Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa SMA dengan Media Spotify

Devi Ayu Febriani, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan pendidik untuk menyampaikan materi. Untuk meningkatkan perkembangan teknologi, pembelajaran hadir dengan berbagai bentuk, salah satunya adalah spotify. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan public speaking siswa SMA dengan media spotify. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi pustaka (library research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisis sumber data. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari artikel hasil penelitian yang sudah dipublikasi dalam jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini memaparkan tentang implementasi dan peran media spotify untuk pembelajaran public speaking siswa SMA. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan spotify sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan public speaking siswa SMA.

Kata kunci—Kemampuan public speaking, Siswa SMA, Media Spotify

 

Abstract—Learning media is a tool that educators can use to convey material. To enhance technological development, learning comes in various forms, one of which is Spotify. The purpose of this study is to improve high school students' public speaking with Spotify media. The method used in this study is the library research method, which is research conducted by analyzing data sources. The data source used is secondary data obtained from research articles that have been published in national journals. The results of this study describe the implementation and role of Spotify media for public speaking learning for high school students. The conclusion of this study is the use of Spotify as a learning medium can improve high school students' public speaking.

Keywords— Improving public speaking, high school students, Spotify media


Keywords


Improving public speaking, high school students, Spotify media

Full Text:

PDF

References


Bonar Charles. 2008. The Power of Public Speaking: Kiat Sukses Berbicara di Depan Publik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Faradinna, N. (2020). Peran podcast dalam membangun knowledge society. 10.17933/diakom.v3i2.82

Farhan, M. (2022). Penggunaan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia. Estetika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 64–71. https://doi.org/10.36379/estetika.v3i2.201.

Fitria Ayu, R. (2022). Public speaking. Ikraith-Abdimas, 1, 74. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.9768.

Ghufron, Nur, dan Risna wita Rini. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Girsang, L. R. M. (2018). ‘Public Speaking’Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif (Kegiatan Pkm Di Sma Kristoforus 2, Jakarta Barat). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2). https://doi.org/10.36339/je.v5i3.463

Gunawan, S. P. I., Murtopo, S. E., Nasrudin, S. H., & Ap, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Google Podcast. Cv. Pusdikra Mitra Jaya.

Hakim, M. A. R. (2016). Pengembangan Materi Bahan Ajar Public Speaking Berbasis Communicative Language Teaching Bagi Mahasiswa di Indonesia. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 229–238. https://doi.org/10.1161/MHJ.V4I3.187

Hakim, MAR. (2016). Pengembangan materi bahan ajar Public Speakingberbasis communicative language teaching bagi mahasiswa di Indonesia. Manhaj. 4(3). 229-237.

Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan motivasi dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas i melalui media aplikasi bamboomedia bmgames apps. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1-13. Doi https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618

Julinar, J., & Yusuf, F. N. (2019). Flipped Learning Model: Satu Cara Alternatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(3), 366-373. https://doi.org/10.20884/1.paju.2022.4.1.6560

Kulsum, N. M. (2017). Modul public speaking. 1–65. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i2.1189

Lee, M. J. W., & Chan, A. (2007). Pervasive, lifestyle-integrated mobile learning for distance learners: an analysis and unexpected results from a podcasting study. 22(3), 201–218. https://doi.org/10.1080/02680510701619810

Puspa, P. N. A. (2020). Perkembangan Radio Suara Surabaya Tahun 1983-2019. Avatara: E-Journal Pendidikan Sejarah, 9(2), 1-14.

Rif’ati, M. I. (2019). Manfaat Kepercayaan Diri Berbicara Didepan Umum Bagi Siswa. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5719

Rochmah, N. L. (2022). Alih Wahana Cerpen Menjadi Sandiwara Siniar sebagai Bentuk Inovasi Pembelajaran Apresiasi Cerpen. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(1), 38-48. https://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/297.

Shalihah, Marfuatus, (2014). Program Kegiatan Muhadarah Dalam Mengasah Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. [Yogyakarta: Tesis UIN Sunan Kalijaga]. https://doi.org/10.34001/an.v10i2.787

Sirait, C. B. (2007). The power of public speaking: kiat sukses berbicara di depan publik. Gramedia Pustaka Utama.

Wati, S. N. Q., & Utami, R. D. (2022). Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Quantum Teaching. Jurnal Basicedu, 6(3), 4539- 4548. Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2871


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.