Pemanfaatan Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Matematika

Niamatus Amalul Husna, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Era digitalisasi saat ini mendorong perubahan diberbagai sektor kehidupan. Salah satu sektor tersebut adalah pendidikan. Pembelajaran yang menyenangkan akan menarik perhatian siswa sehingga memahami materi yang diterima serta meningkatkan prestasi belajar. Pembelajaran merupakan upaya memperoleh ilmu dalam suatu kegiatan. Kahoot adalah aplikasi online berupa kuis berbentuk game yang menarik. Peneliti bertujuan untuk memanfaatkan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah metode studi pustaka atau metode studi kepustakaan. Data tersebut diperoleh dari beberapa sumber tertulis seperti buku, artikel, dan jurnal yang telah terbit yang memuat pembahasan. Hasil penelitian berisi cara membuat dan cara bergabung kuis, game, survey, dan diskusi. Simpulan penelitian adalah bahwa aplikasi kahoot dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika yang inovatif dan menyenangkan.

Kata kunci—Media Pembelajaran, Matematika, Aplikasi Kahoot

 

 

Abstract— The current era of digitalization encourages changes in various sectors of life. One such sector is education. Fun learning will attract students' attention so that they understand the material received and increase learning achievement. Learning is an effort to gain knowledge in an activity. Kahoot is an online application in the form of quizzes in the form of interesting games. Researchers aim to utilize the kahoot application as an innovative and fun learning medium. The type of research used by researchers is the literature study method or literature study method. The data is obtained from several written sources such as books, articles, and journals that have been published that contain discussions. The results of the study contain how to create and how to join quizzes, games, surveys, and discussions. The conclusion of the research is that the kahoot application can be used as an innovative and fun mathematics learning medium.

Keywords— Learning Media, Mathematics, Kahoot App


Keywords


Learning Media, Mathematics, Kahoot App

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Aflisia, N., Karolina, A., & Yanuarti, E. (2020). Pemanfaatan aplikasi Kahoot untuk meningkatkan penguasaan unsur Bahasa Arab. Al-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-'Arabiyyah (MUSLA), 1(1), 1-17. http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/musla/article/view/8.

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.

Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135-137. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069.

Ardiansyah, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 145-155. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1136

Assegaf, S. R. Z., Susanti, W., Esi, N., & Yani, A. (2022). Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Adiba: Journal Of Education, 2(4), 507-516.

Azis, T. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. The Annual Conference On Islamic Education And Social Science, 1(2), 308-318. Retrieved from https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512.

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas kahoot bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155-162.

Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707.

Dalimunthe, D. (2016). Kajian proses islamisasi di Indonesia (studi pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 12(1), 115-125. https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.467.

Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1647-1659. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.656.

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Alat Evaluasi [ada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172-186. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika Kelas X (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4286.

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal penelitian pendidikan, 13(2), 1-10.

Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan aplikasi tik tok sebagai media pembelajaran mendemonstrasikan teks drama. Indonesian Journal of Education and Humanity, 1(2), 120-128. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/19.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1-17.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084.

Frananda, M., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2868

Hartanti, D. (2019). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan media pembelajaran interaktif game kahoot berbasis hypermedia.

Hartinah DS, S., & Setiawan, T. (2013). Sikap Guru Taman Kanak-Kanak Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1). http://dx.doi.org/10.17977/jip.v19i1.3754

Izar, J., Afria, R., & Sanjaya, D. (2019). Analisis Aspek Gramatikal Dan Leksikal Pada Cerpen Ketek Ijo Karya M. Fajar Kusuma. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 3(1), 55-72. https://doi.org/10.22437/titian.v3i1.7026

Jennah, R. (2009). Media pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Lestari, I. D. (2018). Peranan guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis information and communication technology (ICT) di SDN RRI cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2). http://dx.doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033

Lisnani, L., & Emmanuel, G. (2020). Analisis Penggunaan Aplikasi KAHOOT dalam Pembelajaran IPA. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 4(2), 155-167. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.16018

Lutfi, L., Kusumawardani, S., Imawati, S., & Misriandi, M. (2020). Evaluasi penggunaan aplikasi kahoot pada pembelajaran di sekolah dasar (sd) pada guru. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 186-191. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.27999

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 99-104). https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10281.

Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan minat belajar siswa melalui pemanfaatan media belajar berbasis android menggunakan mit app inventor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42-45. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.887.

Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 95-105. http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655.

Pribadi, B. A. (2009). Desain sistem pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Priyono, Y. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Mading di Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21049.

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review: Penggunaan Kahoot pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110-122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif.

Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dalam Pembelajaran IPS. HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PkN, 2(1), 7-12. https://doi.org/10.15294/harmony.v2i1.19965

Sappaile, N. (2019). Hubungan Pemahaman Konsep Perbandingan dengan Hasil Belajar Kimia Materi Stoikiometri. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 10(2), 58-71. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/64.

Sari, R. K. (2019). Analisis problematika pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama dan solusi alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 23-31. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510.

Sinaga, W., Parhusip, B, H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang terkandung dalam filsafat Matematika. Sepren, 2(2), 17-22.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sula, A. E., & Alim, M. N. (2014). Pengawasan, Strategi Anti Fraud, dan Audit Kepatuhan Syariah sebagai Upaya Fraud Preventive pada Lembaga Keuangan Syariah. Journal of Auditing, Finance, and Forensic Accounting, 2(2), 91-100. https://doi.org/10.21107/jaffa.v2i2.764.

Wikara, B., Sutarno, S., Suranto, S., & Sajidan, S. (2020). Efek Pembelajaran yang Menyenangkan (Fun Learning) terhadap Kemampuan Memori. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(2), 192-195. http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v6i2.164.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.