Implementasi Strategi 3W2H untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Siswa Kelas XI SMA Nurul Ulum Gayam

Muhammad Singgih Pitono, Cahyo Hasanudin, Nur Rohman

Abstract


abstrak—Tingkat kesulitan yang dialami oleh siswa dalam kegiatan menulis kreatif puisi sangat merepotkan karena faktor utama dalam diri siswa yang menyebabkan rendahnya nilai saat kegiatan menulis kreatif puisi. Siswa juga kurang bersemangat dalam pelajaran bahasa Indonesia karena kemalasan dan rasa kurang ingin tau yang mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pelajaran tersebut. Maka dilakukanlah kegiatan menulis kreatif puisi menggunakan strategi 3W2H supaya siswa bisa meningkatkan kemampuannya dan menekan supaya siswa mau belajar dan fokus agar kemampuan imajinasinya mampu disalurkan dengan baik agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Dalam kegiatan proses pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis kreatif puisi siswa nantinya membutuhkan 4 kegiatan meliputi, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Nantinya kegiatan tersebut di lakuakn test uji berupa pra-siklus, siklus I dan siklus II untuk mengetahui hasil kemampuan siswa dalam kegiatan peningkatan menulis kreatif puisi untuk tau keberhasilan yang akan didapatkan dengan menggunakan strategi 3W2H.saat menjalankan pada uji  kegiatan pra-siklus siswa masih kategorikurang dengan nilai rata-rata 64, selanjutnya dalam kegiatan siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 73, kemudian waktu uji siklus II berlansung nilai rata-rata siswa mencapai angka 80. Melihat dari hasil tersebut, kegiatan menulis kreatif puisi siswa menggunakan strategi 3W2H untuk meningkatkan kemampuan siswa mampu membantu proses pembelajaran bahasa Indonesia dan mengangkat kemampuan siswa dalam proses belajar yang sedang berlangsung dengan tahap yang cukup baik.

Kata kunci—Strategi 3W2H, Menulis Kreatif, SMA Nurul Umam Gayam

 

Abstract— The level of difficulty experienced by students in poetry creative writing activities is very troublesome because of the main factors within students that cause low scores in poetry creative writing activities. Students are also less enthusiastic in Indonesian lessons because of laziness and lack of curiosity which results in students being less active in the lesson. So creative writing poetry activities are carried out using the 3W2H strategy so that students can improve their abilities and press so that students want to learn and focus so that their imagination abilities can be channeled properly so they can get the desired results. In the process of learning Indonesian in writing creative poetry students will need 4 activities including planning, implementing, observing and reflecting. Later this activity will be carried out with tests in the form of pre-cycle, cycle I and cycle II to find out the results of students' abilities in activities to improve creative writing poetry to know the success that will be obtained by using the 3W2H strategy. with an average score of 64, then in the first cycle of activities the average student score reached 73, then when the second cycle test took place the average student score reached 80. Judging from these results, students' poetry creative writing activities used the 3W2H strategy to improve the ability of students to be able to help the Indonesian language learning process and raise students' abilities in the ongoing learning process at a fairly good stage.

Keywords— 3W2H Strategy, Creative Writing, Nurul Umam Gayam High School


Keywords


3W2H Strategy, Creative Writing, Nurul Umam Gayam High School

Full Text:

PDF

References


Arianti, R. (2020). Pelatihan menulis kreatif puisi pada siswa kelas tinggi sd negeri 006 rambah kabupaten rokan hulu. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 1(1), 1-5. https://doi.org/10.56313/jmnr.v1i1.1

Arida, E., Susetyo, S., & Yulistio, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Persuasi dengan Menggunakan Teknik Pemodelan Siswa Kelas VIII SMPN L Sidoharjo Kabupaten Musi Rawas. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 21-30. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i1.9688

Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69-88. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Citraningrum, D. M. (2016). Menulis Puisi Dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1). DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v1i1.75

Denastiti, B., Anggraini, T. R., & Saputro, E. (2020). Menulis puisi berbasis musik pop. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(1). http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i1.596

Ekasari, A. D., Nuryatin, A., & Suwito, W. (2014). Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui strategi pikir plus dengan menggunakan media gambar peristiwa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v3i1.3984

Erniati, E. (2023). Kajian Sosiologi Sastra Dalam Puisi Kandai Karya Deasy Tirayoh. Asas: Jurnal Sastra, 7(1). https://doi.org/10.24114/ajs.v7i1.9482

Febriani, Y., & Putri, M. (2022). KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP N 2 KOTA SOLOK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. JELISA (Jurnal Edukasi dan Literasi Bahasa), 3(2), 237-247. https://doi.org/10.36665/jelisa.v4i2.732

Hamsiah, A. (2020). Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui penerapan metode mind mapping pada mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan kota makassar. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching and Science, 2(3), 51-64. https://doi.org/10.52208/klasikal.v2i3.82

Hasan, H. (2022). Penerapan metode field trip dalam menulis puisi siswa kelas x. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 27-33. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.135

Hidayat, G. T., & Indihadi, D. (2018). Teknik akrostik dalam penulisan puisi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 103-109. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i2.7233

