Kajian Sintaksis pada Novel Senja Hujan Cerita Yang Telah Usai Karya Boy Candra

Ani Istiqomah, Ma'rifatul Inayah, Abdul Ghoni Asror, Muhammad Sholehuddin

Abstract


Abstrak—Novel merupakan bentuk karya sastra yang ditulis oleh pengarang dengan adanya unsur intrinsik dan ekstrinsik. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui 1) bentuk frasa, klausa, dan kalimat pada novel Senja Hujan Cerita Yang Telah Usai karya Boy Candra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik simak, libat, dan cakap dengan dimulai dari persiapan, pengumpulan data, dan analisis data. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Novel Senja Hujan Cerita Yang Telah Usai karya Boy Candra mengandung unsur frasa, klausa, dan kalimat. Frasa pada novel Senja Hujan Cerita Yang Telah Usai karya Boy Candra berupa frasa verba, frasa nomina, frasa adjektiva, frasa numeralia. Klausa pada novel Senja Hujan Cerita Yang Telah Usai karya Boy Candra berupa klausa positif dan negatif. Kalimat pada novel Senja Hujan Cerita Yang Telah Usai karya Boy Candra berupa kalimat yang didasarkan pada pengucapan, struktur gramatikal, serta fungsi.

Kata kunci—frasa, klausa, sintaksis, novel

 

Abstract—Novel is a form of literary work written by the author with intrinsic and extrinsic elements. For that purpose of this research is wanting to know 1) the forms of phrases, clauses, and sentences in Senja Hujan Cerita Yang Telah Usai novel entitled Boy Candra. This research is qualitative descriptive research using observing, involving, and proficient techniques starting from preparation, data collection, and data analysis. The conclusion of this study is the Senja Hujan Yang Telah Usai novel entitled Boy Candra contains elements of phrases, clauses, and sentences. Phrases on Senja Hujan Yang Telah Usai novel entitled Boy Candra is in the form of verb phrases, noun phrases, adjective phrases, phrases numeralia. Clauses in the Senja Hujan Yang Telah Usai novel entitled Boy Chandra in the form of positive and negative clauses. Sentences in the Senja Hujan Yang Telah Usai novel entitled Boy Chandra in the form of sentences based on pronunciation, grammatical structure, and function.

Keywords—Phrases, clauses, syntax, novels


Keywords


Phrases, clauses, syntax, novels

Full Text:

PDF

References


Abriani, W. D. (2022). Penggunaan Frasa dalam Karangan Siswa SMA Kelas XI SMA Kartika Wirabuana XXI Makassar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(7), 939-946. Retrieved from https://www.bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/1484.

Aditiawan, R. T. (2020). Penggunaan Frasa Nomina dalam Surat Kabar Jawa Pos: Kontruksi Frasa Nomina. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 221-232. Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/3243/2751.

Ariyati, R. P., Yusdi, M., & Lindawati, L. (2021). Kalimat dan Klausa pada Novel Lubang dari Separuh Langit. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 179-186. Retrieved from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Linguistik/article/view/2758/1297.

Jufrizal, J., Rusdi, R., & Refnita, L. (2009). Struktur Informasi pada Klausa Bahasa Minangkabau Sebuah Telaah Tipologi Grammatical dan Struktur Informasi. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 2(2), 59-69. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/linguadidaktika/article/view/7360.

Nafinuddin, S. (2020). Sintaksis (Komponen dan Struktur).

Wahidah, B. Y. K. (2019). Komparasi Berbagai Definisi Mengenai Frasa dan Kata Majemuk dalam Media Sosial Google Berdasarkan Kajian Sintaksis. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5). Retrieved from https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/853.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.