Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Media dalam Pembelajaran Menulis Puisi di Sekolah Menengah Atas

Nurul Samsunia, Cahyo Hasanudin

Abstract


 

Abstrak— Sma merupakan individu yang memasuki masa remaja dimana masa remaja sangat rentan mengalami permasalahan dalam dirinya.Tujuan dari penilitian ini adalah adanya aplikasi TikTok dapat membantu pembelajaran menulis puisi di Sekolah Menengah Atas. Metode penilitian ini menggunakan metode studi library research penilitian metode pustaka ialah teknik kegiatan yang berkenan dengan pengumpulan data pustaka. Sumber data yang di gunakan adalah sumber yang diperoleh dari internet dan buku-buku. Hasil dari penilitian ini menjelaskan tentang manfaat TikTok dalam pembelajaran menulis puisi.Simpulan dari penilitian ini adalah bahwa TikTok dapat menunjang pembelajaran menulis puisi di jenjang Sekolah Menengah Atas.

Kata kunci— Sekolah Menengah Atas, Menulis Puisi, Aplikasi TikTok.

 

 

Abstract— SMA is an Individual who enters adolescence where adolescence is very vulnerable to experiencing problems within himself. The purpose of this study is that the TikTok application can help learning to write poetry in high schools. This resesrch method uses the library research study method. Libray research method is an activity technique reated to library data collection. The data sources used are sources used are sourced obtained from the internet and books. The results of this study explain the benefith of TikTok in learning to write poetry. The conclusion from this study is thst TikTok can support learning to write poetry at the high school level.

Keywords— High School, Poetry Writing, TikTok Application.


Keywords


High School, Poetry Writing, TikTok Application.

Full Text:

PDF

References


Adisaputra, F., Budyartati, S., & HS, A. K. (2020). Hubungan penggunaan aplikasi tik tok dengan degradasi karakter siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 1-11. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1462/1203

Agis, D. P. (2021). Penggunaan aplikasi TikTok dan efeknya terhadap perilaku keagamaan remaja islam di Kelurahan Wydadi Baru Kecamatan Sukarame (Doctoraldissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15053

Dalimunthe,D. (2016).Kajian proses islamisasi di Insonesia (studi pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat , 12(1), 115-125. https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.4

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan media sosial Tiktok sebagai media promosi industri kuliner di Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132.

Dewi, M. I., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan aplikasi TikTok untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(1), 55-63. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1220

Hidayatullah, S., Puspitasari, NA, & Dewi, TU (2020). Telaah pembelajaran menulis puisi dengan cerita rakyat betawi berdasarkan pendekatan intertekstual. Jurnal Pendidikan Bahasa , 9 (2), 189-200.https://doi.org/10.31571/bahasa.v9i2.1715

Morgan, R. A. (2017). Sekolah Menengah Atas Negeri dengan Program Adiwiyata di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, UAJY). http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11425

Muawiyah, D., & Herlili, E. (2019). Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembangun Puisi Yang Dibaca Pada Siswa Kelas Viii Semester Ganjil Smp Negeri 1 Way Tuba Tahun Pelajaran 2018/2019. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 101-114. Retrieved from: http://eskrispi.stkippgribl.ac.id/.

Rahmawati. (2022). Penerapan model flipped classroom dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi melalui microsoft teams pada peserta didik kelas x sma n 2 pati tahun ajaran 2020/2021. Sasindo, 10(1). DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11264.

Syamsudin, S., & Sukmawati, L. (2021). PENGARUH APLIKASI TIK TOK TERHADAP HUBUNGAN SOSIAL MASYARAKAT INDONESIA DISAAT PANDEMI COVID-19 (Literature Review). NOUMENA: Jurnal Ilmu Sosial Humaniora dan Keagamaan, 2(2), 93-110. http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/N/article/view/441

Tamidaten,L., &Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problemetika dan solusinya). 10(2), 136-154. https://doi.org/lectura.v10i

Tamidaten,L.,&krismanto,W.(2020). Permasalahn budaya membaca di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problemetika &solusinya). Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan, 10(1),22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v1

Wirawan, G. (2017). Analisis Struktural Antologi Puisi Hujan Lolos di Sela Jari Karya Yudhiswara. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 39-44. Retrieved from: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/

Yuliandri, M. (2016). Hubungan motivasi belajar dalam keterampilan menulis puisi pada proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1). http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/91


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.