Peran Komik sebagai Saarana Edukasi Siswa Sekolah Dasar

Vivi Putri Octavia, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Komik merupakan salah satu media visual yang mampu menyampaikan informasi melalui media gambar, sehingga pesan yang disampaikan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang peran komik sebagai media edukasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan metode studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan data dari analisis ini menggunakan data skunder yang bersumber dari artikel penelitian yang sudah dipublikasi dalam jurnal nasional dengan judul yang sudah ditentukan. Teknik analisis data menggunakan metode distribusional dengan mencocokan ide yang dikembangkan terkait sumber referensi dari jurnal dan buku. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang peran komik sebagai sarana media edukasi siswa sekolah dasar. Simpulan dari penelitian ini yaitu perencanaan (design) dan pengembangan (development) yang dapat meningkatkan siswa agar lebih aktif serta memotivasi siswa sehingga menumbuhkan minat belajar pada siswa.

 

Abstract— Comics is a visual medium that is capable of conveying information through image media, so that the message conveyed is esay to understand. This study aims to analyze the role of comics as an educational medium for elementay school students. This research is a library research method. Data collection techniques from this analysis use secondary data sourced from research articles that have been published in national journals with predetermined titles. The data analysis technique uses the distributional method by matching the ideas developed with refence sources from journals amd books. The results of this study explain the role of comics as a means of educational media for elementary school students. The conclusions form this study are planning (design) and development (development) which can increase students to be more active and motivate students so as the fpster interest in learning in students


Keywords


Educational media, comic role, elementary school

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F., Sutaryono, S., Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan media edukasi “Multimedia Indonesian Culture”(MIC) sebagai penguatan pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127-136. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i2.12368 .

Ani, N. I., & Lazulva, L. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 87-105. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161 .

Hasanudin, C. (2016). Eksperimentasi strategi belajar PQ4R dengan media komik terhadap keterampilan membaca pemahaman cerita anak pada siswa kelas VII SMP. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 136-142. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i2.3998 .

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Kuningan: Hidayatul Quran.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71 .

Putra, G. L. A. K., & Yasa, G. P. P. A. (2019). Komik sebagai sarana komunikasi promosi dalam media sosial. Jurnal nawala visual, 1(1), 1-8.https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i1.1 .

Rahim, R., Siregar, R. F., Ramadhani, R., & Anisa, Y. (2022). Implementasi Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di SD Amalyatul Huda Medan. Jurnal abdidas, 3(3), 519-524. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.621 .

Rahmawati, I. Y. (2017). Komik Sebagai Inovasi Dalam Pengenalan Keterampilan Menulis Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 2(2), 62-69. https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1970 .

Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113-121. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425 .

Wahidin, U. (2017). Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v4i07.63 .

Widyastuti, R., & Puspita, L. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi pada matpel IPA tematik kebersihan lingkungan. Paradigma–Jurnal Informatika dan Komputer, 22(1), 95-100. https://doi.org/10.31294/p.v21i2 .

Windawati, R., & Koeswanti, H., D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027-1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835 .

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.