Dampak Globalisasi Terhadap Gaya Berbicara Generasi Z

Monika Putri Anjarwati, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Globalisasi adalah proses integrasi yang melintasi batas-batas nasional dan menghubungkan negara di seuruh dunia. Globalisasi membawa perubahan signifikan dalam cara generasi Z berinteraksi dan berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui cara gaya berbicara generasi Z era globalisasi. Metode penelitian yang dapat digunakan untuk mengkaji penelitian ini adalah metode kajian pustaka(library Reasearch) yang menggunakan berberapa jurnal sebagai sumber utama metode penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan catatan dan data deskripsi untuk menghasilkan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh globalisasi telah membawa perubahan dalam gaya berbicara generasi Z. Simpulan penelitian ini bahwa gaya bicara generasi Z cenderung santai dan menggunakan bahasa yang lebih informal.

Kata kunci— Globalisasi, generasi Z, gaya berbicara.

 

 

Abstract— Globalization is a process of integration that crosses national boundaries and connects countries around the world. Globalization brings significant changes in the way Generation Z interacts and communicates. The purpose of this study is to find out the style of speaking for Generation Z in the globalization era. The research method that can be used to review this research is the library research method which uses several journals as the main source of this research method. This study uses a qualitative type of research method, namely research that uses notes and descriptive data to produce information. The results of this study indicate that the influence of globalization has brought changes in the speaking style of generation Z. The conclusion of this study is that the speech style of generation Z tends to be relaxed and uses more informal language.

Keywords— Globalization, generation Z, speaking style.


Keywords


Globalization, generation Z, speaking style.

Full Text:

PDF

References


Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-80. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33.

Artha, C. (2019). Analisis Campur Kode Pada Talkshow Hitam Putih Di Trans 7 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). Retrieved from https://repository.uir.ac.id/7576/1/156210220.pdf.

Asri Agustiwi, S. H. (2016). Hukum sebagai instrumen politik dalam era globalisasi. Rechtstaat Nieuw, 1(01), 45-57.Retrieved fromhttp://unsa.ac.id/ejournal/index.php/rechtstaat-niew/article/download/155/102.

Boro, M. T. (2015). EFEK TAYANGAN GANTENG-GANTENG SERIGALA DALAM MEMPENGARUHI GAYA BERBICARA REMAJA DI KOTA SAMARINDA. Ejournal Ilmu Komunikasi, 3, 531-545. Retrieved from https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/03/JURNAL%20(03-26-15-04-42-07).pdf.

Fadlila, N. A., & Hasanudin, C. (2022). Strategi Mengenalkan Karya Sastra Indonesia Kepada Generasi Milenial. In Prosiding Seminar Nasional Daring:Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 301-305. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/download/1242/pdf.

Fajrie, M. (2017). Gaya Komunikasi Masyarakat Pesisir Wedung Jawa Tengah. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 53-76.https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.53-76.

Fakhiroh, A., & Hidayatullah, S. (2018). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Ketrampilan Berbicara. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 34-46.http://dx.doi.org/10.24235/ibtikar.v7i1.3065.

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan karakter bagi generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA). Jakarta, 23-25. Retrieved from http://www.appptma.org/wp-content/uploads/2019/08/34.-Pendidikan-Karakter-Bagi-Generasi-Z.pdf.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28.https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678.

Hastini, L. Y., Chairoel, L., & Fitri, M. E. Y. (2021). Analisis Peranan Literasi Teknologi dan Informasi Sebagai Variabel Moderating dalam Hubungan Extraversion dan Perencanaan Karier Generasi Z di Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 74-83. Retrieved from http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/JEBD/article/view/178.

Hasymi, E. (2021). Strategi Meningkatkan Kinerja Aparat Sipil Negara Era Globalisasi dilingkungan Organisasi Pemerintah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 5(3), 85-89. https://doi.org/10.36057/jips.v5i3.508.

Hendrastomo, G. (2007). Nasionalisme vs Globalisasi ‘Hilangnya’semangat kebangsaan dalam peradaban modern. Dimensia: Jurnal kajian sosiologi, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.21831/dimensia.v1i1.3395.

Hudi, I., Noviola, D. S., & Matang, M. (2022). Globalisasi dan Gadget Dikalangan Anak Usia Dini: Dampak Penggunaan, Peran Orang Tua dan Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14837-14844. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4762.

Khairuni, N. (2016). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap pendidikan akhlak anak (studi kasus di smp negeri 2 kelas viii banda aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91-106. http://dx.doi.org/10.22373/je.v2i1.693.

Kholis, N. (2021). Dakwah virtual, generasi Z dan moderasi beragama. IQTIDA: Journal of Da'wah and Communication, 1(02), 155-168. https://doi.org/10.28918/iqtida.v1i02.4525.

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.

Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544-1550. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1134.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257.Retrieved fromhttps://www.ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115/115

Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 1-14. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/7506.

Panuntun, I. A. (2020). Analisis campur kode pada gaya bicara anak muda. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(2), 133-139. Retrieved from

https://scholar.archive.org/work/atzzoe6xfnhzzfa6jgs3lvzpue/access/wayback/http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/download/6804/pdf .

Rohman, M. T., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2023, January). Penggunaan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kalangan Generasi Z. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi 1(1), 160-167. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/article/view/1507.

Rosita, F. Y. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Berbicara Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 25-37.https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2445.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.