Membangun Kemandirian Belajar Siswa MTs Melalui Model Pembelajaran Talking Stick

Elsa Amalia Risky, Juniarti Juniarti, Fitri Zuhriyah

Abstract


Abstrak—Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana membangun kemandirian belajar siswa, dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian belajar siswa MTs Muhammadiyah 2 Kedungadem kelas VII pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada materi keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Untuk menjawab permasalahan di atas, maka peneliti melakukan penelitian menggunakan kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian one group pretest-postes design. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 2 Kedungadem yang berjumlah 131 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yaitu cluster random sampling.  Teknik cluster random sampling digunakan untuk menentukan kelas sample sehingga didapatkan kelas VII B yang berjumlah 36 siswa . Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh signifikan kemandirian belajar PPKn. Hal tersebut dibuktikan dari hasil tes awal atau pretest di peroleh nilai rata-rata 65.14%. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick sebanyak 4 kali pertemuan. Setelahnya dilakukan tes akhir atau posttest dan diperoleh nilai rata-rata 63,67%.

Kata Kunci—Kemandirian Belajar, Model Pembelajaran Talking Stick

 

 

Abstract—The problem studied in this study is how to build student learning independence, using the Talking Stick learning model. The purpose of this study was to determine the learning independence of MTs Muhammadiyah 2 Kedungadem class VII students in PPKn subjects using the Talking Stick learning model on ethnic, religious, racial, and intergroup diversity material in the frame of Bhinneka Tunggal Ika. To answer the above problems, researchers conduct research using quantitative. This research is a type of research one group pretest-postes design. The population of this study was all grade VII MTs Muhammadiyah 2 Kedungadem students totaling 131 students. The sampling technique  used in the study was cluster random sampling.   The cluster random sampling technique  was used to determine the sample class so that class VII B was obtained which amounted to 36 students. The data collection technique in this study used questionnaires. The results showed no significant effect on the independence of learning PPKn. This was evidenced by the results of the initial test or pretest obtained an average score of 65.14%. Then learning was carried out using the Talking Stick learning model as  many as 4 meetings. After that, a final test or posttest was carried out  and an average score of 63.67% was obtained.

Keywords—Learning Independence, Talking Stick Learning Model


Keywords


Learning Independence, Talking Stick Learning Model

Full Text:

PDF

References


Fauziah, L., Junarti, Zuhriah, F. (2022). Kajian pustaka tentang kemandirian belajar PPKn dan model pembelajaran diskusi kelompok pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 17 Desember 2022. pp. 93-100. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1598.

Junarti, Indriani, A., & Mayasari, N. (2023). Karakter kemandirian dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi duni kerja pada kegiatan merdeka belajar kampus merdeka. Bandung: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Junarti, Indriani, A., & Mayasari, N. (2023). Kontribusi pelaksanaan MBKM terhadap kemandirian dan kesiapan mahasiswa menghadapi dunia kerja. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 231-242. https://www.ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/3124/pdf.

Junarti, Zainudin, M., Novela, Y. (2022). Membangun kemandirian belajar aljabar abstrak melalui modul pendampingan. Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri), 23 Juni 2022. pp.265-287.

Junarti. (2020). Proses structure sense dari kemandirian belajar dalam membangun kemampuan koneksi matematika pada materi grub. Disertasi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Lubis, M.A, Hamidah dan Azizah, N. 2022. Model-model pembelajaran PPKn SD/MI. Edisi ke-1. Samudra Biru. Yogyakarta.

Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2022. Jakarta.

Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). 2017. Jakarta .

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1), 36-40. Doi https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111.

Putra, D. P. W. (2019). Pembelajaran matematika dengan pendekatan self-regulated learning untuk membangun kemandirian belajar siswa. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 49-54. Doi http://dx.doi,org/10.21580/aquare.2019.1.1.4121.

Risky, E.A., Junarti, Zuhriyah, F. (2022). Kajian pustaka model pembelajaran talking stick dan kemandirian belajar PPKn Sekolah Menengah Pertama (SMP). Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 17 Desember 2022. pp. 101-110. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1599.

Sekartaji, F.L.P.D., Junarti, Zuhriyah, F. (2022). Kajian Pustaka tentang kemandirian belajar PPKN dan model pembelajaran think pair share pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 17 Desember 2022. pp. 17-28. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1592.

Syibli, M. A. (2018). Profil kemandirin belajar siswa SMP dalam pembelajaran matematika. Jurnal Gantang, 3(1), 47-53. Doi https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.380.

Utama, I. (2018). Pengaruh model talking stick terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas V semester II SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2). Doi https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15405.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.