Analisis Sikap Konsumen perhadap Keputusan Pembelian Kopi Bubuk Instan Siap Saji pada Santri Putra Pondok Ihyaaussunnah Bojonegoro

Ellisa Icha Destiasa, Siti Zumrotus Sholihah, Nur Latifah Libriana

Abstract


Abstrak— Kopi bubuk instan siap saji merupakan produk olahan kopi yang praktis untuk dikonsumsi yang jika diseduh hasilnya tanpa ampas. Kopi bubuk instan siap saji diproduksi karena adanya perubahan pada perilaku minum kopi oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan di lingkungan pondok pesantren Ihyaaussunnah Bojonegoro. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sikap konsumen terhadap keputusan pembelian kopi bubuk instan siap saji di lingkungan pondok Ihyaaussunnah Bojonegoro. Variabel penelitian yang digunakan yaitu variabel sikap konsumen (X)  terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin yaitu sejumlah 41 orang dengan populasi sejumlah 70 orang. Analisis data menggunakan Uji T (Parsial). Hasil analisis statistik diperoleh hasil nilai ttabel diperoleh dengan cara df = n – k yaitu 41 – 2 = 39 dilihat dari distribusi nilai ttabel sehingga nilai pada taraf signifikan 5% adalah 1.685. Berdasarkan perhitungan uji t (parsial) dapat diketahui bahwa nilai thitung 6.314 > ttabel 1.684. Sesuai dengan kriteria jika thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sikap konsumen terhadap keputusan pembelian kopi bubuk instan siap saji di lingkungan pondok Ihyaaussunnah Bojonegoro.

 

Abstract— Ready-to-eat instant ground coffee is a processed coffee product that is practical to consume which when brewed results in no grounds. Ready-to-eat instant ground coffee is produced due to changes in coffee drinking behavior by consumers. This research was conducted in the environment of the Ihyaaussunnah Bojonegoro Islamic boarding school. The purpose of this study was to determine consumer attitudes towards purchasing decisions for ready-to-eat instant ground coffee in the Ihyaaussunnah Bojonegoro boarding school environment. The research variable used is the consumer attitude variable (X) on the purchasing decision variable (Y). Determination of the sample using the Slovin formula, namely 41 people with a population of 70 people. Data analysis using the T (Partial) Test. The results of the statistical analysis obtained the results of the t table value obtained by means of df = n - k, namely 41 - 2 = 39 seen from the distribution of the t table value so that the value at a significant level of 5% is 1.685. Based on the calculation of the t test (partial) it can be seen that the tcount value is 6.314> ttable 1.684. In accordance with the criteria if tcount> ttable, then H0 is rejected and Ha is accepted, meaning that there is a positive and significant influence between consumer attitudes on purchasing decisions for ready-to-eat instant ground coffee in the Ihyaaussunnah Bojonegoro cottage environment.


Keywords


Consumer Attitudes, Purchasing Decisions, Instant Ground Coffee, T-Test(Partial)

Full Text:

PDF

References


Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap. Keputusan Pembelian.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630.

Dewi O. I. ,Sutanto E. M. (2018). “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Chang Tea di Surabaya”. JurnalManajemen Bisnis, 6(2), 2018.

Dewi, S. K., Siburian, P. S., & Indriastuti, H. (2018). Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil. Jurnal Manajemen, 9(2), 105–110.

Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Sosial Media Marketing. Padang sidimpuan: PT. Inovasi Pratama Indonesia.

Indika, D., & Lainufar, S. (2016). Eksplorasi sikap konsumen terhadap kosmetik halal (studi kasus: wardah). Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 13(1), 55-64.

Indriyani, A. R. A. (2022). Sikap Konsumen Terhadap Tabungan Sutera Bank BPR DIY. Cakrawala Management Business Journal, 5(2), 248-260.

Jayanti, R. D. (2015). Pengaruh harga dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian secara online (Studi kasus pada harapan maulina hijab Jombang). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1).

Kotler, P and Amstrong, G. (2018). Perilaku Konsumen di Masa Bisnis Online. Terjemahan: Jusuf, D. I. Yogyakarta: Andi Offset

Nurhalim, A. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Tangerang. Jambura Economic Education Journal, 5(1), 51-59.

Okaviantari, dkk. (2023). Persepsi Risiko Dan Pengetahuan Produk Untuk Membangun Sikap Positif Dan Minat Membeli: Konsep Dan Aplikasi. Media Pustaka Indonesia.

Sausan A. , Darsono , Handayani S.M. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Pembelian Kopi Bubuk Kapal Api Di Kota Surakarta. AGRISTA 9(3)

Sefrianto W.S. 1, Nurfazria E.F (2021). Analisis Sikap Konsumen Akan Citra Merek dan Kualitas Produk Pada Pengkonsumsi Kopi Sachet Indocafe di Kota Jakarta Timur Jurnal Bisnis Dan Manajemen 8 (2)

Sudjarwo dan Basrowi. (2009). Manajemen Penelitian Sosial. Bandung: CV. Mandar Maju

Zannah, T. N. F. (2020). Analisis Perilaku Konsumen, Produsen dan Pasar Dalam Ekonomi Islam Pada Masyarakat. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 4(2), 171–188.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.