Faktor Penyebab Kesulitan Berhitung pada Pelajaran Matematika

Titania Virnanda Salsabila, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Kesulitan belajar adalah salah satu arti dari kemampuan siswa yang tidak dapat  menyelesaiakan tugas yang di berikan oleh pendidik kepada sesorang peserta didik (Yeni,2015). Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research), yaitu metode pengumpulan data  dari buku,  ataupun jurnal ilmiah, yang sudah layak di jadikan sumber untuk penelitian (Moto, 2019). Kesulitan dalam berhitung ini biasanya disebabkan karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami serta belum mampu untuk mengguasai konsep matematika, Penelitian ini membahas tentang faktor yang memperngaruhi kesulitan berhitung pada pelajaran matematika.

Kata kunci—kesulitan berhitung, faktor penyebab kesulitan, matematika

 

 

Abstract— Learning difficulties are one meaning of the ability of students who cannot complete assignments given by educators to students (Yeni, 2015). This research uses the library research method, which is a method of collecting data from books or scientific journals, which are appropriate sources for research (Moto, 2019). Difficulty in counting is usually caused because students have difficulty understanding and have not been able to master mathematical concepts. This study discusses the factors that affect numeracy difficulties in mathematics.

Keywords— arithmetic difficulty, difficulty factor, mathematics


Keywords


arithmetic difficulty, difficulty factor, mathematics

Full Text:

PDF

References


Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123-133. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414.

Ameliya, R. R., & Setyawan, A. (2020). Analisis Penyebab Kesulitan Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN Socah 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 319-328. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1055.

Cahyono, H. (2019). Faktor-faktor kesulitan belajar siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1-4. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636.

Carolina, D. L., Safitri, N., & Sukmanasa, E. (2020). Analisis motivasi belajar peserta didik kesulitan berhitung permulaan. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 64-69. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v12i2.2936.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Pautina, A. R. (2018). Aplikasi teori gestalt dalam mengatasi kesulitan belajar pada anak. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 14-28. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/503/408.

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68-84. Retrieved from http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96/88.

Priyantoko, P., & Hasanudin, C. (2022, July). Digitalisasi bahan ajar bahasa indonesia untuk meningkatkan keterampilan 5c siswa di era society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 356-365). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1326.

Priyono, Y. (2012). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi pada mading di Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rahmah, D. A., & Abadi, A. P. (2020). Kesulitan belajar siswa pada proses pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1d), 945-949. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2569/1945.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. http://repository.uin-malang.ac.id/1133/

Said, M. S. (2021). Kurangnya motivasi belajar matematika selama pembelajaran daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7-11. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1047.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1. Retrieved from https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193.

Umar, N., & Wiguna, W. (2020). Gamifikasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar Negeri Sindangmulya II. eProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 1(1), 231-241. Retrieved from http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/232/126.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311.

Wahyudi, A. B., Fitriani, D., Purba, B., & Purnomo, E. (2021). Proses transformasi kalimat dalam buku bacaan anak kelas tinggi. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 192-205. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.6249.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2). Retrieved from http://www.jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/231.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.