Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Penunjang Pembelajaran Ba-hasa Indonesia pada Siswa SMA

Moh Rizki Nurdiansyah, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Seiring berkembangnya zaman, aplikasi media pembelajaran tentunya juga terus berkembang. Seperti halnya aplikasi Canva, aplikasi yang dibekali ribuan template editing itu bisa bermanfaat sebagai sarana belajar. Salah satunya untuk menunjang pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa SMA. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk memanfaatkan aplikasi Canva untuk menunjang pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research), yakni penelitian yang dilakukan dengan cara pengumpulan data yang terdapat dalam sumber-sumber tertulis yang telah dipublikasikan, seperti buku, artikel, jurnal dan lain sebagainya. Data yang diambil oleh peneliti adalah data-data yang bersinggungan dengan topik pembahasan, seperti media pembelajaran, mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan aplikasi Canva. Kemudian penelitian ini memaparkan implementasi dan peran aplikasi Canva sebagai sarana penunjang pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kata kunci— Pemanfaatan aplikasi Canva, Mata pelajaran bahasa indonesia, Siswa SMA

 

 

Abstract— Along with the development of the times, the application of learning media of course also continues to grow. Like the Canva application, this application, which is equipped with thousands of editing templates, can be useful as a learning tool. One of them is to support learning Indonesian for high school students. The purpose of this research is to utilize the Canva application to support learning Indonesian subjects. The research method used in this research is library research, namely research conducted by collecting data contained in published written sources, such as books, articles, journals and so on. The data collected by the researchers is data that intersects with the topic of discussion, such as learning media, Indonesian subjects, and the Canva application. Then this study describes the implementation and role of the Canva application as a means of supporting learning in Indonesian subjects.

Keywords— Utilization of the Canva application, Indonesian language subjects, high school students.


Keywords


Utilization of the Canva application, Indonesian language subjects, high school students.

Full Text:

PDF

References


Suwito., & Syakur, A. (2023). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Aplikasi Canva di SMA N 1 Krian Sidoarjo. Pancasona (Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora), 2(1), 2985-6213. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i1.6888.

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Indonesia: Yayasan Kita Menulis.

Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmaharti, D., Juniarso, T., & Wardani, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Manggali, 1(1), 46-57. Doi https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. Doi http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1). Doi https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706.

Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning sebagai Media Pembelajaran Conversation pada Homey English. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 9(3), 493-509. Doi https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884.

Mudinillah, A., & Isnain, D. N. I. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 55-65.

Riono, R., & Fauzi, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pai-Bp di SD Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 117-127.

Nurasa, A., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2022). Tinjauan Kritis terhadap Ontologi Ilmu (Hakikat Realitas) dalam Perspektif Sains Modern. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 181-191. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.396.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.