Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Vlog di Kanal Youtube Furky TM

Anis Safitri

Abstract


Abstrak—Tindak tutur ilokusi merupakan tindak tutur yang memiliki maksud dan fungsi daya ujar, yang bertujuan menginformasikan sesuatu dan melakukan sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokasi pada Vlog Budget dan Persiapan Everest Base Camp di Kanal youtube Furky TM dengan menggunakan teori tindak tutur ilokusi Searle yang dikembangkan menjadi lima bentuk, antara lain asertif atau representatif, komisif, direktif, ekspresif, dan deklaratif yang ada dalam video tersebut beserta fungsi tuturannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan pragmatik. Sumber data dalam penelitian ini adalah vlog Budget dan Persiapan Everest Base Camp di kanal youtube Furky TM. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah transkrip atau kutipan penjelasan dan percakapan antar tokoh di dalam Vlog. Alasan peneliti memilih Vlog di Kanal Youtube Furky TM., karena vlog ini memberikan banyak informasi dengan penyampaian yang menarik dan terstruktrur serta penggunaan kalimat yang cukup baik untuk dijadikan objek penelitian.

 

Kata kunci—Tindak Tutur, Ilokusi, Vlog, Data, Penelitian

 

 

 

Abstract—Illocutionary speech act is a speech act that has the purpose and function of speech power, which aims to inform something and do something. This study aims to describe the speech act of ilocation in Vlog Budget and Preparation of Everest Base Camp on the Furky TM youtube channel by using Searle's illocutionary speech act theory which was developed into five forms, namely assertive or representative, commissive, directive, expressive, and declarative. in the video along with the speech function. This research uses a descriptive method with a pragmatic approach. The source of data in this study is the Budget vlog and Everest Base Camp Preparation on the Furky TM YouTube channel. The data used in this study are transcripts or excerpts of explanations and conversations between characters in Vlogs. The reason the researcher chose the Vlog on the Furky TM Youtube Channel, because this vlog provides a lot of information with an interesting and structured delivery and the use of sentences that are good enough to be used as research objects.

 

Keywords—Speech Acts, Illocutionary, Vlogs, Data, Research


Keywords


Speech Acts, Illocutionary, Vlogs, Data, Research

Full Text:

PDF

References


Faroh, S., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Vlog Q&A Sesi 3 Pada Kanal Youtube Sherly Annavita Rahmi. Undas: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, 16(2), 311-326.

Jupri, A. R. (2022). Tindak Tutur Ilokusi Haris Azhar Dalam Youtube Indonesia Lawyers Club Episode Ramai-Ramai Petisi Tolak IKN. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3187-3194.

Rahima, Ade, & Yulisah. (2022). Fungsi Tindak Tutur Direktif perintah dalam percakapan Mahasiswa PPL dengan Siswa SMP Labor pada Aplikasi Grup Telegram SMP Labor Bulan September 2021 (kajian pragmatik). Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2597-6095.

Rahmasari, Lana, & Asep Purwo, Yudi U. (2021) Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Vlog Jangan Lupa Senyum Part 1 di Kanal Youtube Fiersa Besari. Estetik, 4(1), 1-16.

Rohmah, Fani. F. dkk. (2022). Tindak Tutur Ilokusi pada Youtube Nihongo Mantappu “Jika Aku menjadi Menteri Pendidikan. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(2). 91-100.

Septiana, M. H. E., Susrawan, I. N. A., & Sukanadi, N. L. (2020). Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, Perlokusi pada Dialog Film 5cm Karya Rizal Mantovani (Sebuah Tinjauan Pragmatik). JIPBSI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).

Widyawati, N., & Utomo, A. P. Y. (2020). Tindak tutur ilokusi dalam video Podcast Deddy Corbuzier dan Najwa Shihab pada media sosial youtube. Jurnal Ilmiah Telaah, 5(2), 18-27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.