Peran Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah

Muliana Malika Anjiani, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Seorang guru memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran keberhasilan guru dapat dilihat dari tercapainya hasil akhir pembelajaran. Tujuan dari penelitian bahwa pentingnya peran seorang guru dalam pembelajaran matematika di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode studi kepustakaan (library research) yang mana penelitian ini diperoleh dari artikel hasil penelitian yang sudah dipublikasi dalam jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan tentang peran seorang guru sebagai sumber belajar, fasilitator, motivator, pembimbing, demonstrator dan evaluator. Simpulan penelitian ini bahwa peran guru sangat dibutuhkan dalam pembelajaran di Sekolah khususnya dalam pelajaran matematika.

Kata kunci—Pembelajaran Matematika, Sekolah, Peran guru

 

Abstract—A teacher has a very important role in the success of the learning process. In the learning process the success of the teacher can be seen from the achievement of the final learning outcomes. The purpose of the study is that the important role of a teacher in learning mathematics in the classroom. The method used in this study is a library research method in which this research was obtained from research articles that have been published in national journals. The results of this study are to explain the role of a teacher as a learning resource, facilitator, motivator, guide, demonstrator and evaluator. The conclusion of this study is that the teacher's role is needed in learning in schools, especially in mathematics.

Keywords—Mathematics Learning, School, Teacher's role


Keywords


Mathematics Learning, School, Teacher's role

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. (2007). Strategi pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 1-12. http://repository.ut.ac.id/4033/1/PKOP4301-M1.pdf.

Budiana, I., dkk. (2022). Strategi pembelajaran. Malang, Indonesia. CV Literasi Nusantara Abadi.

Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9-19. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jkkp/article/view/6451.

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82-88. http://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/1876.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285. https://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26.

Isrok'atun dan Rosmala A. (2018). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara

Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047.

Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Yogyakarta, Indonesia: CV Budi Utama.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 49-54. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/14954.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jpm/article/view/49.

Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65-73. http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/73

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). Doi https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184. https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/2198/1346.

Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1665.

Surya, E. (2012). Upaya pembelajaran matematika berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif. Jurnal Tematik, 1(08), 01-14. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/799.

Umasugi, H. (2020). Guru Sebagai Motivator. JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 29-38. http://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/7.

Willis, S. S. (2003). Peran guru sebagai pembimbing. Mimbar Pendidikan: Jurnal Pendidikan, 1.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60-65. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/7530.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.