Pemanfaatan Google Site sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web

Azarina Rossy Salasa, Cahyo Hasanudin

Abstract


   abstrak—Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, metode pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan zaman yang terjadi. Peningkatan teknologi di era Industri 4.0 telah menghasilkan kemajuan yang signifikan dalam pengembangan platform pembelajaran online (Santosa, dkk., 2020). Dalam konteks pembelajaran online saat ini, Google Sites menjadi salah satu media yang memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran secara virtual (Linola, dkk., 2017). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan media pembelajaran matematika berbasis web menggunakan Google Sites dalam membantu peserta didik belajar secara mandiri serta mudah selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak, bebas, libat, cakap, dan catat. Dalam analisis data, peneliti menggunakan metode distribusi atau metode agih. Dalam penelitian ini, digunakan teknik validasi data yang dikenal sebagai teknik triangulasi sumber.

Kata kunci— Matematika, Media Pembelajaran, Google Site.

 

    Abstract—With technological advances that continue to develop, learning methods must be adapted to the times that are happening. Technological improvements in the Industry 4.0 era have resulted in significant progress in the development of online learning platforms (Santosa, et al., 2020). In the current context of online learning, Google Sites is one of the media that facilitates the implementation of virtual learning (Linola, et al., 2017). The purpose of this research is to evaluate the effectiveness of web-based mathematics learning media using Google Sites in helping students learn independently and easily during distance learning. This research uses the method of library research (library research). The method of collecting data in this study uses listening, free, involved, proficient, and note-taking techniques. In data analysis, researchers used the distribution method or the distribution method. In this study, a data validation technique known as source triangulation technique was used.

Keywords— Mathematics, Learning Media, Google Site.


Keywords


Mathematics, Learning Media, Google Site.

Full Text:

PDF

References


Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan media pembelajaran google site dalam pembelajaran bahasa inggris kelas V SD. 6(2), 1–7. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891

Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam membuat diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1–7. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881

Ismawati, I., Mutia, N., Fitriani, N, Masturoh, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis web menggunakan google sites pada materi gelombang bunyi. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2 (2): 140-146. https://doi.org/10.30998/sch.v2i2.4348

Kadafi, T. T., & Kadafi, T. T. (2021). Integrasi google art and culture dan google sites sebagai media pembelajaran widyawisata pada pembelajaran penulisan puisi media for writing poetry learning. 23–28. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1100

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20201

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas pembelajaran google classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Jurnal ilmiah profesi pendidikan pengembangan media pembelajaran fisika berbasis google sites untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik sma. 7(September), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di indonesia (studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Wulandari, A. W., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2022). Pengaruh multimedia interaktif berbasis google sites pada materi usaha dan energi untuk peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 83–88. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i2.8860


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.