Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Siswa di Sekolah Menengah Atas

Asrul Cici Khumairoh, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—TikTok merupakan aplikasi yang dapat memposting video berdurasi hingga tiga menit. Aplikasi ini diminati oleh berbagai tingkatan usia. Penelitian ini dilakukan untuk memahami cara memanfaatkan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa di sekolah menengah atas. Penelitian ini penulis mengimplementasikan metode studi pustaka. Data penelitian ini bersumber dari data sekunder mengarah pada topik pembahasan yaitu siswa sekolah menengah atas, keterampilan berbicara, dan aplikasi TikTok. Data tersebut berasal dari buku dan terbitan artikel-artikel. Untuk menganalisis, penelitian ini menerapkan teknik deskriptif. Teori triangulasi digunakan dalam teknik validasi dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini yaitu pemaparan strategi pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai pengembangan kemampuan berbicara siswa di sekolah menengah atas. Diharapkan dengan inovasi ini dapat memudahkan guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan menjadikan siswa sebagai individu yang berani untuk menyampaikan gagasan, serta menjadi generasi berbahasa runtut, komunikatif, dan mudah dipahami.

Kata kunci—Keterampilan berbicara, siswa SMA, aplikasi TikTok

 

 

Abstract—TikTok is an application that can post videos up to three minutes long. This application is in demand by various age levels. This research was conducted to understand how to use the TikTok application as a learning medium to develop students' speaking skills in senior high schools. In this study the authors implemented the literature study method. The research data is sourced from secondary data which leads to the topic of discussion, namely high school students, speaking skills, and the TikTok application. The data comes from books and published articles. To analyze, this study applies descriptive techniques. Triangulation theory is used in the validation technique in this research. The results of this study are the exposure of the strategy for using the TikTok application as the development of students' speaking skills in high schools. It is hoped that this innovation will make it easier for teachers to improve students' speaking skills and turn students into individuals who dare to convey ideas, as well as become a generation of coherent, communicative, and easy-to-understand languages.

Keywords—Speaking skills, high school students, TikTok app


Keywords


Speaking skills, high school students, TikTok app.

Full Text:

PDF

References


Agis, D. P. (2021). Penggunaan aplikasi TikTok dan efeknya terhadap perilaku keagamaan remaja islam di Kelurahan Waydadi Baru Kecamatan Sukarame (Doctoraldissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15053.

Aji, W. N. (2018, December). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia 431, 431-440.

Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Metafora: jurnal pembelajaran bahasa dan sastra, 6(1), 147-157. http://dx.doi.org/10.30595/mtf.v6i1.7824.

Bahri, A., Damayanti, C. M., Sirait, Y. H., & Alfarisy, F. (2022). Aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran bahasa inggris di indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(01), 120-130. https://doi.org/10.33005/scan.v15i3.2263.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan media sosial Tiktok sebagai media promosi industri kuliner di Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132.

Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2020). Peningkatan minat dan hasil belajar keterampilan berbicara menggunakan metode mind map pada mahasiswa kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro tahun akademik 2019/2020. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 263-276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687.

Dewi, M. I., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan aplikasi TikTok untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(1), 55-63. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1220.

Gatra, I. M. (2018). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMA Dwijendra Gianyar melalui model pembelajaran contextual teaching and learning. Journal of Education Action Research, 2(4), 322-330. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16323.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) 4(1), 343-347. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902/785.

Maulana, A. I. (2020). Pemanfaatan media YouTube dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 348-353. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/340.

Maylanie, E. P. (2022, July). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa SD dengan menggunakan metode show and tell. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1004-1012. retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1449.

Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123-132. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229.

Nikmah, D. A. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Analisis keterampilan berbicara pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1103.

Oktaviani, N. R., & Hasanudin, C. (2022, July). Meningkatkan minat keterampilan berbicara mahasiswa dengan aplikasi plotagon. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 258-263. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1307.

Puspitasari, W. D. (2015). Metode pembelajaran bermain peran dalam meningkatkan kemampuan ekspresif drama pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1), 266395. https://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i1.347.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Jakarta, Indonesia: Litbangdiklat Press.

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran daring. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 425-436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406.

Rezeki, N., Syahrial, S., & Surya, Y. F. (2019). Peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan model kooperatif think pair share. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 946-954. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.301.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Sawarjuwono, T & Kadir, A. P. (2003). Intellectual capital: Perlakuan, pengukuran dan pelaporan (sebuah library research). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 35-57. https://doi.org/10.9744/jak.5.1.pp.%2035-57.

Simarmata, M.A.Q. (2017). Keterampilan berbicara menjadi sebuah profesi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(1), 1-9. https://doi.org/10.31571/bahasa.v6i1.395.

Subhayni, S., Sa’adiah, S., Armia, A. (2017). Keterampilan Berbicara. Banda Aceh: Syiah Kuala University Aceh.

Susanti, E. (2020). Keterampilan Berbicara. Depok: Rajawali Pers.

Taubah, M., & Hadi, M. N. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran maharah kalam. Jurnal Mu’allim, 2(1), 57-65. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i1.2201.

Ulfaida, N., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan aplikasi wattpad sebagai penunjang pembelajaran menulis cerpen di SMA untuk mendukung gerakan merdeka belajar. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri), 1(1), 1-9. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1266.

Wafroturrohmah, W., & Sulistiyawati, E. (2019). Manfaat kegiatan ekstra kurikuler dalam pengembangan kompetensi sosial siswa SMA. Manajemen Pendidikan, 13(2), 147-155. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7482.

Yusmuliadi, Y., & Agustang, A. (2021). Peranan osis dalam membentuk karakter peduli sosial siswa di SMA Negeri 3 Barru. Pinisi Journal of Sociology Education Review, 1(1), 44-53. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3274335&val=28750&title=PERANAN%20OSIS%20DALAM%20MEMBENTUK%20KARAKTER%20PEDULI%20SOSIAL%20SISWA%20DI%20SMA%20NEGERI%203%20BARRU.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.