Pengaruh Penggunaan Shopeepay sebagai Dompet Digital terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro

Farih Devita Eka Sari, Fruri Stevani, Boedy Irhadtanto

Abstract


Abstrak— Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan shopeepay terhadap perilaku konsumtif mahasiswa prodi Pendidikan ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif.  Adapun jumlah yang diambil sebanyak 46 responden menggunakan Teknik pengambilan non-probability sampling yaitu Teknik proposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan penyebaran angket dan dianalisa dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh antara penggunaan shopeepay terhadap perilaku konsumtif dengan hasil pengujian pada peneliti ini diperole nilai thitung > ttabel (10,690 > 1,680) dengan signifikansinya <0,05. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian penggunaan shopeepay berpengaruh positif signifikansi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro.

Abstract—The purpose of this research with the aim of knowing the effect of using shopeepay on the consumptive behavior of students of the Economics Education Study Program IKIP PGRI Bojonegoro. This research uses a quantity approach. The sample taken was 46 respondents using the non-probability sampling technique, namely the proposive sampling technique. Data collection techniques were carried out using questionnaires and analyzed by simple linear regression. The results of the study showed that there was an influence between the use of shopeepay on consumptive behavior and the results of testing in this study obtained tcount > ttable (10.690 > 1.680) with a significance <0.05. this means that H0 is rejected and H1 is accepted, this the use of shopeepay has a positive significant effect on consumptive behavior.

 


Keywords


Shopeepay, Digital Wallets, Consumer Behaviors

Full Text:

Untitled PDF

References


Damayanti, F. &. (2021). Pengaruh Penggunaan Pembayaran Shopeepay Letter Terhadap Perilaku Konsumsi Islam Generasi Milenial Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1905-1915.

Dewi, L. G. (2016). Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Komsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Dikria, O. &. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Fikri, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Shopeepay Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEB USU. Jurnal Komunika, 17.

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi, 12(1), 1-14

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi Ke 9. Universitas Diponegoro.

Julita, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Shopeepay Later Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim (Studi Pada Mahasiswa FEB UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu). Pengaruh Penggunaan Shopeepay .

Lestarina, E. K. (2017). Perilaku Konsumtif Di Kalangan Remaja. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 1-6.

Mujahidin, A. & Rika Pristian F, A . (2020). Pengaruh Fintech E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Milenial. Jurnal Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8.

Mulyani, A. Y., Sabanni, S. R., & Nabila, A. (2022). Persepsi Mahasiswa Universitas Siliwangi Mengenai Penggunaan E-Wallet (Shopee Pay) Sebagai Alat Pembayaran Non Tunai. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(4).

Nadia, G., & Wiryawan, D. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Kemudahan Terhadap Niat Pengunaan E-Wallet Shopeepay (Studi Pada Penggunaan Shopepay Di Bandar Lampung). Jurnal Manjemen Bisnis Islam(3), 185-198.

Ppdikti. (2022). Jumlah Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro Tahnu 2022. Dipetik Pada 16 November, 2022,

Pramesti, G., Azizah, A., Purnamasari, E., Sulistiyani, E., & Widyanti, D. V. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Wallet Shopeepay Dan Promosi Cashback Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 9(1, April), 35-42.

Ramadhanty, V. D., Permana, R. I., Fauzia, B. R., & Rakhmawati, A. N. (2021). Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Surabaya. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8.

Sari, R. (2021, April). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Reset Bisnis Dan Investasi(7).

Sari, R. F., Sutiana, E. P., & Sudrajat, A. (2022, Máret). Pengaruh Potongan Harga Dan Kmeudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Menggunakan Dompet Digital Shopeepay. E-QIEN Juranal Ekonomi Dan Bisnis(9), 480-485


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.