the co-creation process among various users. Furthermore, this article can serve as a reference for Arka Doll Store owners and other entrepreneurs to leverage TikTok as a marketing channel.

Keywords— Arka Boneka, Media social, Doll Sales, TikTok.


Keywords


Arka Boneka, Media social, Doll Sales, TikTok.

Full Text:

PDF

References


Ardianto E, Soehadi A. (2013). Consumunity Marketing: Strategi Pemasaran Berbasis Komunitas. Jakarta: Prasetiya Mulya Publishing.

Bulele, Y. N. (2020, November). Analisis Fenomena Sosial Media dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. In Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), 565-572). https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1463.

Aurelia, G., Setyabudi, D., & Manalu, S. R. (2021). Pengaruh Terpaan Promosi Penjualan dan Terpaan E-Word of Mouth #Shopeehaul di TikTok terhadap Perilaku Impulse Buying. Interaksi Online, 9(4), 174-188. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksionline/article/view/32115.

Husein Umar. 2007, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hanifawati, T., & Yudin, C. (2022). Dampak Co-Creation pada Pemasaran Produk Pangan Online Terhadap Loyalitas dengan Mediasi Kepuasan pada Pelanggan Sayurbox. Media Agribisnis, 6(1), 38-49. https://doi.org/10.35326/agribisnis.v6i1.2307.

Irawan, E. F., & Ramdhan, A. (2018). Pengaruh Visualisasi Foto OOTD (Outfit of The Day) Selebgram Sebagai Strategi Promosi Produk Fashion Terhadap Persepsi Wanita. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 17(2), 6-11. http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v17i2.4679.

Kristia, S. E., & Harti, H. (2021). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tiktok untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Ukm Dm-Seafood. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1428-1438. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1428-1438.

Nugroho, D. P., Sumarwati, S., & Suryanto, E. (2019). Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Dilarang Mencintai Bunga-Bunga Karya Kuntowijoyo Sebagai Materi Ajar di SMP. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 19-26. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i1.35494.

Soesatyo, N. (2013). Analisa Credibility Celebrity Endorser Model: Sikap Audience terhadap Iklan dan Merek Serta Pengaruhnya Pada Minat Beli" Top Coffee". Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-12. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemenpemasaran/article/view/500.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Taylor, S. J., & Bogdan, R. (1989). On Accepting Relationships Between People with Mental Retardation and Non-Disabled People: Towards an Understanding of Acceptance. Disability, Handicap & Society, 4(1), 21-36. https://doi.org/10.1080/02674648966780021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.