Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Model Penilaian Diagnostik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA

Aghnina Nuriyana, Ummu Dwi Firlisa, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai model penilaian diagnostik pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (Library Research) dengan data penelitian berupa data sekunder dengan data penelitian yang relevan. Data bersumber dari buku terbitan Indonesia dan luar negeri, serta artikel hasil penelitian yang sudah dipublikasi dalam jurnal nasional maupun internasional. Penelitian ini menggunakan teori Mary W George penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai model penilaian diagnostik pembelajaran bahasa Indonesia siswa SMA dapat memanfaatkan dengan strategi yang digunakan adalah: a) mengungkapkan gagasan mengenai peran aplikasi quizizz untuk model penilaian diagnostik, b) penggunaan aplikasi quizizz sebagai media tambahan belajar agar guru mengetahui kemampuan masing-masing siswa. Aplikasi ini dimulai dengan menu login setelah login maka aplikasi akan mengarahkan ke menu yang lain.

Kata kunci— Penilaian Diagnostik, Bahasa Indonesia, Siswa SMA, Aplikasi Quizizz

 

Abstract— This study aims to determine the use of the quizizz application as a diagnostic assessment model in high school students' Indonesian language learning. This research is a literature study (Library Research) with research data in the form of secondary data with relevant research data. Data comes from books published in Indonesia and abroad, as well as research articles that have been published in national and international journals. This study uses Mary W George's theory. This research concludes that in utilizing the quizizz application as a diagnostic assessment model for learning Indonesian, high school students can utilize the strategies used are: a) expressing ideas about the role of the quizizz application for a diagnostic assessment model, b) using the quizizz application as an additional learning medium so that teachers know the abilities of each student. This application starts with the login menu after logging in, the application will direct to another menu.

Keywords— Diagnostic Assessment, Indonesian, High School Students, Quizizz Application


Keywords


Diagnostic Assessment, Indonesian, High School Students, Quizizz Application

Full Text:

PDF

References


Abidin, M., & Heri, R. (2019). A Diagnosis of Difficulties in Answering Questions of Circle Material on Junior High School Students. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(2). 144-155. https://doi.org/https:doi.org/10.21831.pep.v23i2.16454.

Astra, I. M., & Jannah, M. (2012). Pengaruh model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing terhadap hasil belajar fisika dan karakter siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i2.2153.

Firmanzah, D., & Sudibyo, E. (2021). Implementasi asesmen diagnostik dalam pembelajaran ipa pada masa pandemi covid-19 di smp/mts wilayah menganti, gresik. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 165-170. Retreived from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/37361.

Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus.

Nasution, S, W. (2021). Assesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Mahesacenter, 1(1), 135-142. DOI: https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181.

Permata, J, L, Sukestiyarno, YI, & Hindarto, N, (2017). Analisis representasi matematis ditinjau dari kreatifitas dalam Pembelajaran cps dengan assesmen diagnostik. Unnes journal of mathematics Education research, 6(2), 233-241. Retreived from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/20602.

Rahman, A. (2017). Analisis Pemahaman Guru Tentang Asesmen Pembelajaran Matematika Tingkat SMP Negeri dan Swasta Di Kabupaten Maros. Open Science Framework, 1-29. Https://doi.org/https:doi.org/10.17605.OSF.IO/W8ZT9.

Rahman, T. (2019). Pelaksanaan program pendidikan karakter religius siswa di sma negeri 4 pamekasan. Retrieved from http://opacperpus.iainmadura.ac.id/index.php?p=show_detail&id=18285&keyword.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53. Retrieved from https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555.

Sawarjuwono, T & Kadir, A. P. (2003). Intellectual Capital: Perlakuan, Pengukuran dan Pelaporan (Sebuah Library Research). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 35-57. Retrieved from https://jurnalakuntasi.petra.ac.id/index.php/aku/article/view/15699.

Suciati, R., & Amirulloh, G. (2017). Literasi Asesmen IPA, Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan. 110-118. https://doi.org/https:doi.org/10.21009/JKKP.

Sulastri, S., Supriyati, Y., & Margono, G. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Lintas Minat Kimia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 722-733. Retrieved from: https://doi.org/http:doi.org/10.30998prokaluni.v2i0160.

Supranoto, H. (2015). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36-49. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.141.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta, Indonesia: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.