Ilmiyah, Z. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF DENGAN TEKNIK 3W2H PADA SISWA KELAS VIII A MTs Negeri 2 LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 13-26. https://doi.org/10.52166/pentas.v8i2.3503

Imran, M. C., Syukriady, D., & Erniati, E. (2023). Penguatan Pembelajaran Apresisasi Sastra Melalui Pelatihan Membaca Puisi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 481-485. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12298

Indra, A. B., Darussalam, F. I., & Agustan, A. (2022). Penerapan model peta konsep dalam menulis puisi pada peserta didik sekolah menengah pertama. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya, 9(1), 100-111. https://doi.org/10.30738/caraka.v9i1.12169

Jamilah, N., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif ‘POST’dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi untuk Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 14-23. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.28

Kaso, N., Mariani, M., Ilham, D., Firman, F., Aswar, N., & Iksan, M. (2021). The Principal’s Leadership: How to Improve the Quality of Teaching and Learning Process in State Junior High School of Luwu. Jurnal Ad’ministrare, 8(1), 49–58. https://doi.org/10.26858/ja.v8i1.19126

Kosmajadi, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Teknik Pemetaan Pikiran. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i1.342

Kusrianti, A., & Suharto, V. T. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan multimedia untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 145-152. http://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5736

Kusrianti, A., & Suharto, V. T. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan multimedia untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 145-152. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.159

Lestari, A. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 214-225. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225

Maulidah, T. (2020). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media gambar. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 2(01), 64-70. https://doi.org/10.55273/karangan.v2i01.46

Mijianti, Y., & Puspitosari, E. P. (2019). Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Metode Take and Give Dengan Pemanfaatan Strategi 3w2h. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 149-160. https://doi.org/10.32528/bb.v4i1.1873

Mubarok, M. Z. (2020). Keefektifan pembelajaran menulis teks puisi menggunakan model think talk write (ttw) berbasis media gambar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kertanegara Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2019/2020. Sasindo, 8(2). https://doi.org/10.26877/sasindo.v8i2.6819

Mubarok, Z., & Darmawan, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Clustering Dalam Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sd Yapis 02 Manokwari. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 332-341. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.153

Muriyana, T. (2022). Kajian Sastra Bandingan: Perbandingan Aspek Citraan (Imagery) Dan Makna Dalam Puisi ‘Peringatan’karya Wiji Thukul Dengan Puisi ‘Caged Bird’karya Maya Angelou. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 217-227. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.4946

Oktaviana, E., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode picture and picture di kelas IV SDN Kalisari 03 Jakarta Timur. Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu), 1. http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2126.g1306

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan media gambar terhadap pembelajaran menulis puisi peserta didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193-205. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i1.7297

Sadeli, L. (2020). Pembelajaran Model Gambar Dan Sugesti Imajiner Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Dan Sastra. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 211-220. https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i1.408

Sakdiyah, H. (2010). Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (student team achievements division) untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Zaha I Genggong Probolinggo (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang). https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2871

Saptawuryandari, N. (2017). Analisis Semiotik Puisi Chairil Anwar. Kandai, 9(1), 95-104. https://doi.org/10.26499/jk.v9i1.286

Sebayang, S. K. H. (2018). Analisis struktur batin puisi sesamar kasih pencari rezeki karya Dwi Ayu Utami Nasution. Basastra, 7(1), 1-13. https://doi.org/10.24114/bss.v7i1.9318

Srimularahmah, A., & Marwil, A. N. (2021). Kemampuan menulis kreatif puisi siswa kelas XI SMA Negeri 24 Watampone. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3). http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2177

Sukma, E. (2007). Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa Kelas V SD Negeri Sumbersari III Malang dengan strategi pemetaan pikiran. Diksi, 14(1), 38-48. https://doi.org/10.21831/diksi.v14i1.6546

Sumarni, S., Asdar, A., & Hamid, S. (2020). Efektivitas Penerapan Teknik Clustering Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 1(1), 5-8. https://doi.org/10.35965/bje.v1i1

Tatalia, R. G., Laila, A., & Septia, E. (2022). Pembinaan Menulis Karya Sastra (Puisi) Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Secara Daring di SMK Kartini Batam. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11-17. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.246

Wakhyudi, Y., & Mulasih, M. (2018). Pembelajaran menulis puisi pada siswa sekolah dasar menggunakan model pembelajaran kreatif berbasis komunikatif. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 118-133. https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.308

Winarti, M., & Febriyana, M. (2019). Eksperimentasi Strategi Pembelajaran The Power Of Two Pada Materi Menulis Dongeng Dari Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UMSU. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 225-231. https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.3197

Winarti, W., & Izar, S. L. (2020). Eksperimentasi Model Pembelajaran Word Square Pada Mata Kuliah Mengidentifikasi Jenis-Jenis Puisi Dari Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP UMSU. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.30596/bahterasia.v1i1.3739

Yunita, S. E., Rasyid, R. E., & Takdir, M. (2021). Penerapan Metode Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Cakrawala Indonesia, 6(1), 36-43. https://doi.org/10.55678/jci.v6i1.436


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.