Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Operasi Perkalian

Jeni Anggraeni, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Kesulitan siswa dalam operasi perkalian dapat diatasi melalui beberapa upaya, di antaranya adalah memahami konsep dasar perkalian, menyesuaikan metode pembelajaran, memberikan latihan dan soal-soal berkualitas dan berulang-ulang, menggunakan media dan teknologi, serta memberikan feedback dan dorongan. Dengan menerapkan kombinasi dari upaya-upaya ini, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik dan akurat mengenai operasi perkalian. Artikel ini menggunakan metode kualitatif. Metode penelitian ini berupa metode library research, dengan mengumpulkan data dan menganalisis informasi dari beberapa  Jurnal, buku, dan karya ilmiah. Dalam mengatasi kesulitan siswa dalam operasi perkalian, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan, seperti memahami konsep dasar perkalian, menyesuaikan metode pembelajaran, memberikan latihan dan soal-soal perkalian yang berkualitas dan berulang-ulang, menggunakan media dan teknologi, serta memberikan feedback dan dorongan kepada siswa. Kombinasi dari upaya-upaya ini akan membantu siswa memahami konsep operasi perkalian dengan lebih baik dan akurat.

Kata kunci—Kesulitan belajar, Ketidakmampuan belajar siswa

 

Abstract— Students' difficulties in multiplication operations can be overcome through
several efforts, including understanding the basic concept of multiplication, adjusting
learning methods, providing quality and repetitive exercises and questions, using media
and technology, and providing feedback and encouragement. By applying a
combination of these efforts, students can gain a better and more accurate
understanding of the multiplication operation. This article uses a qualitative method.
This research method is in the form of a library research method, by collecting data
and analyzing information from several journals, books, and scientific papers. In
overcoming students' difficulties in multiplication operations, there are several efforts
that can be made, such as understanding the basic concepts of multiplication,
adjusting learning methods, providing quality and repetitive multiplication exercises
and questions, using media and technology, and providing feedback and
encouragement to students. The combination of these efforts will help students
understand the multiplication operation concept better and more accurately.

Keywords— learning difficulties, student learning disabilities


Keywords


Learning difficulties, student learning disabilities

Full Text:

PDF

References


Chesaria, R. D., Adi, W., & Muchsini, B. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/6381.

Hasan, B. (2015). Penggunaan Scaffolding untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(1), 88-98.

Hafid, H., Kartono, K., & Suhito, S. (2016). Remedial Teaching untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 257-265. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/12310.

Lubis, R. F. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 1-30. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Kreatifitas/article/view/112.

Munirah, M. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 111-127. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1597.

Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal Belaindika (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19-20. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.24.

Sarumaha, R. (2020). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Operasi Perkalian dengan Metode Latis di Kelas VII SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(1), 1-9. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1608.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.