Analisis Buku Bahasa Indonesia Kelas VI SD Karya Sukini Iskandar

Laily Zaitun Nukha, Lia Monika, Naily Asna Fadlila, Nurul Fatimah Endah Kurnia, Saikhul Umam, Umi Rona Anisah, Muhammad Sholehuddin, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Artikel ini membahas tentang pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar dengan menggunakan buku teks bahasa Indonesia kelas 6 karya Sukini Iskandar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aspek materi dan kebahasaan yang terdapat dalam buku tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaran dalam buku tersebut mencakup sembilan tema yang meliputi berbagai keterampilan berbahasa seperti mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Selain itu, aspek kebahasaan yang dibahas adalah ejaan dan struktur kalimat. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengajaran bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar.

Kata kunci—Bahasa Indonesia, pembelajaran, kelas IV SD

 

 

Abstract—This article discusses learning Indonesian at the elementary school level using a grade 6 Indonesian textbook by Sukini Iskandar. The purpose of this study is to analyze the material and linguistic aspects contained in the book. The research method used is descriptive qualitative research using data collection techniques such as observation, interviews, documentation, and questionnaires. The data obtained were analyzed through triangulation techniques. The results of the study show that the learning materials in the book cover nine themes covering various language skills such as listening, reading, speaking, and writing. In addition, the linguistic aspects discussed are spelling and sentence structure. This research provides a better understanding of teaching Indonesian at the elementary school level.

Keywords— Indonesian, learning, class IV SD


Keywords


Indonesian, learning, class IV SD

Full Text:

PDF

References


Agustin, N. Dkk. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Indonesia, UAD Press.

Anggoto, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Indonesia, CV Jejak.

Aziz, A. (2017). Komunikasi pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Iskam. Jurnal Mediakita. 1(2). Doi https://doi.org/10.30762/mediakita.v1i2.365

Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Sintesis, 11(1), 1-11. Doi https://doi.org/10.24071/sin.v11i1.927

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. Doi https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261

Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal al-Murabbi. 3(1). Retrieved From https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman. 13(2). Doi https://doi.org/10.56338/iqra.v13i2.259

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464-472. Doi https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052

Saputra, M. I. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam. 6(2). Doi https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1516

Sidiq, U. & Choiri, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Indonesia: CV. Nata Karya.

Suardi, M. (2018). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta, Indonesia: CV Budi Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung : Alfabeta.

Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Indramayu, Indonesia: CV. Adanu Abimata.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.