Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar

Tangguh Tri Santoso, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak- Penggunaan media gambar seri adalah salah satu media pembelajaran yang mampu menuliskan teks prosedur yang telah diamati. Salah satu media gambar yang mencangkup tiga siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi.dalam pelaksanaan keterampilan menulis cerpen sangat berpengaruh pada siswa sekolah dasar banyak manfaat diantaranya untuk menganalisis redukasi data, sajian data dan penaraikan kesimpulan. Adapun manfaat baik dari media gambar yaitu menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan dua kelompok kelas. Maka dari itu siswa harus memiliki minat dalam menulis cerpen kemampuan ini harus diasah dan dilatih agar bisa menulis dengan baik dan benar.Simpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media gambar seri dapat mengembangkan minat bakat siswa dalam menulis cerpen.

Kata kunci- Media gambar, Menulis cerpen, Siswa sekolah dasar

 

 

Abstract- The use of picture series media is one of the learning media that is able to write down procedural texts that have been observed. One of the media images which includes three cycles, namely planning, implementation and observation. In the implementation of short story writing skills it is very influential for elementary school students, there are many benefits including analyzing data reduction, data presentation and drawing conclusions. The good benefits of media images are using experimental methods using two class groups. Therefore students must have an interest in writing short stories, this ability must be honed and trained so they can write properly and correctly. The conclusion from this study is that the use of picture series media can develop students' interest in writing short stories.

Keywords- Image media, Writing short stories, Elementary school students.


Keywords


Image media, Writing short stories, Elementary school students.

Full Text:

PDF

References


Arinda, D . (2018). Peningkatan kemampuan keterampilan menulis teks prosedur denganmenggunakan media gambar seri siswa sekolah dasar. Skripsi thesis UIN ar -rainy BandaAceh. http://library.ar-raniry.ac.id.

Kusrini, E. (2009). Peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar seri pada siswa SD.UNS-FKIP Jur.Ilmu Pendidikan-X.7107505-2009.

Masruroh, A.(2017). Rambu Rambu menulis cerpen. Karya anak bangsa. Aeni, S, E. Lestari , R, D. Penerapan metode mengikat makna dalam pembelajaran menuliscerpen. Jakarta: LembagaPenerbitFakultas.

Sahrazad,S.Clopatra, M. Djaf'ar, H, I. Ati, A, S. Widiyarto, S. (2021). Pelatihan Menulis Cerpen Sebagai Penguatan Program Literasi Pada Siswa Smp Kanzul. https://doi.org/10.33752/abidumasy.v2i2.1955.

Santoso,D,A, A. Muniroh,Z. Khulsum,U.Hudiyono, Y. Sulisiyowati, D, E. (2019).Pengembangan bahan ajar menulis cerpen. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4.

Septianti, N. Afiani, R. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Warni. Sri. (2010). Skripsi skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8796.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.