Penggunaan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Diandra Febri Salsabilla Prameswari, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Media infografis adalah sebuah media berisi data, informasi, pengetahuan, serta gambar yang disajikan dalam desain grafis. Media infografis merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari penggunaan media infografis dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pengumpulan data melalui pemahaman dan mempelajari teori dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, atau artikel. Data penelitian menggunakan data sekunder dengan topik pembahasan yaitu media pembelajaran, media infografis, dan  minat belajar. Data diperoleh dari artikel-artikel yang telah diterbitkan dan buku-buku yang telah dipublikasikan. Hasil penelitian ini yaitu penggunaan media infografis dapat membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar. Dari minat belajar siswa yang meningkat dapat menghasilkan hasil belajar siswa yang maksimal. Dengan media infografis, materi atau informasi yang disampaikan menjadi lebih sederhana sehingga siswa lebih semangat untuk belajar.

 

Abstract— Infographic media is a media containing data, information, knowledge, and images presented in graphic design. Infographic media is one of the learning media that can increase students' interest in learning. The purpose of this study is to determine the results of using infographic media in learning. This research uses the literature study method by collecting data through understanding and studying theories from various sources such as books, journals, or articles. The research data used secondary data with the topic of discussion, namely learning media, infographic media, and learning interest. Data was obtained from published articles and books. The results of this study are that the use of infographic media can help students increase their interest in learning. From increased student interest in learning can produce maximum student learning outcomes. With infographic media, the material or information conveyed becomes simpler so that students are more eager to learn.


Keywords


Leraning media, Infographic, Learning interest

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394 .

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97. Retrieved from http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084.

Frananda, M., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 1-10. Retrieved From https://www.ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/2868 .

Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349 .

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40-48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136 .

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105 .

Muliani, R. D. M. R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i2.1323 .

Nasution, A. H., & Diansyah, A. (2020). Pengembangan media berbentuk infografis dalam pembelajaran sejarah di tingkat SMA. JS (Jurnal Sekolah), 4(3), 261-266. https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18925 .

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-187. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171 .

Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811-819. http://dx.doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371 .

Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831 .

Putra,R, W. (2021). Pengantar desain komunikasi visual dalam penerapan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Putri, A. E. (2019). Evaluasi program bimbingan dan konseling: Sebuah studi pustaka. Jurnal bimbingan konseling indonesia, 4(2), 39-42. Retrieved From http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1645324&val=14788&title=EVALUASI%20PROGRAM%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING%20SEBUAH%20STUDI%20PUSTAKA .

Resnatika, A., Sukaesih, S., & Kurniasih, N. (2018). Peran infografis sebagai media promosi dalam pemanfaatan perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 6(2), 183-196. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.15440 .

Riyana, C. (2008). Media pembelajaran. Jakarta Pusat: KEMENAG RI.

Salsabilla, T. D., Yuliati, Y., & Cahyaningsih, U. (2021). Studi literatur: Penggunaan media visual infografis dalam meningkatkan minat belajar IPS siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 3(3), 276-282. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/607 .

Saptodewo, F. (2014). Desain infografis sebagai penyajian data menarik. Jurnal Desain, 1(03), 193-198. http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v1i03.563 .

Senjaya, W. F., Karnalim, O., Handoyo, E. D., Santoso, S., Tan, R., Wijanto, M. C., & Edi, D. (2019). Peran infografis sebagai penunjang dalam proses pembelajaran siswa. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 55-62. https://doi.org/10.24071/aa.v2i1.2136 .

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: Buku bacaan wajib dosen, guru, dan calon pendidik. Jember: Pustaka Abadi.

Yaumi, M. (2021). Media dan teknologi pembelajaran edisi kedua. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.